PENCARIAN HARI KE-8 SJ 182, TIM SAR BAWA 17 KANTONG JENAZAH

Jakarta, CNN Indonesia — Tim SAR gabungan membawa 17 kantong jenazah berisi potongan tubuh korban Sriwijaya Air SJ 182 pada hari kedelapan proses pencarian di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Sabtu (16/1).
Direktur Operasional Basarnas Rasman mengatakan seluruh temuan itu telah dibawa ke posko di JICT II untuk selanjutnya dibawa ke RS Polri.

“Dari catatan yang diberikan kepada saya yang tertua yang membawa bahwa yang diserahkan kepada kami berupa 17 kantong body part,” kata Rasman kepada wartawan, Sabtu (16/1).

Selain itu, kata Rasman, juga didapatkan sebanyak tiga kantong berisi serpihan dan satu kantong berisi properti.

“Satu kantong properti berupa dokumen-dokumen dan pakaian itu yang diserahkan kepada kami untuk selanjutnya akan di dilakukan proses lebih lanjut identifikasi,” tuturnya.

Diketahui, dalam proses pencarian hari ini, tim SAR gabungan memaksimalkan tiga kapal pendeteksi air untuk melakukan pencarian.

Pencarian ini masih fokus pada tiga objek. Yakni, body part pesawat, jenazah korban, serta CVR.

“Kami masih mengandalkan kepada tiga alutsista yang selama ini sangat-sangat berkontribusi untuk bisa mendeteksi di bawah air. Yaitu KRI Rigel, Kapal Baruna Jaya IV, Kapal Ara dari Kementerian Kemaritiman dan Investasi,” tutur Rasman kepada wartawan, Sabtu (16/1).

Badan SAR Nasional (Basarnas) sendiri telah memperpanjang operasi gabungan pencarian dan evakuasi pesawat Sriwijaya Air SJ 182.
sumber: cnn Indonesia

Posted in Berita | Leave a comment

TALIBAN SERUKAN PEMIMPINNYA HINDARI PRAKTIK POLIGAMI KARENA ‘MAHAL’

Pemimpin Taliban di Afghanistan telah mengeluarkan dekrit yang menyerukan kepada para pemimpin dan komandan kelompok itu untuk tidak memiliki banyak istri, tindakan yang katanya mengundang “kritik dari musuh kita”, lapor wartawan BBC Khudai Noor Nasar.

Pria Muslim dapat diizinkan oleh agama untuk memiliki hingga empat istri sekaligus dan poligami masih legal di Afghanistan, Pakistan, dan beberapa negara yang mayoritas penduduknya Muslim.

Namun sumber-sumber dari Taliban mengatakan kepada BBC bahwa praktik tersebut meningkatkan permintaan dari para komandan atas dana untuk membayar “harga pengantin” – sebuah praktik yang berlaku di banyak suku Pashtun di Afghanistan dan Pakistan di mana uang diberikan kepada keluarga seorang wanita untuk menikahinya.

Keputusan tersebut dikeluarkan pada momen politik yang sensitif bagi Taliban dan Afghanistan, ketika kelompok militan itu membahas dengan pemerintah mengenai masa depan negara itu.

Sejumlah sumber mengatakan kepemimpinan Taliban prihatin atas tuduhan korupsi terhadap anggotanya yang berusaha mengumpulkan dana untuk menopang rumah tangga besar atau banyak.

Sebagian besar pemimpin senior Taliban memiliki lebih dari satu istri, tetapi keputusan baru tidak berlaku bagi mereka yang sudah memasuki beberapa pernikahan.

Apa isi dekrit itu?

Keputusan yang tertera dalam dua halaman itu, yang dikeluarkan atas nama pemimpin Taliban Afghanistan, Mullah Hibatullah, tidak melarang pernikahan kedua, ketiga, atau keempat, tetapi memperingatkan bahwa sejumlah besar uang yang dihabiskan untuk upacara pernikahan dapat mengundang kritik dari lawan-lawan Taliban.

“Jika semua pimpinan dan komandan menghindari poligami, mereka tidak perlu terlibat dalam praktik-praktik korupsi dan ilegal,” bunyi keputusan itu.

Keputusan tersebut memang memberikan pengecualian, mendukung pernikahan lebih dari satu bagi pria yang tidak memiliki anak, tidak memiliki anak laki-laki dari pernikahan sebelumnya, yang menikahi seorang janda, atau yang memiliki kekayaan keluarga untuk memiliki banyak istri.

Keputusan tersebut mengatakan bahwa dalam keadaan seperti itu, seorang pria yang ingin menikah dengan banyak istri harus meminta izin dari atasan langsungnya sebelum mengatur pernikahan lain.

Sumber-sumber Taliban mengatakan kepada BBC bahwa surat itu telah didistribusikan kepada orang-orang di Afghanistan dan Pakistan.

Seberapa luas poligami?

Praktik poligami telah lama tersebar luas di masyarakat Pashtun di Afghanistan dan Pakistan, di mana wanita secara tradisional tidak memilki banyak pilihan tentang dengan siapa atau kapan mereka menikah.

Ketidakhadiran seorang anak dalam pernikahan – terutama anak laki-laki – sering disebut sebagai alasan untuk mengambil istri tambahan di pedesaan, masyarakat Pashtun yang patriarkal. Yang lainnya adalah ketegangan rumah tangga, yang biasanya menjadi tanggung jawab seorang istri.

Seorang janda sering dinikahkan dengan saudara laki-laki dari almarhum suaminya – suatu tindakan yang dianggap melindungi kehormatan janda dan keluarganya, meskipun saudara laki-laki itu mungkin sudah menikah. Dan bagi mereka yang lebih kaya, poligami dapat dilihat sebagai simbol status.

Poligami dimungkinkan oleh kebiasaan “walwar” – atau harga pengantin – yang diterima oleh keluarga mempelai wanita sebagai imbalan untuk menikahkannya.

Tekanan ekonomi dan perubahan sikap sosial dalam beberapa dekade terakhir telah mulai mengurangi praktik itu, tetapi poligami tetap berjalan di dunia modern akibat “nafsu laki-laki”, kata Rita Anwari, seorang aktivis Afghanistan yang tinggal di Australia.

Islam mengizinkan laki-laki untuk mengambil banyak istri “dalam kondisi tertentu”, kata Anwari, “seperti jika istri sebelumnya sakit atau tidak dapat melahirkan anak, dan ada peringatan keseimbangan tertentu”.

“Sayangnya, pria masa kini yang berkuasa telah melupakan semua itu dalam mengejar nafsu mereka,” tambahnya, menuduh mereka menggunakan “alasan-alasan kecil” untuk mengambil istri baru.

“Benar-benar salah untuk memiliki beberapa istri ketika Anda tidak dapat merawat mereka secara setara – secara finansial, fisik, dan mental,” katanya.

Sebagian besar pemimpin senior Taliban telah mengambil banyak istri.

Pendiri gerakan, almarhum Mullah Mohammad Omar, dan penggantinya, Mullah Akhtar Mansoor, keduanya memiliki tiga istri.

Pemimpin Taliban saat ini, Mullah Hibatulah, memiliki dua.

Pejabat paling senior Taliban di Doha, Mulah Abdul Ghani Baradar, memiliki tiga istri – yang terakhir dinikahinya saat berada dalam tahanan Pakistan.

Hampir semua pemimpin gerakan yang berbasis di Doha memiliki banyak istri, termasuk mereka yang baru-baru ini dibebaskan dari tahanan Amerika Serikat di Teluk Guantanamo. Beberapa telah mengambil istri tambahan setelah mereka dibebaskan, sebagian besar dengan membayar uang pengantin jumlah besar kepada mertua baru mereka.

Ketika BBC menghubungi sumber-sumber Taliban untuk menanyakan pemimpin Taliban mana saja yang memiliki lebih dari istri, satu sumber menjawab dengan sederhana: “Yang mana yang tidak?”

Mengapa ada upaya sekarang untuk mengontrol poligami?

Selama bertahun-tahun, pejabat pemerintah di Afghanistan telah menunjukkan bahwa meski para pemimpin Taliban sering menjalani gaya hidup mewah, prajurit pangkat rendah dipaksa untuk pas-pasan.

“Kabar baiknya adalah bahwa para prajurit tinggi Taliban muak bertarung sementara [para pemimpin Taliban] menikahi istri keempat dan kelima mereka dan bersenang-senang,” kata Presiden Afghanistan Ashraf Ghani saat diskusi panel di Forum Ekonomi Dunia (WEF) di Davos tahun lalu.

Ada berbagai laporan bahwa komandan Taliban di Afghanistan telah mendapatkan istri dengan menggunakan kekerasan – sebuah ulasan pers negatif yang tidak diinginkan kelompok tersebut pada periode politik yang sensitif saat mengambil bagian dalam pembahasan dengan pemerintah.

Dan tekanan finansial dari harga pengantin dilaporkan mengkhawatirkan para pemimpin Taliban.

Sejumlah laporan menunjukkan bahwa komandan dan pejuang telah membayar harga mulai dari 2 juta hingga 8 juta orang Afghanistan ($26.000 hingga lebih dari $100.000), baik dibayar dari dana gerakan itu atau dikumpulkan melalui cara-cara yang dipertanyakan.
sumber: bbc

Posted in Berita | Leave a comment

MAU ENAKNYA AJA, SAWIT RI DITOLAK, GILIRAN EKSPOR NIKEL DILARANG, UNI EROPA TAK TERIMA.

Xhardy – Beberapa waktu lalu, Indonesia menggugat Uni Eropa di WTO karena masalah dalam ekspor minyak sawit dan produk turunannya seperti biodiesel.

Gugatan diajukan terhadap kebijakan Renewable Energy Directive II (RED II) dan Delegated Regulation Uni Eropa yang menyatakan mendiskriminasikan produk kelapa sawit Indonesia.

Kewajiban ini mewajibkan anggota Uni Eropa menggunakan bahan bakar dari sumber energi yang terbarukan (renewable energy source) mulai tahun 2020 hingga tahun 2030. Kebijakan ini juga mengategorikan minyak kelapa sawit ke dalam kategori komoditas yang memiliki Indirect Land Use Change (ILUC) berisiko tinggi, bukan termasuk energi yang terbarukan.

Pemerintah Indonesia (kalau tidak salah, pemerintah Malaysia juga protes) setuju dengan kebijakan tersebut. Ini akan berdampak buruk pada kinerja ekspor minyak kelapa sawit Indonesia ke Uni Eropa, dan juga memberikan citra yang buruk untuk produk kelapa sawit di perdagangan global.

Sekarang memang pada gila sumber energiukan. Salah satu yang sedang jadi primadona adalah kendaraan listrik. Yang artinya baterai akan jadi barang yang laris manis di pasaran. Dengan bahan mentahnya adalah nikel. Dan Indonesia memiliki sekitar 3,57 miliar ton dan sebagian besar berkadar rendah (limonite nickel) yang sangat cocok untuk bahan baku baterai kendaraan listrik.

Cadangan yang melimpah ini akan menjadikan Indonesia sebagai raja baterai listrik dunia. Bayangkan, dulu negara di Timur Tengah adalah raja minyak bumi. Banyak dari negara tersebut yang kaya raya. Di masa depan Indonesia akan bernasib kurang lebih sama, menjadi raja sumber energi terbarukan. Kalau dikelola dengan baik, bisa ditayangkan seperti apa negara ini. Makmur.

Atas dasar inilah, pemerintah mulai melarang ekspor bijih nikel mulai tahun 2020. Larangan ekspor mineral mentah sejalan dengan upaya hilirisasi agar industri peleburan dan pemurnian (smelter) di dalam negeri bisa dijalankan. Sehingga mineral mentah yang diolah dalam negeri, menjadi barang yang siap ekspor, untuk memperbaiki defisit neraca berjalan dan menambah lapangan pekerjaan.

Akibat dari larangan ekspor ini, Indonesia malah jadi tergugat karena digugat Uni Eropa. Ironis, menolak produk sawit Indonesia, tapi mau nikel dari Indonesia.

Uni Eropa bahkan sengketa sengketa atas kebijakan larangan ekspor nikel dengan kedekatan WTO untuk membentuk panel membahas sengketa tersebut. Hal ini pun sudah diantisipasi oleh Indonesia dengan kesiapan menghadapi gugatan tersebut.

Alasan gugatan adalah kebijakan tersebut menyulitkan Uni Eropa untuk dapat berkompetisi dalam industri baja di dunia. Nikel yang dimaksud adalah bahan baku stainless steel. Selain jungkir balik akibat larangan itu, Indonesia sendiri sudah menjadi negara penghasil stainless steel terbesar kedua setelah Tiongkok. Dulu importir, sekarang berbalik arah.

Pemerintah juga tidak takut hadapi gugatan ini. Selama ini Indonesia tak mendapatkan banyak manfaat setelah puluhan tahun hanya mengekspor bijih mineral mentah.

“Barang, barang kita, nikel, nikel kita, mau ekspor mau enggak suka-suka kita. Ya, enggak?” kata Jokowi.

Kita hargai Uni Eropa yang melarang masuknya produk sawit asal Indonesia. Mereka punya alasan sendiri terkait sumber energi terbarukan. Tapi Uni Eropa juga harus hargai Indonesia yang tidak mau ekspor nikel. Uni Eropa seseorang mau untungnya sendiri. Kebijakan mereka soal sawit menyulitkan Indonesia, tapi giliran giliran merasa sulit malah menggugat balik. Sama-sama jadi penggugat dan tergugat di dua kasus yang berbeda tapi saling terkait. Ironis, bukan?

Dulu, ada anekdot lucu. Indonesia kirim bahan mentah, kemudian bahan ini diproduksi di negara lain menjadi produk jadi, lalu Indonesia impor produk tersebut dengan harga lebih tinggi. Lucu, tapi miris. Itulah kenyataannya.

Sama-sama Indonesia ekspor minyak mentah, di daerah kilang minyak negara tetangga, kemudian produk BBM balik oleh Indonesia. Apa tidak gila tuh? Sudah paham kenapa mau bangun satu kilang minyak di negeri ini aja susahnya setengah mati?

Ini yang sedang diperjuangkan Jokowi. Larang ekspor bahan mentah. Artinya, investor harus tanamkan modal di Indonesia untuk mengolah dan mengekspor barang turunannya.

Tapi, melimpahnya nikel dan mineral lain, ibarat dua sisi koin. Ada baik dan buruknya. Buruknya adalah, akan ada banyak gangguan dari pihak luar. Cobalah lihat, negara yang memiliki sumber daya alam yang rentan diadu domba. Setelah porak poranda, lebih mudah kuasai sumber daya alamnya.

Maka dari itu, kita dukung pemerintah soal ini, sekaligus waspada. Yang terpenting, jangan mudah diadu domba. Untung saja sekarang kelompok makelar demo sudah dilumpuhkan. Kalau tidak, Anda tahu lah. Masih ingat dengan pegawai badan intelijen dari salah satu negara di Eropa yang kunjungi markas ormas?

sumber: seword

Posted in Berita | Leave a comment

PEMBUBARAN FPI MUDAHKAN JOKOWI DIVAKSIN DAN LANTIK KAPOLRI KRISTEN

Manuel – Pembubaran FPI dan memenjarakan Rizieq di dalam berbagai kasus yang ia buat, membuat bangsa ini lebih tenang dan berpengharapan dalam langkah maju. Langkah maju Joko Widodo membangun bangsa ini, tidak lepas dari berbagai strategi yang ia susun dan rancang rupa.

Saat ia disumpah menjadi presiden Republik Indonesia di tahun 2014, dia berikhtiar dan bersumpah untuk menjalankan amanat rakyat. Doing amanat rakyat bukan hal yang mudah. Apalagi di negara Pancasila yang memiliki homogenitas keagamaan yang cukup seragam.

Gerakan Joko Widodo dalam menjalankan amanat rakyat dan sumpah setia kepada NKRI sebagai panglima tertinggi di negara ini, sangat indah. Jokowi sangat sulit menangkap secara instan. Jika melihat gerakan instan dari Jokowi alias tindakan seketika , maka kita lihat Jokowi masuk akal.

Tapi di dalam lambatnya, ada perhitungan yang begitu mendalam dan mendarat. Jokowi tidak mudah menjadi presiden di tahun 2014. Kubu Prabowo sudah menggebuk orang ini sejak awal. Apalagi sejak ia mencalonkan diri jadi Presiden saat ia menjadi gubernur usungan Gerindra bersama dengan Ahok.

Akan tetapi, rakyat tetap bersamanya. Rakyat tetap mendampingi Joko Widodo, untuk maju ke pertarungan melawan Prabowo yang punya rekam jejak nggak jelas. Jokowi datang membawa harapan bagi seluruh rakyat Indonesia. Ya. Seluruh rakyat Indonesia.

Tentu FPI sebagai anjing penyerang dari politisi, ikut serta dalam keadaan pada saat itu. Jokowi di-PKI-kan. Ahok dikafir-kafirkan. Puncaknya ada di tahun 2016, saat Pilkada DKI Jakarta dihelatkan. Perhelatan pertarungan antara Ahok dan Anies, diisi oleh duka dan sobekan mendalam kepada pita bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika di bawah kaki Garuda.

Negara ini membara. Kontestasi politik DKI Jakarta diwarnai dengan umpatan, ujaran kebencian dan provokasi busuk saling SARA. Dilakukan oleh Rizieq dan FPI. Selain itu masih ada nama-nama yang saya enggan untuk sebutkan, karena takut diciduk. Ha ha ha. Tapi kita serang saja FPI dan Rizieq.

Pada saat Ahok digempur oleh Anies, FPI dan Rizieq, diam Jokowi. Jokowi tidak banyak bicara. Bahkan sampai ada suara-suara miring dari kubu pendukung Ahok garis keras yang mengatakan Jokowi berpihak kepada Anies. Jokowi saat itu tidak lagi di Jakarta.

Semua tujuan yang dibuat oleh Rizieq pun dilakukan. Ahok seolah-olah jadi tumbal. Tumbal politik, demi stabilitas negara ini. Pada akhirnya, Ahok pun dipenjara. Dipenjara di saat Joko Widodo seolah tidak berdaya menyelamatkannya. Semua bertanya-tanya arah politik Ahok. Ahok pun diam. Dia tidak mau gegabah.

“Pak Ahok, sahabatmu, Pak Jokowi kok diam?”

Kira-kira begitu pertanyaan yang dibangun oleh media, saat Ahok dipenjara. Seolah Jokowi bisa membantu Ahok. Tapi sekali lagi, Ahok diam. Dia diam dan tidak banyak bicara. Doing hari-hari tidak adil itu di Mako Brimob. Terorisme pecah di dalam. Ahok pun mengatakan dirinya baik-baik saja.

Semua peringatan bangsa ini dimulai dari Ahok. Saat Ahok bebas, dia mendukung Jokowi dan Ma’ruf Amin. Publik lega. Jokowi dan Ahok tetap menjadi sahabat. Sahabat dan tidak terpisah oleh kesulitan. Satu ibu kandung, yaitu Ibu Pertiwi. Visi mereka satu. Indonesia maju.

Akhirnya, waktu berlalu, urutan FPI semakin mengenaskan. Rizieq di Arab. Badai pandemi pun datang. Angin sepoi-sepoi menghampiri Rizieq. Dia dibelai oleh angin surga dari Indonesia. Ada orang yang datang, menjamin Rizieq pulang aman, bisa dihancurkan rezim zalim. Namun apa hasilnya?

Rizieq hancur, 4 status tersangka langsung diberikan. Polda Metro Jaya diganti jadi Fadil Imran. Panglima TNI fokus pada target untuk menghancurkan Baliho. Hancur, kena Covid, diam-diam, ngumpet. Merasa masih besar. Pada akhirnya, dia jadi pecundang, siap membusuk.

Kita tahu bahwa jika FPI masih ada sampai saat ini, pasti vaksinasi sulit. Karena vaksin perawatan sama si Felix penjual Khilafah itu sebagai konspirasi Yahudi. Apalagi Jokowi divaksinasi. Jokowi bisa didemo karena kemakan konspirasi. Indonesia terancam rusak.

Jika FPI masih ada, penunjukkan Kapolri akan sangat banyak. Kapolri pilihan Jokowi adalah Listyo Sigit. Agamanya Kristen. Pasti bakalan didemo. Ya sekarang tinggal MUI aja nih yang harus di- “segerakan”. Maka, sekarang saya melihat waktu Tuhan tidak pernah salah. Satu lagi, jika FPI masih ada….

Tentu bangsa ini sulit untuk maju bukan?

Begitulah tanya-tanya.

sumber: seword

Posted in Berita | Leave a comment

SILAHKAN KALAU RIBKA TAK MAU DIVAKSINASI, TAPI TOLONG JANGAN BIKIN POLEMIK

Xhardy – Seorang politikus dari PDIP, yang juga anggota Komisi IX DPR, Ribka Tjiptaning, tidak mau divaksinasi Covid-19. Ribka Tjiptaning juga mengatakan dia dan keluarganya lebih baik menerima vaksin Corona.

“Saya tetap tidak mau divaksin (Corona) atau sampai yang 63 tahun bisa divaksin. Saya udah 63 nih, mau semua usia boleh, tetap, di sana pun hidup di DKI semua anak-cucu saya dapat dikenakan sanksi Rp 5 juta, memperbaiki gue bayar, mau jual mobil, kek, “kata Ribka dalam rapat kerja (raker) Komisi IX bersama Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

Dia menyebut pihak Bio Farma belum mengeluarkan tahap uji klinis ketiga terkait vaksin Corona. Dia kemudian menarik kejadian vaksin polio dan vaksin kaki gajah, yang disebutnya memakan korban di Tanah Air.

“Bagaimana orang Bio Farma juga masih bilang belum uji klinis ketiga dan lain-lain,” ujarnya.

“Ini pengalaman saya, Saudara Menteri, ini omong lagi nih di rapat ya. Vaksin untuk antipolio malah lumpuh layu di Sukabumi. Terus anti-kaki gajah di Majalaya mati 12 (orang), karena di India ditolak, di Afrika ditolak, masuk di Indonesia dengan 1,3 triliun, waktu saya ketua komisi. Saya ingat betul itu, jangan main-main vaksin ini, jangan main-main, ”kata Ribka.

Saya baru kali ini mengenal orang ini. Sebelumnya sama sekali tidak tahu nama ini. Kabar dari yang saya baca, dia memiliki orang tua dengan latar belakang yang terkait dengan PKI. Tapi itu masa lalu, karena dia sendiri sama sekali tidak terlibat ke sana. Dan bukan itu pula yang bakal kita bahas. Yang kita kuliti adalah pernyataan tak mau divaksinasi yang terdengar seolah ingin menciptakan kegaduhan.

Begini …

Soal vaksinasi ini, sudah pasti ada yang menolak, ada yang menyambut dengan gembira. Bagi yang menolak, silakan aja. Tidak masalah. Tapi sangat tidak etis yang bekerja menghasut dan memprovokasi masyarakat dengan ucapan yang tendensius.

Ribka contoh. Politikus PDIP yang notabene adalah partai yang condong ke pemerintah, anggota DPR pula, tapi memanaskan situasi dan memancing polemik.

Kalau Ribka tidak mau divaksin, silakan, tapi tidak usah sampai bicara di depan publik dengan cara seperti ini. Ini sama saja dengan memprovokasi masyarakat untuk beramai-ramai menolak vaksin. Presiden Jokowi sudah memberikan contoh yang baik, menjadi yang pertama mendapatkan vaksin agar masyarakat yakin dan tidak takut.

Presiden yang orang nomor satu di negeri aja bersedia. Lucu sekali, cuma politikus biasa tapi koar-koarnya kebangetan, seolah dia ini sudah merasa hebat. Tindakannya ini sama saja menghambat niat baik presiden untuk menyelesaikan pandemi di negara ini.

Lagian, orang ini sombong banget, sok ngomong bakal jual mobil buat bayar denda. Ya, berani ngomong gitu. Coba gak ada duit, berani gak sombong kek begini?

Siapa pun tahu, tidak ada vaksin yang efektif 100 persen. Penggunaan vaksin saat ini adalah dalam kondisi darurat. Kalau mau menunggu hingga vaksin sempurna, kayaknya butuh beberapa tahun lagi. Sampai saatnya tiba, mungkin dunia ini sudah kacau balau dan ribut di mana-mana. Vaksin ini adalah salah satu langkah untuk mendukung penyebaran pandemi. Tujuannya adalah kekebalan kawanan. Yang divaksin melindungi yang tidak bisa divaksin (karena alasan medis). Tidak menjadi penular bagi orang lain.

Hanya dengan vaksin inilah salah satu yang bisa menampungandemi ini. Pakai PSBB atau lockdown tidak akan menghilangkan pandemi. Lihat negara-negara yang lockdown, apakah angka infeksi menurun? Begitu lockdown diangkat, datang lagi gelombang kedua, begitu seterusnya. Mau sampai kapan begini terus?

Kadang ada orang yang lucu banget. Ada vaksin gratis, ditolak. Presiden udah duluan divaksin, malah gak percaya. Pakai teori konspirasi vaksin palsu. Begitu infeksi Covid-19, barulah ketika rumah sakit rujukan penuh di mana-mana. Tagihan bengkak, maunya gratis ditanggung pemerintah. Diberi vaksin lebih kebal, malah malah gak mau. Maunya apa sih orang model begini?

Kesimpulannya, Ribka ini sama sekali tidak menghargai apa yang dilakukan seorang presiden. Benar-benar keterlaluan.

Bagaimana menurut Anda?

sumber: seword

Posted in Berita | Leave a comment

APA KATA KADRUN KALI INI ???

JOKOWI nampaknya tidak mau main-main untuk menekan kaum KADRUN yang sering bikin onar di negeri ini !

Jokowi sebagai Presiden telah mengajukan nama KOMJEN POL LISTYO SIGIT PRABOWO sebagai CALON KAPOLRI , untuk di uji fit and proper di Komisi lll DPR RI nantinya .
Sang Jendral ini adalah seorang NASRANI yang taat beragama.

Diduga kaum KADRUN tidak akan suka dengan kehadiran beliau !
Alasan mereka pasti soal AGAMA !

Coba saja kita tengok peristiwa kemarin ketika seorang PUTRA KARO yang cemerlang dalam dunia Kepolisian ditunjuk oleh Kapolri sebagai KAPOLDA JAWA TIMUR,,yakni Irjen Nico Afinta Karo Sukapiring…… sekelompok kadrun melakukan protes dikarenakan Irjen NICO AFINTA adalah seorang Kristen !

4 tahun sisa kepemimpinan Jokowi, nampaknya akan digunakan dengan serius untuk membangun BANGSA INDONESIA, sehingga tidak ada lagi gangguan INTOLERANSI !

Kita bisa tengok, bagaimana dinginnya sikap Presiden Jokowi ketika MENGKEBIRI organisasi FPI (front pembela Islam) dengan sekaligus melibatkan 6 MENTERI negara untuk melakukan penandatanganan SKB PEMBUBARAN FPI tersebut !

Sebagai seorang putra bangsa yang cinta Pancasila, siapapun kita, mari kita dukung KOMJEN POL LISTYO SIGIT PRABOWO sebagai CALON KAPOLRI, tanpa melihat AGAMA beliau !
MAJU TERUS JENDRAL !!!!
Kami MENDUKUNG anda !!!

BRAVO POLRI !!!

Telah Karo-Karo Purba & fb

Posted in Berita | Leave a comment

PROSES BAP DI SATLANTAS POLRES BENGKALIS TIDAK SESUAI SOP?

Pada hari Sabtu tanggal 2 Januari jam 20.02 wib bus PO. SINABUNG JAYA 101 terlibat lakantas ‘RINGAN’ tanpa ada korban jiwa di daerah desa Semunai Bawah Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau tepatnya setelah Jembatan Semunai dari arah Pekanbaru menuju Duri di Tanjakan Tiga Kali Horas dan setelah puncak menuju turunan ‘KM SERATUS TIGA’ dari arah Pekanbaru menuju Duri, telah menabrak belakang Toyota Innova.

Terjadinya tabrakan tersebut setelah puncak tanjakan akibat pengemudi Kijang Inova rem mendadak dengan alasan ada ‘kucing yang mendadak menyeberang jalan’ (?) yang membuat mungkin kaget dan melakukan rem mendadak. Sedangkan bus kami menjelang puncak tanjakan tersebut tidak mengetahui kalau di lokasi turunan ini ada kenderaan yang rem mendadak yang untuk kenderaan kecil yang atapnya rendah memang tidak mungkin kelihatan dari belakang karena kondisi jalan yang tiba-tiba menurun tajam ke bawah. Pengemudi kami telah berupaya mengerem agar terhindar dari tabrakan walaupun ban sudah menggerus aspal jalan, tapi tabrakan tidak terhindarkan dan syukur hanya tabrakan ringan dan tidak merengut nyawa keluarga pengemudi yang duduk di bagian tengah. Seandainya rem bus tidak bekerja dengan baik dan normal, mungkin Kijang Inova ini sudah berada di posisi bus karena kebetulan bus ini mengangkut penumpang yang cukup banyak.

Perlu kami tambahkan bahwa Kijang Inova ini tidak ada lampu tanda berhenti dan sein, sehingga dengan jarak 20 meter di jalan yang cukup curam ke bawah (depan) pengemudi sudah berusaga rem paku sebanyak 2 kali berulang ulang sehingga ban sampai menggerus aspal jalan, bila bus lempar kekanan pasti korban akan banyak tidak hanya merengut nyawa keluarga pengemudi, tapi juga para penumpang bus yang pada saat kejadian penuh dengan penumpang karena libur tahun baru.

Tapi sayang, sampai hari Minggu 10 Januari 2021 jam 16.53 wib atau tepatnya hari yang ke-8 (delapan) pihak Satlantas POS-125 Kecamatan Batin Solapan dari Polres Bengkalis tidak melakukan BAP segera terhadap para pengemudi kedua kendaraan yang terlibat tersebut, sehingga kesannya Kinerja Kepolisian di Polantas Polres Bengkalis tidak sesuai SOP dalam hal penanganan perkara LAKA.

Hal ini dianggap membuat kasus ini jadi mengambang dan menjadi sulit untuk di selesaikan dengan segera karena pada hari ke-8 (delapan) belum dilakukan cek kejadian di lokasi, sedangkan pengemudi dan bus kami sudah ada di pos sejak kejadian tersebut di atas, termasuk Kijang Inova tersebut di atas.

Pihak Kijang Innova , malahan hanya mengirimkan perwakilannya ke padahal semestinya pihak pengemudi lah yang di BAP terlebih dahulu termasuk pengemudi SJ 101, bukan ‘perwakilan’.

Sampai kapan kami harus menunggu proses BAP ini dapat diselesaikan sehingga semua dapat diselesaikan baik dan benar sesuai dengan prosedur yang berlaku, pihak kami siap untuk menjalani proses jalan damai maupun proses hukum selanjutnya, agar ada kepastian hukum.

Semoga informasi dapat beguna bagi pimpinan instansi Kepolisian Republik Indonesia yang kita cintai ini, khususnya Polres Bengkalis Provinsi Riau agar proses ini dapat segera diselesaikan dengan baik dan benar.

Menurut penduduk sekitar lokasi kejadian, daerah tersebut merupakan salah satu lokasi rawan kecelakaan dan angker.

Sekian, terima kasih.

======

sy memang bukan orang hukum, tapi ada yg mengganjal dihati, 8hari sudah laka lantas diBengkalis sampai hari ini sudah 3x kita minta sama Kanitlaka agar kasus diBAP,setiap mau diBAP yg datang perwakilan Ormas utusan dari PKS PT SSP, kita minta hadir pengemudinya, kebetulan beliau orang penting n hebat diBengkalis ini, selalu mengatakan dia sibuk n sibuk, sekarang letak hukumnya n SOP penyelesaian kasus ini bagaimana ya kawan”, kita dibola” n dibuat jengkel

*)kami ditekan oleh ormas tsb mulai dari 30jt, satu hari kemudian naik 35jt, entah berapa lama lagi mungkin naik jadi 100juta x😎😎🤤😎

Kepada Yth Bapak KAPOLRI Jend. Idham Azis beginilah kami hadapi dilapangan, bukankah seharusnya 1x24jam, apabila tidak terjadi kesepakan kasus bisa naik n diBAP???

Rosalia Sebayang Jkn

Posted in Berita | Leave a comment

ABU BAKAR BAASYIR IS BACK

Oleh: Birgaldo Sinaga

Hari ini, Jumat 8 Januari 2021, Abu Bakar Baasyir bebas murni dari penjara.

Pemimpin Majelis Mujahidin Indonesia itu mendekam dalam tahanan selama 15 tahun. Dipotong remisi 55 bulan. Usianya sudah 82 tahun.

Baasyir divonis bersalah karena terlibat sebagai otak beberapa peristiwa terorisme.

Awal tahun 2019, Baasyir mendapat peluang untuk dibebaskan. Presiden Jokowi memberikan sinyal pemberian pembebasan itu. Alasannya karena faktor kemanusiaan. Ada lobby2 lawyer Yusrih Ihza Mahendra atas rencana itu.

Saat itu masih suasana pilpres. Rencana pembebasan Baasyir kontan menimbulkan gejolak. Riuh sekali suara pro kontra dari pendukung Jokowi di media sosial.

Saya menentang sekali rencana itu. Saya menulis pembelaan saya pada rasa keadilan yang terluka dari para korban dan keluarga korban peledakan bom teroris. Keras sekali tulisan saya.

Walhasil, seperti saya duga, saya dikeroyok pendukung Jokowi. Saya masih ingat ada cebong membuat gerakan jangan pilih Birgaldo Sinaga. Lengkap dengan foto meme wajah saya disilang darah. Hahaha.

Masa bodoh. Saya gak peduli juga. Perlawanan harus lebih kencang selagi Presiden Jokowi belum memutuskan. Saya teriak sekeras2nya. Sekencang2nya.

Beberapa senior yang saya hormati mendatangi saya. Menyuarakan agar saya diam saja. Framing satu suara tersebar kalo Baasyir meninggal di tahanan, Jokowi bakal disalahlan. Ia sudah sakit2an. Bisa berdampak pada kestabilan keamanan.

Alasan lainnya, ini dalam suasana pilpres. Takut nanti Jokowi kehilangan suara dari minoritas kalo saya terus menulis penolakan.

Saya jelaskan dengan tenang. Justru jika Baasyir dibebaskan, Jokowi masuk jebakan Batman dari Yusril. Maju kena mundur kena. Jika pertimbangannya electoral, Jokowi gak dapat suara dari kelompok kanan. Dari minoritas juga bakal ditinggalkan.

Saya akan diam, kalo sudah diputuskan. Apapun keputusan Jokowi itu. Tapi selagi belum diputuskan, saya akan terus menyuarakan tangisan para korban bom terorisme itu.

Puji Tuhan, akhirnya rencana konyol itu batal. Syukurlah Presiden Jokowi mendengarkan suara publik yang menolak pembebasan Baasyir. Baasyir tetap menghabiskan sisa hukumannya dalam penjara.

Hari ini, Jumat 8 Januari, Abu Bakar Baasyir bebas murni. Abu Bakar Baasyir kembali menjadi warga masyarakat biasa. Warga yang bebas. Sama seperti kita. Ia sudah kembali menjadi manusia merdeka. Manusia bebas. Secara hukum, ia bukan lagi narapidana.

Kita terima itu sebagai warga negara yang taat hukum. Memang begitulah hukum berbicara. Ada aturan dan prosedurnya. Meskipun ada rasa keadilan yang terkoyak dari perasaan para korban dan keluarga korban terorisme.

Kemarin, saya menyapa Ibu Henny Kidawati Djatmiko. Saya menanyakan perasaannya soal bebasnya Baasyir.

Ibu Henny kehilangan putranya Arthur Calvino (18) dan mamanya Djuni Trisniati (58). Bu Henny kehilangan dua orang yang sangat dicintainya itu sekaligus pada peristiwa ledakan bom Bali 1 Oktober 2005.

Begini pesan Bu Henny kepada saya.

“Selamat pagi, bang …

Iya saya sudah baca …

Buat aku … jujur … nggak adil… nggak sepadan.

Disisi lain… biarkan karmanya sendiri yg menyelesaikan.

Doaku buat dia …

Salah satu cara utk release diriku … memaafkan semuanya.

I’m sorry
Please forgive me
Thank you”.

Sampai hari ini, luka dan derita belum lepas dari perasaan Bu Henny. Kehidupan bahagianya hilang begitu saja. Direnggut paksa. Diambil dari hidupnya.

Sejak tragedi itu, ingatannya meremukkan jiwanya. Ia menjerit dalam tidurnya. Ia mengurung diri dalam gelapnya kamar. Air matanya kering. Habis. Suaranya hilang. Ia dipenjara oleh duka. Ia dikurung oleh nestapa tiada akhir. Seumur hidupnya ia tidak akan bisa lupa tragedi itu.

“Doaku buat dia …

Salah satu cara utk release diriku … memaafkan semuanya”, tulis Bu Henny.

Sepenggal kata ini menjelaskan kepada kita betapa beratnya pergumulan batin seorang ibu yang kehilangan putra dan mamanya sekaligus.

Memaafkan.

Mengampuni.

Melepaskan.

Tidak mudah. Sangat tidak mudah.

Baasyir mungkin bisa kembali bersama pengikut2nya melepas rindu sambil sholat berjamaah.

Tapi seorang ibu di ujung sana, terisak2 perih menahan rindu pada anaknya. Rindu yang membuat luka. Rindu yang tak terbalas. Rindu yang mencabik. Seumur hidupnya.

Salam perjuangan penuh cinta

Birgaldo Sinaga & fb

Posted in Berita | Leave a comment

CAT MEREK & KODE UNTUK BUS PO. SINABUNG JAYA.

1. HIJAU – TUTANLUX – 5130

2. BIRU – TUTANLUX – 9961

3. ORANGE – DANA GLOSS SOLID – 6237

4. COKLAT MERAH TUA – PENTA GLOSS – 93839 PENTA PRIMA

5. COKLAT MERAH MUDA – PENTA GLOSS – 93019 PENTA PRIMA

6. HIJAU MUDA – TITANLUX – 9966

7. PUTIH – DANA GLOSS – 222-3168

Medan, 10 Pebruari 2020

Posted in Berita | Leave a comment

SAYANG SEKALI DONALD TRUMP TIDAK BELAJAR DARI GUS DUR

Oleh: Birgaldo Sinaga

22 tahun yang lalu, ribuan mahasiswa menduduki Gedung DPR MPR.

Memaksa Presiden Soeharto mundur karena pemerintahannya penuh KKN dan otoriter.

Akhirnya, kita merasakan demokrasi. Demokrasi melahirkan banyak pemimpin baru. Semua orang punya kesempatan menjadi pemimpin.

Presiden Jokowi adalah produk dari reformasi pada 1998 itu. Ia menjadi presiden langsung kedua setelah SBY.

Hari ini, Gedung Kongres Amerika Serikat diduduki pendukung Donald Trump.

Massa pro Trump datang untuk memaksa agar Kongres memutuskan Trump menjadi Presiden. Bukan Joe Biden.

Ribuan orang itu datang dengan amarah. Mereka tidak terima proses demokrasi yang memenangkan Joe Biden. Mrk tdk percaya proses pemilihan itu. Mrk yakin Trump yang menang. Kemenangan Trump dirampok. Begitu yakin mereka.

Hari ini, sejarah kelam Amerika dicatat dunia. Amerika bak anak bawang yang baru belajar demokrasi. Belajar menerima kekalahan. Belajar menerima hasil demokrasi.

Sekarang, Amerika terlihat bodoh. Dan semua warisan leluhur mereka sejak Washington, Lincoln hingga Jefferson terinjak2 oleh bangsa Amerika sendiri.

Saya teringat akan Gus Dur. Saat itu Gus Dur sedang dilengserkan oleh genk sengkuni Amien Rais.

Gus Dur bilang. “Jabatan tertinggi presiden itu apa? 300 ribu pendukung saya siap tumpah darah membela saya”.

“Tapi untuk apa jika kita anak bangsa bersimbah darah? Untuk apa mempertahankan jabatan presiden dengan darah?”

“Saya akan membela mati2an kalo soal prinsip. Saya akan relakan nyawa darah saya kalo soal prinsip. Jika ada yang coba mengganti Pancasila, konstitusi kita, akan sy bela dengan jiwa raga sy”.

Gus Dur benar2 menyanyangi bangsa dan negara ini. Baginya jauh lebih berharga mempertahankan kemanusiaan daripada kekuasaan.

Prinsip Gus Dur menjadikan kemanusiaan itu indah.

Saat lengser itu, Gus Dur keluar istana dengan celana pendek. Lalu menyapa orang2 di luar.

Ia melambaikan tangan pertanda perpisahan. Ia tidak mendorong pengikutnya datang ke Jakarta. Ia tidak mengompori pengikutnya ngamuk dan marah.

Celana pendek itu menjadi catatan sejarah bangsa ini. Bagi Gus Dur kekuasaan itu biasa2 saja. Tapi kemanusiaan dan menjaga negara agar tidak perang saudara, itu tak bisa ditawar2.

Sayang sekali, Donald Trump tdk membaca biografi Guru Bangsa Indonesia Gus Dur.

Birgaldo Sinaga & fb

Posted in Berita | Leave a comment