PLIN-PLAN PSSI SOAL JIS STANDAR FIFA ATAU BUKAN

Jakarta International Stadium dianggap belum layak menggelar FIFA Matchday oleh PSSI. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia — PSSI yang sempat menyebut Jakarta International Stadium (JIS) belum layak menggelar FIFA Matchday belakangan menyatakan stadion anyar milik Pemprov DKI Jakarta itu sudah berstandar FIFA.

Pertandingan FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Curacao akan berlangsung dua kali. Venue laga pertama pada 24 September akan berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), namun loka tanding pertandingan kedua yang akan digelar 27 September mengalami perubahan. Semula PSSI menyebut JIS, kemudian induk organisasi sepak bola Indonesia itu menyatakan bakal menggelar pertandingan di Stadion Pakansari atau Patriot Candrabhaga.

Perubahan tempat pertandingan Timnas Indonesia vs Curacao pada 27 September dinyatakan PSSI setelah melakukan uji kelayakan.

“Setelah PSSI melakukan uji kelayakan, JIS dianggap belum layak untuk menggelar FIFA matchday,” dalam rilis PSSI tanggal 9 September.

Berdasarkan hasil inspeksi tim Infrastructure Safety and Security PSSI, Stadion JIS belum memenuhi kelayakan 100 persen infrastruktur seperti area drop off tim, sirkulasi aktivitas terkait pertandingan di outer perimeter menumpuk di barat utara].

PSSI juga menyebut concourse timur belum dapat digunakan, perimeter tribun perlu pengkajian ulang, dan pagar perimeter di bawah concourse barat tidak kokoh. Ada pula sarana prasarana pendukung yang mendapat perhatian macam kantong parkir, transportasi umum, dan jalan akses menuju stadion.

Sementara menurut pengakuan Sekjen PSSI Yunus Nusi, JIS adalah stadion berkelas yang sudah memiliki standar FIFA.

“Kalau soal stadion harus kita akui. Itu megah layaknya stadion di Eropa. Demikian juga rumput stadion. Semua berstandar FIFA,” kata Yunus dalam rilis PSSI 13 September.

Dalam keterangan tersebut Yunus menambahkan bahwa PSSI masih menyoroti sarana dan prasarana perimeter stadion yang belum selesai 100 persen.

Yunus pun menjelaskan kritik PSSI kepada JIS adalah untuk kebaikan bersama dan berharap netizen serta pecinta sepak bola tidak salah sangka.(nva/sry)
sumber: cnn

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.