10 DAERAH TERDINGIN DI NEGARA INI, NOMOR 2 ADALAH SWISS KECIL YANG TERSEMBUNYI DI INDONESIA

JAKARTA, iNews.id – Sebagai daerah tropis, Indonesia memiliki sejumlah daerah bersuhu dingin. Berada di garis khatulistiwa, tidak bisa dipungkiri sebagian besar wilayah Indonesia identik dengan udara yang cenderung panas. Namun, beberapa daerah di dataran tinggi tentu memiliki suhu yang jauh lebih rendah. Itu membuatnya lebih dingin daripada daerah lain.

Berikut ini adalah wilayah yang memiliki suhu terdingin di Indonesia:

1. Baginda, Papua
Daerah terdingin di Indonesia yang pertama adalah Kota Mulia di Kabupaten Puncak Jayawijaya Provinsi Papua yang memiliki suhu cukup dingin di Indonesia. Bahkan, suhu dingin di kawasan ini bisa mencapai hingga 9 derajat Celcius.

2. Batu, Jawa Timur
Kota Batu, Jawa Timur merupakan tempat yang cukup populer di Indonesia. Berada di ketinggian 700 hingga 1.700 meter di atas permukaan laut, kota Batu memiliki suhu udara yang segar setiap hari. Tak heran jika tempat ini menjadi tujuan wisata sejak zaman Hindia Belanda. Suhu rata-rata di Batu berkisar antara 12 hingga 19 derajat Celcius. Oleh orang Belanda kuno, kota Batu dijuluki Kleine Zwitserland atau Swiss Kecil.

3. Mamasa, Sulawesi Barat
Berada di ketinggian 1.900 meter di atas permukaan laut, Kota Mamasa tak hanya menyuguhkan pemandangan yang indah. Kota ini menawarkan udara segar dengan suhu rata-rata 23 derajat Celcius.

4. Berastagi, Sumatera Utara
Berastagi adalah sebuah kawasan yang terletak di antara Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung, di Sumatera Utara. Kota ini termasuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Karo dan berada pada ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut. Suhu udara rata-rata di sini biasanya di bawah 20 derajat Celcius.

5. Ruteng, NTT
Ruteng adalah sebuah kota di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang sering disebut sebagai Praha-nya Indonesia. Kota yang memiliki desain bangunan modern dan pemandangan indah ini terletak di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Suhu rata-rata harian di kota ini sekitar 25 derajat Celcius. Namun, suhu terdingin di Ruteng mencapai 10 derajat Celcius.

6. Waghete, Papua
Selanjutnya Masih di Papua, kota Waghete yang terletak di Kabupaten Deiya juga merupakan salah satu daerah terdingin di Indonesia. Pada hari biasa suhunya bisa mencapai 15 derajat Celcius. Pada malam hari, suhu di kota Waghete bahkan bisa mencapai 10 derajat Celcius.

7. Gayo Lues, Aceh
Kabupaten Gayo Lues terletak pada ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Menjadi kawasan Jalur Pendakian Gunung Leuser, Gayo tidak hanya terkenal dengan kopinya. Suhu di kawasan ini juga cukup dingin karena rata-rata pada hari biasa adalah 24 derajat Celcius.

8. Ciwidey, Bandung
Kawasan Ciwidey terletak di Bandung, Jawa Barat. Daerah ini berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut dan terkenal dengan suhunya yang rendah. Ciwidey memiliki tempat wisata Kawah Putih. Baik pada pagi, siang maupun malam hari, suhu udara di Ciwidey masih dingin dan sudah mencapai 13 derajat Celcius.

9. Baturaden, Jawa Tengah
Baturaden merupakan kawasan yang terletak di kaki Gunung Slamet dengan ketinggian 980 meter di atas permukaan laut. Baturaden merupakan kawasan wisata karena pemandangan alamnya yang indah dan suhunya yang sejuk. Suhu rata-rata berkisar antara 20 dan 28 derajat Celcius.

10. Padang Panjang, Sumatera Barat

Padang Panjang merupakan salah satu kota di Sumatera Barat yang memiliki suhu dingin. Karena daerah ini dikelilingi oleh daerah pegunungan seperti Gunung Singgalang, Merapi dan Tandikat. Kota ini terletak pada ketinggian hingga 950 meter di atas permukaan laut.

Penerbit: Windi Trikusumawati
Sumber: cirebon.inews.id

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.