MASUK JEBAKAN AHOK, ERICK TAK BERANI BONGKAR BOROK PERTAMINA APALAGI JIWASRAYA

Ronindo – Erick sebenarnya sudah masuk jebakan dan terperosok begitu dalam ketika dia mrespon soal lobi-lobi Pertamina. Momen Komut Pertamina membongkar aib Pertamina dari dalam perkara adanya lobi-lobi direksi ke menteri akhirnya menunjukkan siapakah sosok Erick yang asli.

Hasilnya sudah jelas. Gebrakan di Kementerian BUMN yang mengusung motto atau semboyan AKHLAK itu hanyalah pencitraan semata. Publik akhirnya memahami bahwa aksi Erick selama ini di Kementerian BUMN itu hanyalah simbol atau gimmick pencitraan belaka.

Aksi bongkar Pertamina langsung diredam Erick. Erick memakai jurus diplomasi level pebisnis ulung untuk meredakan hiruk pikuk tepatnya meredam skandal di Pertamina yang sudah menimbulkan menggemparkan media sosial. Tapi kegemparan yang sesungguhnya ada di tubu Pertamina dan Kementerian BUMN ytang mulai panas dingin karena apa yang disulut oleh Komut.

Secara kerja di Pertamina yang sumber bahan bakar, si Komut sudha berbekal amunisi yang langsung membom, bukan lagi membakar. Makanya bom itu langsung menjalar ke si Tengkuzul berjenggot dan ke si politisi Gerindra yang kepalanya ikut kebakaran walau kepalanya plontos mengkilap.

Aksi hujaman ala Ahok memang menerabas ke tingkat zona nyaman tak hanya pemain lama. Erick sendiri merasa kegerahan dan kepanasan. Aksi Ahok ikut melucuti aksi pencitraan Erick yang selama ini sudah mulai membuai publik dengan gebrakan perubahannya.

Ujungnya reformasi itu terbelit dengan lobi-lobi plus aksi diplomasi sang Menteri BUMN yang dengan santun mementahkan apa yang sudah seharusnya ditindaklanjuti oleh sang pimpinan. Ahok sudah melakukan tugasnya dan itu kini keputusan di tangan pucuk pimpinan tertinggi di BUMN.

Erick sudah menunjukkan sikapnya. Dia mementahkan dan mementalkan terobosan yang dilakukan sang Komut. Erick sendiri tak membela Komut tapi memihak kepada para pelobi. Erick menepis sebutan lobi itu dan beralasan bahwa apa yang dilakukan direksi Pertamina hanyalah bentuk pembicaraan dalam rapat.

“Lho, kalau saya kan hubungan direksi, komisaris, dengan menteri kan hal yang biasa saya rasa. Kalau dibilang lobi-lobi, semua itu pembicaraan, rapat, bukan lobi. Sesuatu yang biasa,” tegas Erick ketika ditemui awak media usai menghadiri rapat kerja (Raker) dengan Komisi VI DPR RI, di Jakarta, Selasa (22/9/2020).

Ada tambahan lagi keberpihakan Erick ke direksi. Erick mengklaim bahwa direksi dan komisaris BUMN memang harus dekat dengan menteri-menteri. Pasalnya, jika tidak maka kerja sama tim tak berjalan efektif.

Ciyeee, harus dekat, iya dong. Kalau dekat demi kolaborasi yang lurus dan untuk kepentingan negara serta rakyat ya nggak masalah. Tapi kalau lobi-lobi kedekatan itu demi untuk sesuatu yang nggak benar ya harusnya ditindak dong.

“Komisaris, direksi harus dekat dengan menterinya. Kalau nggak nanti yang kita mau teamwork jadi nggak jalan,” terang Erick.

Ternyata hanya alasan basi semata.

Makanya jangan berharap kasus-kasus jumbo macam Jiwasraya yang masih membelit dan menjadi sengkarut itu tak akan bakal tuntas ditangani Erick. Beliau malah melempar ke pihak Kejagung dari awal.

Padahal akalau Erick berniat, dia mestinya bisa membongkar sampai ke akar-akarnya. Apalagi ujungnya kasus Jiwasraya kembali menguras APBN sampai Rp 20 T dan itu belum cukup. Erick tutup mata dengan para pemain lama yang sudah merugikan Jiwasraya dan pada saat yang sama sudha menggarong negara.

Sebagai pebisnis Erick terlalu dekat dengan para pebisnis apalagi yang bermasalah dengan Jiwasraya. Makanya relasi mesra dengan anaknya Bakrie sudah bisa ditebak akan membuat Erick untuk main aman.

Erick pasti akan mengutamakan kelanggengan relasi bisnis dan pertemanan. kendati Erick tahu betapa susahnya Menkeu menagih utang Bakrie perkara Lapindo. Tahun ini saja kembali gagal bayar padahal Bakrie itu masih banyak duitnya. Erick paham tapi dia nggak berani mengusiknya.

Coba di awal-awal menjabat, Erick bernai memberikan gertakan dan melempar ancaman ke pimpinan BUMN yang bermasalah. Kini ketika urusan Jiwasraya Erick menunjukkan sikap santun dan diam. Hanya mengumbar janji semata soal pembayaran tapi nggak kunjung beres juga.

Erick nggak mau melakukan perubahan yang signifikan untuk BUMN. Dia memilih bermain aman dan akhirnya kelanggengan lobi-lobi dan segala jurus mafia itu tak akan pernah bisa dibabat tuntas. Termasuk kasus gigantik, Jiwasraya.

Begitulah kura-kura!

sumber: seword

Posted in Berita | Leave a comment

PECAT ERICK THOHIR !

Seorang teman datang ke kantor dan bercerita panjang lebar tentang “Kenapa Erick Thohir harus hengkang sebagai Menteri BUMN..”

Dia cerita seolah yang paling tahu apa yang terjadi di dalam bahwa sejak Erick jadi Menteri, banyak BUMN yang rugi seperti Pertamina, Garuda dan Angkasa Pura.

Saya cukup mendengarkan aja sambil sekali-kali memancing pertanyaan yang dia jawab dengan seru. Ya, namanya orang lagi cerita gak usah didebat, lagian saya ga suka debat.

Sesudah temanku pulang, barulah aku menulis bukan dgn nada sok tahu, tapi dengan fakta sebenarnya.

Teman, Pertamina rugi 11 triliun kemarin bukan karena Erick Thohir, bukan juga karena Ahok, tapi karena Pandemi. Pada waktu itu bukan saja Pertamina, tapi juga banyak perusahaan migas dunia. Exxon, pada saat yang sama rugi 19 triliun rupiah. BP oil rugi 98 triliun. Total asal Perancis rugi 123 triliun. Shell dr Belanda rugi 270 triliun.

Jadi kerugian Pertamina itu masih kecil dibandingkan mereka. Lagian sesudah kerugian itu, Pertamina dalam bulan Juli saja untung 7 triliun.

Kalau Garuda memang sudah lama rugi. Tahun 2014 saja sesudah Emirsyah Satar mundur dari Direktur, hutang Garuda sudah mencapai 12 triliun rupiah. Belum lagi markup pembelian pesawat yg kebongkar tahun 2018 dan banyak lagi.

Jadi bukan karena Erick. Sejak lama BUMN kita dijadikan sapi perah oleh banyak partai politik, dan akhirnya jadi bengkak tapi gak berguna.

Itulah kenapa Jokowi memilih Menteri BUMN dari profesional, bukan dr partai. Jokowi berharap BUMN makin ramping dan kuat, karena hendak digabungkan jadi Superholding. Nah, waktu Erick merampingkan dan menebas anak perusahaan BUMN inilah banyak yang teriak.

Kenapa ? Karena posisi Komisaris makin kecil porsinya, sedangkan yang minat buanyak. Akhirnya, karena gak kebagian posisi, mereka teriak-teriak. Dulu pada diem aja tuh, kenapa sekarang pada ribut kayak anak ayam susah berak ?

Situasi Erick ini mirip situasi Jokowi ketika pertama memimpin negara. Dia harus mencuci banyak piring kotor yang kemarin dibuat pesta pora. Emang gampang bersihin sekian banyak BUMN yang penuh dengan kadrun, keluarga dan mafia ??

Saya ya gak pro pro amat ma Erick Thohir, tapi gak buta. Dia memang gak sempurna, mungkin banyak celah dan salahnya. Tapi menimpakan kesalahan yang bukan dia buat, itu juga sia-sia. Kalau pengen kritik, dorong dia lakukan perubahan yang lebih ekstrim dan radikal dari sekarang, bukannya minta Jokowi supaya dia keluar.

Masalah di negara kita, apa-apa selalu dikaitkan dgn politik, susah jadi profesional. Mau kerja dikit, digoyang. Mau kreatif dikit, ditendang. Kapan majunyaaa ???

Yah, mendekati 2024, banyak partai yang perlu uang. Dan mereka ingin kembali jadikan BUMN sapi perah karena “susunya dibuang sayang”.

Inget susu, jadi pengen ngopi nih bray.

Seluputtt..

Denny Siregar & fb

Posted in Berita | Leave a comment

ALIRAN KRISTEN RADIKAL TAK BERAKAL

Siapa bilang dalam aliran agama Kristen tidak ada yang radikal dan berakal?

Dulu, di Tanah Batak ketika agama Kristen masuk melalui misionaris Nomensen, agama dan budaya bisa berdampingan. Agama baru di Tanah Batak ini tidak meniadakan budaya Batak.

Agama leluhur orang Batak sebelum masuknya agama Kristen Protestan dikenal dengan nama Parmalim.
Orang Batak yang menjadi Kristen umumnya saat itu bergabung dalam gereja HKBP.

Dekade 80an, aliran baru yang disebut Kharismatik masuk ke tanah air. Gelombang aliran karismatik ini kerapkali mengadakan Kebaktian Kebangunan Rohani di kota2 besar. Di Medan sering diadakan di Stadion Teladan. Saya pernah mengikutinya sekitar dekade 90an.

Aliran karismatik ini pun terpecah beberapa mazhab. Ada yang sangat radikal ekstrim. Ada juga yang moderat.

Ajaran ekstrim radikal tak berakal ini persis sama dengan aliran ekstrim di agama non Kristen yang mengharamkan musik. Gitar dibakar. Keris dihancurkan. Batik dibakar.

Dalil yang digunakan Kristen radikal ini sama persis dengan non Kristen yang membakar gitar dan keris itu. Dalilnya musyrik. Menyekutukan Tuhan.

Sejatinya orang2 yang merusak budaya ini adalah hama peradaban. Musuh peradaban.

Manusia sejak lahir punya daya kreasi, budi, daya cipta dan inovasi. Peradaban dibangun dari kemampuan manusia berpikir dan berakal.

Untuk melindungi tubuh dari dingin dan panas, manusia di Tanah Batak sejak abad ke 13 membuat alat tenun. Alat tenun ini sangat sederhana. Satu ulos ditenun bisa memakan waktu berbulan2.

Ulos menjadi barang yang sangat berharga dan mahal. Ulos itu menjadi simbol kehangatan, perlindungan, harapan dari orang tua pada anaknya atau paman bagi keponakannya. Hanya orang yang kedudukan terhormat yang bisa mengulosi.

Itulah sebabnya saat bayi lahir pasti diulosi. Saat orang menikah pasti diulosi. Saat meninggal dunia juga diulosi.

Lahir diulosi. Menikah diulosi. Punya anak diulosi. Meninggal dunia diulosi. Datang dan pergi diulosi. Ulos menjadi simbol budaya Batak yang penuh dengan kearifan dan keagungan.

Sialnya, orang2 tak berakal dan bodoh yang membakar ulos ini masuk ke Indonesia. Mereka dicuci otaknya oleh aliran yang merasa paling benar sendiri. Paling suci sendiri. Paling pemilik surga sendiri.

Di luar dari mereka adalah penyembah iblis. Murid Lucifer si Kepala Iblis.

Hama2 peradaban ini tidak punya sedikitpun kontribusi memajukan peradaban. Mereka tahunya halal haram. Prinsipnya kalo haram dibakar. Dimusnahkan. Dihilangkan.

Padahal itu karena nalar dan akal mereka dibutakan oleh orang2 yang tujuannya mau menghancurkan peradaban budaya adi luhung kita.

Peradaban budaya kita mau dimusnahkan oleh penjahat2 peradaban ini. Mereka memakai dalil ayat2 suci yang ditafsirkan mereka sesuai nafsu mereka.

Orang2 seperti dalam video ini jelas korban cuci otak aliran pengajaran Kristen radikal tak berakal. Dan ini jelas lawan dan musuh kita. Mereka mau memusnahkan warisan leluhur suku Batak. Dan tak ada jalan lain, kita lawan aliran2 penghancur peradaban ini.

Jangan kasih tempat sama orang2 radikal tak berakal ini. Jika tidak, warisan luhur dari leluhur kita akan musnah. Akibatnya, keturunan kita akan kehilangan jati diri. Kita akan kehilangan karakter sebagai sebuah bangsa.

Jika pemusnahan budaya itu berhasil, tinggal gampang saja mereka menaklukkan kita. Tinggal menunggu waktu saja kita diperbudak sama mereka. Mereka akan menjadi penentu hitam putihnya nasib kita. Sabda mereka akan menjadi arah hidup kita.

Saya berharap perempuan yang membakar ulos ini ditangkap dan dipenjarakan. Dia sudah mencoba menghancurkan warisan budaya bangsa. Mencoba memprovokasi. Agar diikuti oleh orang banyak.

LAWAN.

Birgaldo Sinaga

Posted in Berita, Taneh Karo Simalem | Leave a comment

JAKARTA BUTUH AHOK

Oleh Jusuf Muhammad

“Apa yang dilakukan Ahok sebagian sudah islami, cuma Ahok tak menjalankan sholat saja.”

Bukti yang dilakukan Ahok sebagian sudah mencerminkan nilai islam yaitu:

1. Tiap tahun Ahok mengeluarkan zakat, meskipun sebenarnya tidak dihitung zakat karena dia non muslim, tapi dia telah melakukan ajaran tentang zakat seperti yg diajarkan oleh agama Islam.

2. Masjid yg terlihat tak layak dan kurang indah direnovasi dan diperbesar.

3. Masjid Balai Kota Jakarta yg selama puluhan tahun tak ada, tapi baru di era Ahok masjid dibangun sangat megah.

4. Puluhan penjaga masjid dan Mushola di Jakarta selama tahunan dibrangkatkan umroh oleh Ahok.

5. Ahok berkeinginan anak2 di Jakarta bisa hafal Al-Qur’an dan memahami benar2 makna dari ayat2 suci Al-Qur’an.

6. Puluhan tahun warga yg hidup dibantaran kali dan lingkungan kumuh dibuatkan Rusun dan dengan berbagai fasilitas sperti naik Bus gratis, berobat gratis dll.

7. Sampah2 yg ada secara intens dibersihkan oleh petugas PPSU atau sering disebut pasukan ‘orange’.

8. Tukang sapu jalan, tukang kebun dan pasukan orange mereka digaji 3,1jt yg ditransfer langsung ke rekening tanpa potongan apapun. Sebelumnya mereka hanya bergaji skitar 800rbu diera Foke.

9. Kali2 tampak semakin bersih dan mulai sehat karena rutin dibersihkan oleh pasukan orange Ahok.

Saya jadi malu ketika ada saudara saya yang terus berterik “Ahok Dzolim, Ahok Cina Kafir, Ahok Kejam dan lainya pokoknya semua yang buruk disematkan buat Ahok.

Wahai saudaraku, ketahuilah bahwa orang yg kalian hina dan jelek2an itu ternyata telah banyak melkukan perubahan positif di Jakarta. Gubernur yg kalian katakan kafir itu ternyata lebih paham dan serius menjalankan ajaran Rosulullah SAW yaitu “Kebersihan adalah sebagian dari iman”.

Jakarta itu butuh Ahok, tidak butuh mereka yang masuk dalam gerakan ” ORANG KITA DAN ORANG GILA”

fb Melfry Hahijari

Posted in Berita | Leave a comment

JIKA ANDA TERTULAR VIRUS CORONA

INFO YANG SANGAT PENTING..
luangkan waktu membaca hanya 2 menit saja.

APA YANG HARUS DILAKUKAN
JIKA ANDA *TERTULAR VIRUS CORONA*

Semua orang memberi tahu Anda bagaimana agar TIDAK tertular virus corona, tetapi TIDAK ADA yang mengatakan apa yang harus dilakukan jika Anda tertular virus corona. Terima kasih kepada perawat untuk menyusun panduan ini.

Akhirnya, ada beberapa saran yang masuk akal dari Perawat.

Apa yang sudah banyak saya lihat adalah rekomendasi2 untuk mencoba menghindari virus corona:

• Mencuci tangan dengan baik.
• Menjaga kebersihan pribadi.
• Jaga jarak dengan orang lain.

tetapi saya belum lihat banyak adalah saran apa yang diberikan jika Anda benar-benar tertular virus corona, untuk persiapan2 yang harus dilakukan.
Jadi, sebagai perawat, izinkan saya membuat beberapa saran:

Jika Anda tertular Virus Corona (Covid-19):

Hal-hal yang harus mulai dilakukan sekarang:

Berjemur sinar matahari selama 20 menit pada seluruh tubuh Anda (atau sebanyak mungkin) setiap hari. Ini secara dramatis akan meningkatkan kadar Vitamin D Anda, yang meningkatkan sistem kekebalan Anda.

Jika terjangkau, minumlah suplemen umum yang baik, ditambah 2000 mg Vit C 1x sehari. Sertakan ZINC, SELENIUM & GLUTATHIONE.

Scott’s Emulsion adalah tonik umum yang bagus (minyak hati ikan kod).

Hal-hal yang harus Anda beli sebelumnya:

 Tisu*.
 Parasetamol*.
 Obat batuk* pilihan (periksa label dan pastikan Anda tidak menggandakan Paracetamol).
 Tablet hisap seng*.
 Semprotan tenggorokan* seperti Andolex atau TCP.
 Madu dan lemon* dapat bekerja dengan baik!
Minyak kayu putih /Vicks* vaporub untuk dada Anda juga merupakan saran yang bagus.

*Humidifier* akan menjadi hal yang baik untuk dibeli dan digunakan di kamar Anda ketika Anda pergi tidur semalaman. (Anda juga bisa menyalakan shower dan duduk di kamar mandi menghirup uap).

*Jika Anda memiliki riwayat asma* dan Anda memiliki resep inhaler, pastikan yang Anda miliki tidak kadaluarsa dan isi ulang/dapatkan yang baru jika perlu.

*Makanan*. Ini juga merupakan waktu yang tepat untuk menyiapkan makanan: buat sup dalam jumlah besar untuk dibekukan dan tersedia sewaktu diperlukan.

*Hidrasi*. Persediaan minuman favorit Anda untuk diminum, meskipun air putih cukup baik, atau Anda mungkin menyukai variasi minuman yang lainnya.

*Apabila ada gejala* demam lebih dari 38°C, gunakan Paracetamol karena lebih baik daripada Ibuprofen.

*Istirahat banyak*. Anda tidak boleh meninggalkan rumah Anda! Bahkan jika Anda merasa lebih baik, Anda mungkin masih akan menularkan virus corona selama empat belas hari dan harus dihindari jangan bertemu orang tua dan orang-orang lain.

*Kenakan sarung tangan dan masker* untuk menghindari mencemari orang lain di rumah Anda.

*Isolasi* di kamar Anda jika tidak tinggal sendirian, minta teman dan keluarga untuk meninggalkan persediaan makanan dll. di luar untuk menghindari kontak.

*Sanitasi* sprei dan pakaian Anda sesering mungkin dengan mencuci dan membersihkan kamar mandi Anda dengan pembersih yang disarankan.

*Anda TIDAK PERLU PERGI ke RUMAH SAKIT kecuali* Anda mengalami kesulitan bernapas atau demam Anda sangat tinggi (lebih dari 39° C) dan tidak dikelola dengan minum obat-obatan.

90% dari kasus orang dewasa yang sehat sejauh ini telah dikelola di rumah dengan istirahat dasar / hidrasi / obat-obatan yang dijual bebas.

Jika Anda khawatir atau dalam kesulitan atau merasa gejala Anda semakin buruk:

*Risiko yang sudah ada sebelumnya*. Jika Anda memiliki kondisi sakit paru-paru yang sudah ada sebelumnya (COPD, emphysema, kanker paru-paru) atau sedang menggunakan imunosupresan, sekarang adalah waktu yang tepat untuk berbicara dengan Dokter Anda atau spesialis tentang apa yang mereka ingin Anda lakukan jika Anda sakit.

*Anak-anak*. Satu kelegaan besar bagi Anda orang tua adalah bahwa anak-anak KUAT apabila tertular dengan virus corona, mereka biasanya bangkit kembali dalam beberapa hari (tetapi mereka masih akan menular). Cukup gunakan dosis anak.

*Tenang dan bersiaplah secara rasional * dan semuanya akan baik-baik saja. Ini untuk memberi tahu kita semua bahwa pH untuk virus corona bervariasi dari Ph 5,5 hingga 8,5.

Yang perlu kita lakukan, untuk mengalahkan virus korona, kita perlu mengambil lebih banyak makanan atau minuman ALKALI yang berada di atas tingkat pH virus di atas.

Beberapa di antaranya adalah:
Minum
* Kangen Water – Ph 9,5 sd 11,5 *

* Lemon – 9,9 pH *
* Kapur – 8.2pH *
* Alpukat – 15,6pH *
* Bawang Putih – 13,2pH *
* Mangga – 8.7pH *
* Tangerine – 8.5pH *
* Nanas – 12,7pH *
* Dandelion – 22,7pH *
* Jeruk – 9.2pH *

Bagaimana Anda tahu Anda tertular virus corona tanpa swab test?

1. Gatal di tenggorokan.
2. Tenggorokan kering.
3. Batuk kering.
4. Suhu tinggi 37,5 up.
5. Sesak nafas.
6. Kehilangan indra perasa & bau.
7. Covid toes – jari kaki membiru / hitam.

Jadi apabila Anda memperhatikan hal-hal ini, cepat ambil air hangat dengan lemon dan minum.
Minumlah sehari – hari Minuman yg Ber- alkhali 9,5 Ph , sbg Pencegahan

Jangan simpan informasi ini hanya untuk diri sendiri. Kirim ke semua keluarga dan teman Anda.

terima kasih.
salam bersih dan wangi sepanjang hari serta sehat selalu.
Bc By :
@clingcorporation

🙏🏽

Posted in Berita, Informasi Kesehatan | Leave a comment

INGATLAH DARI MANA KAU BERASAL

Dalam beragama pelajarilah pengetahuan. Pelajarilah ilmu sejarah, antropologi, sosio kultural budaya masyarakat.

Kalau kita hanya belajar hanya dari satu pendongeng, maka bukan pencerahan yang kita dapatkan. Tapi kebutaan. Kegelapan. Kebodohan. Ketololan. Kebebalan. Kepicikan. Bagai katak dalam tempurung.

Setiap suku bangsa, memiliki hasil daya cipta kreasi komunitas mereka dalam bertahan hidup. Bertahan hidup ini artinya pada dulu kala sebelum abad modern ini muncul, mereka membuat rumah agar bisa terlindungi dari hewan buas. Bisa istirahat.

Tanah Batak di Tapanuli itu berada di ketinggian. Daerah Danau Toba itu berkisar 1500 mdpl. Dingin menusuk tulang cuacanya.

Bagaimana kakek moyang orang Batak bertahan dari cuaca dingin menusuk tulang?

Mereka membuat kain ulos. Mereka membuat minuman beralkohol tuak. Mereka buat alat tenun. Kapas dipintal. Jadi benang. Lalu ditenun. Alat tenunnya sangat sederhana. Dikerjakan bisa berminggu2. Ulos itu sangat mahal harganya.

Sebelum baju pakaian yang dipakai orang2 radikal arogan pongah yang menuding ulos ini berhala, kakek nenek moyang mereka juga memakai ulos.

Kakek nenek moyang mereka juga digendong diselimuti oleh ulos. Kalo tidak ya mati kedinginan nenek moyang mereka. Tak akan lahirlah orang2 sombong rohani yang menuding pakaian ulos yang dipake nenek moyangnya ini sebagai berhala ke dunia.

Kata pepatah Tiongkok, air putih yang kita minum, ingatlah darimana air itu berasal. Memang hanya air putih. Tapi panjang dan jauh perjalanannya hingga sampai ke kerongkongan kita.

Belajarlah pada banyak ilmu pengetahuan. Jangan kau seperti kerbau dicucuk hidung hanya mendengar satu pendongeng yang menghina warisan kakek moyang yang membuatmu ada di dunia ini.

Camkan itu.

Birgaldo Sinaga & fb

Posted in Adat Istiadat Karo, Berita, Informasi Penting, Informasi Untuk Kab. Karo, Taneh Karo Simalem | Leave a comment

PASTOR PENUH WELAS ASIH ITU TEWAS DI TANGAN ORANG YANG DITOLONGNYA

Oleh: Birgaldo Sinaga

Selasa pagi, 15 September 2020, Pastor Roberto Malgesini keluar dari rumahnya.

Ia membagikan banyak makanan sarapan pagi di depan pastoran tempatnya tinggal.

Makanan sarapan pagi itu akan dibagikannya untuk kaum gelandangan di Como, Italia Utara.

Pastor Malgesini pagi itu tidak punya firasat aneh.

Memberikan makanan kepada kaum miskin tunawisma sudah dilakukannya sejak lama.

Sudah bertahun2 Pastor Malgesini membagikan makanan. Ia mengenal semua gelandangan di kota itu.

Sejak Pandemi Covid 19 menyerang Italia, kehidupan kaum tunawisma semakin berat.

Dukungan pemerintah Italia untuk kaum miskin ini semakin berkurang.

Imigran asal Afrika di sana adalah kelompok orang yang sangat menderita. Mereka tidak punya rumah dan pekerjaan.

Pastor Malgesini dari Keuskupan Como tahu keadaan berat orang2 miskin susah menderita ini. Saban pagi, Pastor Malgesini membagi makanan untuk mereka.

Hampir semua tunawisma di Como mengenal Pastor berhati malaikat ini. Bagi mereka Pastor Malgesini adalah bapak orang miskin.

Selasa pagi itu, di depan pagar Keuskupan Como, Ridha Mahmoudi (53 tahun), seorang tunawisma warga Tunisia tampak berdiri menunggu makanan.

Pastor Malgesini dan Mahmoudi sudah saling mengenal.

Pastor Malgesini keluar dari pastoran. Membawa makanan untuk Mahmoudi yang menunggu di depan pagar Keuskupan Como.

“Hello Mahmoudi..Good Morning..How are you”, sapa Pastor Malgesini hangat.

Tetiba….

Srettt..srettt..srettt…

Sebuah pisau tajam menghunjam tubuh Pastor Malgesini. Pisau tajam di tangan Mahmoudi itu menancap di dada dan leher Pastor Malgesini.

Pastor Malgesini terkejut. Ia tidak menyangka Mahmoudi menyerangnya. Menikamnya. Dengan pisau.

Pastor Malgesini lunglai. Ia jatuh. Darah segar mengucur deras dari tubuhnya. Tikaman itu berkali2. Pastor Malgesini tewas.

Mahmoudi melarikan diri usai menikam. Ia meninggalkan Pastor Roberto sendirian yang berlumuran darah.

Entah apa yang merasukinya pagi itu. Padahal selama ini Mahmoudi selalu menerima makanan dari tangan Pastor Malgesini.

Ia tampak tenang2 saja meninggalkan tempat itu. Seakan2 tidak terjadi apa2.

Italia berduka. Peristiwa pembunuhan Pastor Malgesini oleh orang yang sering ditolongnya itu menggegerkan Italia.

Italia menangis. Italia meratap. Italia meratapi kematian Pastor Malgesini.

Seorang pastor penolong orang miskin. Pastor yang sangat welas asih pada orang susah miskin menderita.

Seorang bapak yang menolong tanpa memandang agama, suku, ras dan golongan.

Ridha Mahmoudi ditangkap. Polisi menangkapnya tidak lama kemudian. Mahmoudi diduga mengalami sakit jiwa. Ada gangguan jiwa dalam dirinya.

Rabu tengah pekan ini, saat hendak mengadakan audiensi umum berbahasa Italia di halaman San Domaso, Italia, Paus Fransiskus menundukkan kepala sejenak untuk menghormati mendiang Pastor Malgesini.

Ia juga meminta umat yang hadir untuk mengikuti audiensinya untuk mengheningkan cipta. Dan mendoakan arwah pastor yang suka membantu orang miskin dan tak punya tempat tinggal itu.

Bapa Suci menyatakan dukacita yang sangat mendalam untuk kematian Pastor Malgesini dan umat Katolik Keuskupan Como yang kehilangan salah satu pelayan terbaiknya.

Paus juga tak lupa berdoa untuk semua imam, suster, bruder, dan frater yang mempersembahkan hidupnya untuk melayani orang-orang miskin dan terlantar.

“Ya Tuhan, pandanglah para abdimu yang sudah setia mempersembahkan hidup mereka untuk melayani Gereja-Mu. Terimalah mereka yang sudah berpulang ke pangkuan-Mu yang abadi”. Amin

Saya membaca berita ini dengan rasa duka mendalam. Mengapa Pastor yang begitu baik ini harus tewas ditangan orang yang selalu ditolongnya?

Ucapan duka dan sedih mengalir deras dari publik Italia. Air mata kesedihan begitu terasa. Doa dan pelukan saling menguatkan sesama warga Italia menguat . Timeline media sosial penuh ungkapan duka dan bela rasa.

Tak ada makian. Tidak ada umpatan. Tidak ada tuduhan. Tidak ada sumpah serapah. Yang ada malah persatuan rakyat Italia. Bersatu untuk terus meneruskan nilai kemanusiaan yang diwariskan Pastor Malgesini.

Respon publik Italia ini sangat jauh berbeda dengan respon warga +62 atas peristiwa penusukan Syech Ali Jaber kemarin.

Dalam hitungan menit, segala tuduhan, hujatan, fitnah dan sumpah serapah mengalir deras dari orang2 yang tidak punya empati dan akal sehat ini.

Kematian Pastor Malgesini membuat Italia bersatu kembali. Mereka sadar bahwa bela rasa kemanusiaan yang ditunjukkan Pastor Malgesini menampar egoisme seluruh Italia.

Dari kematian Pastor Malgesini harapan tumbuh kembali. Harapan itu tentang berbagi bagi sesama. Terutama pada mereka yang miskin menderita.

Selamat jalan Pastor Malgesini. Beristirahatlah dalam damai dan cinta di pangkuan Bapa di Surga.

Rest in Peace.

Salam perjuangan penuh cinta

Birgaldo Sinaga & fb

Posted in Berita | Leave a comment

APA BEDANYA AHOK DAN ANIES SAAT MENGHADAPI BANJIR?

Kalo Jakarta banjir Ahok akan kena maki maki. Dasar Gubernur guoblok. Gubernur somplak. Gubernur gak becus. Gubernur gak bisa kerja. Mulutnya comberan pantas Jakarta jadi comberan.

Tapi Ahok tidak membalas hujatan itu dengan kata2 manis. Ahok bekerja keras membereskan masalah hulu dan hilir banjir yang selama ini mendera warga Jakarta.

Ahok dengan tegas memindahkan warga pinggir kali ke Rumah Susun. Kampung Pulo, Kalijodo berhasil dengan baik direlokasi. Semua parit, gorong gorong dibersihkan. Pasir tanah yang mendangkalkan drainase dikuras hingga bersih.

Pompa pompa raksasa siap sedia saat hujan deras mengguyur. Ujungnya banjir bisa diatasi. Biasanya banjir yang selalu rutin terjadi di Kampung Pulo itu menelan korban, akhirnya bisa diatasi. Biasanya Kelapa Gading menjadi lautan, setelah itu hanya genangan yang cepat kering.

Lucunya, hasil kerja keras Ahok dengan enteng dikomentari haters Ahok dengan konyol. Halahhh..emang curah hujan Jakarta lagi rendah kok…masih banyak banjir kok dibeberapa titik. Gitu aja sudah sok..Hihihi

Nah yang paling enak itu Gubernur Anies pengganti Ahok.

Hari ini banjir besar melanda Jakarta. Banjir besar ini merendam banyak rumah. Banyak korban harta juga.

Apa yang terjadi? Kemana janji2 manis Anies dulu soal lubang2 resapan? Kemana deteksi dini toa soal banjir? Kemana air sungai yang meluap diarahkan ke tanah?

Dengan santai pemuja Anies bilang, semua sudah takdir. Banjir itu sudah suratan Ilahi. Kita tidak bisa melawan kehendak Ilahi. Ini cobaan, kita mesti pasrah atas semuanya. Tawakal.

Enak ya jadi Gubernur Jakarta sekarang. Selalu dapat lindungan dari pendukung butanya dengan menyalahkan Tuhan sebagai penyebab.

Masalah banjir sejak Anies menjabat gubernur gak beres2. Januari lalu banjir besar. Februari lalu juga banjir besar. Ada korban tewas.

September ini, banjir besar melanda ditambah pertambahan kasus Covid 19 juga yang semakin menggila. Lengkaplah penderitaan warga.

Adehhh… dapat gubernur Anies ini serasa kita dapat hukuman. Hukuman menderita lahir batin 5 tahun.

ADUHHH biyungggg

Birgaldo Sinaga & fb

Posted in Berita | Leave a comment

AYAH BEKERJA NAK….BUKAN BERWISATA…!

“Itulah suara hati seorg bapak yg berprofesi sebagai seorg supir…yg tiap siang malam merindukan anak dan kluarganya..”

Diperjalanan banyak ujian ya mereka hadapi,,mulai dari resiko di palak/begal,,bersenggolan dgn kendaraan lain,,masuk jurang karena mengantuk,,hingga akhirnya banyak supir yg meregang nyawa..”

Kawan,,muda mudi dimanapun anda berada…Jika bapakmu seorang supir maka haragailah,,ia supir taksi,,trek maupun seorg anggota dimobil kampas,,ia berjuang untuk masa depanmu…jangan boros saat disekolah maupun saat kuliah…jangan ikuti gaya teman temanmu yg hedon atau pamer kemewahan hidup..

Hidup apa adanya itu jauh lebih indah… ‘Serta ingat usaha upaya bapakmu demi dirimu…gapai cita citamu dan doakan ayahmu yg berjuang dijalanan dgn segala kemungkinan bisa meninggal dijalanan.”

(“.Tidak semua sopir sama..sebab diluar sana ada supir yg benar benar berjuang untuk masa depan anak dan keluarganya,,hingga tak jarang mereka harus meregang nyawa.”)

“Sehat selalu serta diberikan keselamatan untuk semua supir dimanapun anda berada.”

“Sang PAHLAWAN”

#Repost

fb Ipunk Harith

Posted in Berita | Leave a comment

BAMBANG TRI, AYO BAYAR HUTANG..

Tahun 1997, Indonesia punya gawe yaitu Sea Games.

Oleh negara waktu itu, dibuatlah konsorsium untuk menyelenggarakan pesta olahraga itu. Tebak siapa ketuanya ? Bambang Trihatmojo, anak ketiga Soeharto – Presiden paling berkuasa masa orde baru. Memang siapa yang bisa menolak waktu itu kalau Soeharto punya mau ? 😄

Sebagai penyelenggara, tugas konsorsium adalah menggalang dana untuk Sea Games. Tapi alih-alih dapat dana, Bambang malah ngutang ke negara. Sial emang, negara gak bisa menolak karena keluarga Cendana kuat banget masa itu.

Bukannya dapat keuntungan dari acara Sea Games, negara malah harus keluar duit 35 miliar rupiah – kurs waktu itu – utk ngutangin Bambang Tri.

Dan sesudah selesai acara, Bambang Tri pura-pura lupa kalau dia punya hutang. Bambang Tri bahkan diberi fasilitas “bea masuk khusus” untuk impor mobil mewah khusus utk Sea Games. Habis acara selesai, mobil2 berharga miliaran itu dijualnya dan negara kembali gak dapat apa-apa. Belum pajak dari stiker yang gak pernah masuk ke negara.

Semuanya hilang, seperti kata pak Tarno pesulap, “prok prok jadi apaaa ?”

Ga ada yang berani nagih, sampai datanglah masa pemerintahan Jokowi yang keras kepala. Sri Mulyani, Menteri Keuangan menagih Bambang Tri triliunan rupiah piutang negara.

Bambang Tri tetap gak mau bayar, Sri Mulyani mencekalnya sehingga tidak bisa keluar negeri. Bahkan Sri Mulyani berencana akan memblokir semua rekening Bambang Tri.

Di masa pemerintahan Jokowi ini, keluarga Cendana seperti mendapat palu godam keras di kepala. Tommy Soeharto pun merasakan sakitnya, gedung Granadi disita karena Kejaksaan sedang memburu “harta karun” yayasan Supersemar yang tidak jelas pengelolaannya.

Jadi, paham kan kenapa banyak yang tidak suka Jokowi menjadi kepala negara ? Pusing kepala Baim, mak…

Seruput kopinya..

Denny Siregar & fb

Posted in Berita | Leave a comment