WISATAWAN CHINA MENEMPUH 230 JUTA PERJALANAN SELAMA.LIBURAN, ‘EKONOMI MENGALAMI PEMULIHAN’

Turis domestik China tercatat telah menempuh 230 juta perjalanan di dalam negeri selama rangkaian liburan Hari Buruh, menurut perkiraan resmi pemerintah setempat.

Hari Buruh Internasional di China dirayakan dengan lima hari libur pada 1-5 Mei sehingga kaum pekerja mendapat kesempatan untuk mengunjungi daerah lain di dalam negeri.

Momen ini dimanfaatkan dengan baik mengingat rakyat China diimbau tidak mudik pada Perayaan Imlek pada pertengahan Februari lalu guna menekan risiko penularan Covid-19.

Turis domestik mengunjungi Tembok Raksasa selama libur hari buruh di Beijing, pada 1 Mei 2021.

Kantor berita AFP dan Reuters melaporkan rakyat China berduyun-duyun ke berbagai tempat wisata, dari Tembok Raksasa hingga Tibet.

Sebanyak 230 juta perjalanan, sebagaimana diestimasi pusat data Kementerian Budaya dan Pariwisata, meningkat 119,7% dari periode serupa pada 2020 ketika pemerintah melarang perjalanan.a

Belasan kasus Covid-19

Pada Jumat (07/05), China melaporkan 13 kasus Covid-19 baru, naik dari lima kasus sehari. China mengeklaim bahwa semua kasus baru itu berasal dari luar negeri.

Jumlah kasus asimtomatik baru, yang oleh China tidak digolongkan sebagai kasus yang dikonfirmasi, naik menjadi 17 dari 7 kasus sehari sebelumnya.

Jumlah total kasus Covid-19 yang dikonfirmasi di daratan China sekarang mencapai 90.739, sementara jumlah korban meninggal dunia tidak berubah, tetap di angka 4.636 orang.

Ekonomi China mengalami pemulihan

Ekonomi China sendiri diumumkan telah mengalami pemulihan, sebagaimana diumumkan oleh data resmi pada hari Jumat (07/05).

Ekspor dalam dolar melonjak 32,3% dari tahun sebelumnya ke US$263,92 miliar, menurut Administrasi Umum Bea Cukai China, melampaui perkiraan analis yang memprediksi peningkatan antara 24%-30%. Impor juga meningkat sekitar 43% dari tahun sebelumnya, kenaikan tercepat sejak Januari 2011.

Sebelumnya, pada pertengahan April, perekonomian China dilaporkan tumbuh 18,3% pada kuartal pertama 2021 dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu.

Ini adalah lompatan terbesar dalam produk domestik bruto (PDB) sejak China mulai mencatat rekor kuartalan pada tahun 1992.

Libur hari buruh yang berlangsung 1-5 Mei dimanfaatkan kaum muda Kota Wuhan untuk menghadiri Festival Musik Strawberry.

Namun, angka hari Jumat (07/05) di bawah ekspektasi, dengan jajak pendapat ekonom Reuters memperkirakan pertumbuhan 19%.

Pada kuartal pertama tahun 2020, ekonomi China menyusut 6,8% karena kebijakan lockdown nasional di tengah puncak wabah Covid-19 yang terjadi di negara itu.
sumber: bbc

Posted in Berita | Leave a comment

PENEMBAKAN DI PAPUA: JENDERAL BINTANG SATU TNI MENINGGAL, PEMERINTAH SEBUT ‘KKB TERORIS’

Pemerintah Indonesia mengategorikan apa yang mereka sebut sebagai kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua adalah teroris setelah seorang jenderal bintang satu meninggal dunia dalam insiden baku tembak yang terjadi di Beoga, Kabupaten Puncak, pada Minggu (25/04). Sebelumnya, kelompok pro-kemerdekaan Papua, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat – Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) mengeklaim “bertanggung jawab” atas penembakan itu.

Sikap pemerintah ini diumumkan oleh Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, pada Kamis (29/04). “Pemerintah menganggap bahwa organisasi dan orang-orang di Papua yg melakukan kekerasan masif dikategorikan sebagai teroris,” katanya.

Dia merujuk pada Undang-undang nomor 5 tahun 2018 yang menyatakan bahwa teroris adalah siapapun orang yang merencanakan, mengerahkan dan mengorganisasikan terorisme.

Sedangkan terorisme adalah setiap perbuatan yang menggunakan kekerasan atau ancaman kekerasan yang menimbulkan suasana teror atau rasa takut secara meluas yang dapat menimbulkan korban secara massal atau kerusakan atau kehancuran obyek vital strategis, lingkungan hidup, fasilitas publik, dan internasional dengan motif ideologi, politik, dan keamanan.

“Berdasarkan definisi UU Nomor 5 ini, maka yang dilakukan KKB dan segala nama organisasi dan orang-orang yang berafiliasi adalah tindakan teroris. Untuk itu pemerintah sudah meminta kepada Polri, TNI, BIN dan aparat-aparat terkait segera melakukan tindakan secara cepat, tegas dan terukur menurut hukum, jangan sampai menyasar ke masyarakat sipil,” ujar Mahfud.

Satgas TNI/Polri hingga kini masih melakukan pengejaran terhadap kelompok pro-kemerdekaan Papua yang terlibat baku tembak dalam konflik bersenjata di Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, yang membuat jenderal bintang satu TNI meninggal dunia.

Presiden Joko Widodo telah memerintahkan Panglima TNI dan Kapolri untuk “mengejar dan menangkap seluruh anggota” dari apa yang disebutnya sebagai kelompok kriminal bersenjata (KKB), seraya menegaskan “tidak ada tempat” bagi kelompok tersebut di Papua.

Namun, Ketua Kajian Papua dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Adriana Elisabeth, mengatakan insiden terbaru dalam konflik bersenjata antara TNI dan kelompok pro-kemerdekaan Papua, berpotensi memicu “aksi balasan” yang membuat siklus kekerasan terus berulang.

Kendati begitu, ia mengatakan insiden ini bisa jadi momentum bagi pemerintah untuk “mengevaluasi pendekatan” dan menentukan cara yang tepat untuk menyelesaikan konflik bersenjata di wilayah itu.

Kekerasan bersenjata di Papua ‘meluas’, Polri-TNI dan OPM diminta ‘hentikan baku tembak’Wacana OPM ditetapkan jadi kelompok teror diduga bakal picu berbagai kesewenang-wenangan yang korbankan warga sipilPemerintah akan tambah dana dan jumlah provinsi, ‘Untuk apa ada Otsus kalau ada kekerasan?’

Perwira tinggi TNI pertama yang meninggal di Papua

Kepala BIN Daerah Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha, tewas ditembak dalam insiden yang terjadi pada Minggu (25/04). Mendiang merupakan perwira tinggi TNI pertama yang meninggal dalam konflik di Papua.

Kelompok pro-kemerdekaan Papua, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat – Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) mengeklaim “bertanggung jawab” atas penembakan itu, seperti diutarakan oleh juru bicara TPNP-OPM Sebby Sambom.

“TPNPB bertanggung jawab atas penembakan itu karena wilayah itu wilayah perang dan TPNPB sudah umumkan bahwa wilayah perang kami adalah Puncak Jaya, Lani Jaya, Ndugama, Timika dan Tembagapura,” ujar Sebby via sambungan telpon.

Deputi VII Bidang Komunikasi dan Informasi sekaligus juru bicara BIN, Wawan Hari Purwanto, mengungkapkan kontak tembak tersebut terjadi ketika apa yang disebutnya sebagai “Kelompok Separatis dan Teroris” Papua, melakukan penghadangan dan penyerangan terhadap rombongan kepala BIN Papua.

“Kehadiran Kabinda Papua di Kampung Dambet adalah dalam rangka observasi lapangan guna mempercepat pemulihan keamanan pasca aksi brutal Kelompok Separatis dan Teroris (KST) Papua di wilayah tersebut,” ujar Wawan.

Ia menambahkan kunjungan tersebut juga bertujuan sebagai upaya untuk “meningkatkan moril dan semangat” warga yang selama ini terganggu oleh “kekejaman dan kebiadaban Kelompok Separatis dan Teroris Papua”.

Lebih lanjut, Wawan menjelaskan bahwa insiden tersebut bermula saat patroli Satgas BIN bersama dengan Satgas TNI/Polri melakukan perjalanan menuju Kampung Dambet di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua.

Sekitar pukul 15.50 waktu setempat, rombongan itu dihadang oleh kelompok TPNPB-OPM yang dikepalai Lekagak Telenggen, sehingga terjadi aksi baku tembak di Kampung Dambet.

“Akibat kontak tembak tersebut Kabinda Papua tertembak dan gugur sebagai pahlawan di lokasi kejadian,” kata Wawan.

Menanggapi penembakan terhadap Kabinda Papua, Ketua Kajian Papua dari LIPI Adriana Elizabeth mengatakan “pertama kali ada perwira yang kemudian menjadi korban” dalam konflik Papua. Ia menyatakan kekhawatirannya atas potensi “aksi balasan” yang mungkin terjadi.

“Seperti juga sering berulang kali terjadi di wilayah Pegunungan Tengah itu bahwa kalau ada aparat keamanan yang jadi korban, pasti akan langsung dicari pelakunya. Itu nanti akan terus seperti itu siklusnya,” ujar Adriana.

“Apalagi ini seorang Kabinda, pejabat negara pula yang bertugas di Papua.”

Ditetapkan jadi kelompok teror

Akhir Maret lalu, wacana menetapkan TPNPB-OPM sebagai kelompok teror sempat mengemuka dan menuai pro dan kontra. Sebab, dinilai akan memicu kriminalisasi banyak warga sipil dengan tuduhan terlibat separatisme.

Selama ini, TPNPB-OPM dikategorikan sebagai kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Label “kelompok separatisme dan terorisme” digaungkan kembali oleh juru bicara BIN, Wawan Hari Purwanto.

Ia beralasan lembaganya mengategorikan TPNPB-OPM sebagai kelompok separatis dan teror. Sebab, menurutnya, kelompok itu telah membunuh sejumlah warga sipil dan guru, serta membakar rumah dan sekolah selama tiga pekan konflik berkepanjangan di Beoga.

“Yang jelas itu sudah bukan hanya menyerang aparat keamanan semata, maka kami lihat ini sudah bukan lagi kriminal biasa, sudah teror ini, teroris.”

Jenazah guru sekolah dasar Oktovianus Rayo yang meninggal akibat ditembak oleh kelompok bersenjata tiba di kamar jenazah RSUD Mimika, Papua, Sabtu (10/04).

“Maka dari hasil analisis Badan Intelijen Negara menyebutnya sebagai kelompok separatis dan teroris Papua,” jelas Wawan, seraya menambahkan “aksi brutal” tersebut adalah “pelanggaran berat”.

Dalam keterangan tertulis menanggapi insiden terbaru di Beoga, Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta pemerintah segera “mengambil sikap tegas” dan “mempertimbangkan status KKB di Papua menjadi kelompok teroris”.

Ia beralasan, kelompok tersebut telah mengancam keamanan masyarakat dan menciptakan rasa takut bagi warga sipil dikarenakan tindakan teror yang dilakukan oleh KKB.

“Seperti tindakan berupa ancaman kekerasan dan penggunaan senjata api yang menimbulkan efek ketakutan yang luas di tengah masyarakat,” ujar Bambang.

Sebanyak 500-an prajurit yang tergabung dalam Satuan Tugas Yonif Para Raider 432/Waspada Setia Jaya tiba di Kota Jayapura, 6 September 2020. Personel TNI/Polri secara berkala dikirim dari luar Papua.

Maka dari itu, menurutnya, KKB harus ditindak berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.

Ketika dimintai tanggapan, juru bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom mengaku “bangga” dengan label kelompok separatis, sebab tujuan perjuangan kelompoknya adalah untuk memisahkan diri.

“Tapi kalau disebut teroris itu kan tidak mungkin, dunia tidak mungkin akui Indonesia juga kata-kata itu,” cetusnya.

Akan tetapi, Ketua kajian Papua di LIPI, Adriana Elizabeth menegaskan “mengubah nama tidak otomatis menyelesaikan persoalan”.

“Kalau menurut saya lebih baik kita memahami akar separatis Papua. Di mana-mana, di banyak negara yang alami kasus serupa, itu biasanya akarnya politik dan ekonomi,” ungkap Adriana.

Lebih lanjut, Adriana mengatakan adanya perubahan pelaku pada anggota kelompok-pro kemerdekaan belakangan dengan banyak anggota usia muda “lebih militan”.

Seorang sopir ojek bernama Udin ditembak mati Tentara Nasional Pembebasan Papua Barat (TNPB) di Kampung Eromaga, Distrik Omukia, Kabupaten Puncak, Papua, Rabu (14/04).

“Apakah semua itu berbasis pada ideologi merdeka? Saya melihat aksinya lebih banyak kriminalitas dan premanisme. Apakah sudah tepat menamai kelompok itu sebagai teroris?,” katanya.

Alih-alih mengubah nama, kata Adriana, yang terpenting adalah mengetahui akar masalah dan mengevaluasi pendekatan penyelesaian konflik.

“Karena kalau kita lihat kan ini sudah dari 2018 dari kasus Nduga, kasus Tembagapura di Intan Jaya, kemudian sekarang sudah ke Kabupaten Puncak. Ini eskalasinya meningkat. Ada apa? Melihat kondisi ini saja kita harus berpikir kritis apakah kemudian mengubah nama ini menjadi solusi?.”

“Harus dievaluasi pendekatan seperti ini apakah masih efektif, kalau mau ditingkatkan seperti apa,” ujar Adriana.

‘Kejar dan tangkap’

Presiden Joko Widodo menyatakan “duka cita mandalam” atas tewasnya Brigjen TNI I Gusti Putu Danny serta menaikkan pangkatnya menjadi Mayor Jenderal.

Dalam kesempatan yang sama, ia telah memerintahkan Panglima TNI dan Kapolri untuk mengejar dan menangkap seluruh anggota kelompok kriminal bersenjata.

“Saya tegaskan tidak ada tempat untuk kelompok-kelompok kriminal bersenjata di tanah Papua maupun di seluruh pelosok tanah air,” tegas Jokowi ketika memberikan pernyataan secara daring pada Senin (26/04).

Adapun, juru bicara BIN, Wawan Hari Purwanto, mengatakan saat ini Satgas BIN dibantu unsur keamanan lainnya terus melakukan pengejaran terhadap kelompok tersebut.

“Kita terus melakukan pengejaran bersama aparat kemanan terkait di wilayah Papua, mengidentifikasi dan melakukan terus langkah-langkah mempersempit gerak mereka,” kata Wawan.

Wawan mengatakan, “akan ada evaluasi” penambahan pasukan yang dikerahkan di daerah konflik Papua. Sebab, menurutnya ada pertimbangan kepentingan dan kebutuhan lapangan yang mendesak.

“Selanjutnya tetap ada tindakan atau gerakan pengejaran lanjutan dan langkah-langkah yang lebih terstruktur,” katanya.

Konsekuensi ruang gerak semakin sempit karena pengerahan pasukan yang lebih agresif, dipahami oleh juru bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom, yang menyatakan “siap melayani” aparat Indonesia.

“TNI mau tambah pasukan seribu kah, seratus ribu kah, pasukan satu juta kah, silakan datang. TPNPB-OPM punya tanah kami punya sendiri, kami punya hutan, kami punya alam. Jadi TNI Polri silakan datang, TPNPB siap melayani dan sangat siap sekali,” kata dia.

Adriana Elizabeth dari LIPI menegaskan bahwa masyarakat di Papua yang telah lama berkelindan dengan konflik bersenjata antara TNI dan kelompok pro-kemerdekaan, akan semakin tertekan dengan aksi balasan yang kerap terjadi jika serangan satu pihak telah menyebabkan korban jiwa pada pihak lain.

“Masyarakat di daerah sangat khawatir dengan aksi balasan, situasinya akan semakin tidak aman. Tapi mungkin ini momentum untuk pemerintah mengevaluasi pendekatan apa yang tepat untuk menyelesaikan konflik bersenjata di wilayah itu,” katanya
sumber: bbc

Posted in Berita | Leave a comment

PASUKAN BURUNG HANTU

Ini cerita lama. Sekitar tahun 2018an deh kayaknya..

Lagi asyik ngopi sendirian, tiba-tiba disamperin orang2 besar dengan kulit rada hitam karena terbakar matahari. “Aduh, ada apa lagi ini ? ” Pikirku. Maklumlah, banyak banget yang ngancam waktu itu. Dan saya udah diingatkan banyak orang supaya hati-hati.

Meja saya pun dikelilingi oleh mereka. Tatapan mereka dingin dan bikin mental jatuh sesaat. “Bang Denny ya ? Denny Siregar, benar ?” Tanya seorang dari mereka. Mau ngaku, salah. Gak ngaku kok ya keblinger. Udah deh, pasrah aja.

“Iya..” Jawab saya lemah. Habis gua..

“Eh, benar dia Denny Siregar..” Yang nanya tiba2 sumringah. Yang lainpun ketawa. Duh, langsung nyesss. Ternyata mereka gak punya niat buruk. Legaaa rasanya.

Akhirnya kami nongkrong bersama. Dan body gua yang paling kecil. Mereka gede-gede, bok. Mereka pesan kopi dan mulai cerita-cerita.

Ternyata itu teman2 dari Densus. Ah, keren. Dan insting reporter saya bekerja. Saya banyak nanya ke mereka tentang banyak kejadian terorisme di negeri ini, dan mereka bercerita dengan asyiknya.

Dan, seperti sudah kebiasaan personel mereka, cerutupun dikeluarkan. Rupanya cerutu bagi Densus adalah lambang persahabatan. Kalau kita ditawari, berarti kita sudah dianggap sahabat.

Saya sudah lama sekali tidak berjumpa dengan mereka, pasukan burung hantu itu. Saya tahu, mereka sibuk sekali di lapangan. Begitu banyak kejadian yang bisa dicegah, karena mereka turun di lapangan.

Seperti kejadian di Condet kemaren, ketika Densus menyita bom2 mother of satan. Wah kalau gak dihadang, bayangkan apa yang terjadi di negeri kita ?

Pasukan hitam2 itu ketika dilapangan selalu memakai penutup muka. Mereka tidak boleh terkenal, karena berbahaya buat keluarga mereka. Ketika berhasil mereka tidak dipuji. Ketika gagal, merekalah yang pertama kali dimaki..

Selamat bekerja, teman2. Semoga selamat ketika dilapangan. Salam hormat buat kalian.

Semoga satu waktu, ketika longgar, kita bisa ngopi lagi bersama sambil cerita bagaimana menyelamatkan negara kita tercinta..

Seruputt..

Denny Siregar & fb

Posted in Berita | Leave a comment

WADUH, KETUA TIM PENGAMANAN PETAMBURAN DITANGKAP DENSUS 88 DI SUKABUMI

WE Online, Jakarta – Densus 88 Anti Teror Polri kembali menangkap satu orang terduga teroris yang masuk daftar pencarian orang (DPO) berinisial YI.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono saat dikonfirmasi Kamis malam, membenarkan penangkapan YI dilakukan di Sukabumi, Jawa Barat.

“Oke betul telah ditangkap 1 DPO terduga teroris berinisial YI,” kata Argo.

YI merupakan satu dari delapan terduga teroris yang ditetapkan sebagai DPO pada April 2021 lalu terkait dengan tersangka teroris yang ditangkap di wilayah Condet, Jakarta Timur dan Bekasi.

Dari delapan DPO terduga teroris tersebut, lima orang telah ditangkap dan menyerahkan diri, di antaranya AN, W, NF dan SB.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Pol Ramadhan menyebutkan, YI ditangkap pada Kamis. Terduga teroris YI merupakan warga Pasar Minggu, Jakarta Selatan, ditangkap di Desa Cimerang, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi.

Keterlibatan YI sebagai ketua tim pengamanan Petamburan, merencanakan dan membuat bom di rumah Husein Hasni, ikut dalam percobaan bom di Ciampea Bogor dan mengetahui pembelian remot serta aseton.

Rencana tindak lanjut atas penangkapan YI, Tim Densus 88 Anti Teror Polri wilayah melakukan penggeledahan, membawa tersangka ke Rutan Polda Metro Jaya dan melakukan interogasi. Pemburuan terduga teroris ini terkait dengan penangkapan empat terduga teroris di wilayah Jakarta, Bekasi dan Tangerang pada 29 Maret 2021 lalu.

Keempat terduga tersebut adalah BS, AJ, ZA dan WJ. Tiga dari empat tersangka teroris mengaku simpatisan organisasi yang dilarang oleh pemerintah. Bahkan ketiganya membuat video pengakuan terkait rencana teror yang akan dilakukan dengan meledakkan tempat usaha milik pengusaha China dan SPBU.
sumber: wartaekonomi

Posted in Berita | Leave a comment

KAUM NASIONALIS DI KPK JEBAK KADRUN, UMPAN DIMAKAN, KADRUN BERGELIMPANGAN

Manuel – Wacana pemecatan para kadal gurun lewat tes wawasan kebangsaan berhasil membuat orang-orang pendukung teroris di KPK keluar sarang dan terlebih memamerkan kedunguan mereka. Kena deh. Novel bahkan langsung menyantap jebakan luar biasa keren itu. Firli pun dituding mau pecat Novel.

Playing victim gagal. Justru Novel di tengah bulan Ramadan yang penuh dengan kebaikan, malah suudzon kepada Firli Bahuri. Nggak perlu mata yang lengkap untuk mengetahui keadaan ini. Butuh hati yang bersih untuk tidak suudzon. Malah Novel dan puluhan kadrun lain kena jebakan.

Secara, para kadal gurun yang masih ada di KPK dan yang sudah keluar dari KPK pun langsung merespons keras sekali terkait tes wawasan kebangsaan yang dianggap menjadi ajang untuk merusak, melemahkan dan bahkan membunuh KPK.

Saya melihat bagaimana orang-orang Taliban yang pandangannya hanya setengah mulai menggasak dan mau menghancurkan pimpinan KPK yaitu Irjen Firli Bahuri. Saya melihat bagaimana KPK ini yang ada di bawah pimpinan wadah pegawai KPK yang sangat tidak jelas arah ideologi kebangsaannya, sangat terganggu dengan keberadaan Firli.

Kita tahu bahwa yang bilang ada pemecatan pegawai KPK ini bukan siapa-siapa. Wacana pemecatan ini pun langsung direspons begitu liar dan digoreng habis oleh media-media Tempe busuk. Padahal wacana ini tidak jelas datang dari mana.

Sumber informasinya pun adalah orang dalam KPK sendiri yang sampai sekarang namanya tidak ada. Kita tahu di internal KPK ini terbagi dan terpecah menjadi dua jenis. Kalau bung Neta S Pane pernah mengatakan bahwa tadi KPK ada dua jenis polisi yaitu polisi Taliban dan polisi India, saya mengatakan kedua kelompok yang lain.

Mereka bukan polisi Taliban maupun polisi India. Namun mereka kadal radikal teroris dan garuda nasionalis. Saya yakin ada orang-orang KPK yang masih nasionalis sedang iseng mengeluarkan informasi bahwa gagalnya Novel Baswedan dan kadal lainnya terkait tes wawasan kebangsaan ini membuat mereka terancam dipecat.

Jebakan Batman yang disiapkan oleh orang-orang KPK kubu nasionalis ini menjadi sebuah jebakan yang efektif. Ternyata berhasil menjerat para kadal gurun yang bodoh itu. Mana mungkin gagal tes bisa dipecat?

Dan mereka dengan mudah dan mentah-mentah menelan umpan yang menjadi iseng-iseng tersebut. Dan kelihatannya pada akhirnya memang benar bahwa tidak ada pemecatan melainkan pembinaan lebih jauh lagi. Ngakak! Tapi ketahuan akhirnya siapa yang radikal kan? Cek saja statement kadal itu di media.

Pembinaan kepada orang-orang yang gagal tes termasuk Novel Baswedan untuk setia kepada NKRI dan keluar dari jalan Abdullah Hehamahua yang pernah menjadi pimpinan penasehat di KPK. Internal KPK ini sedang di indoktrinasi agar mereka bisa mendirikan negara khilafah.

Video negara yang dibawa oleh orang-orang radikal seperti Pelig Mobil dan juga Rizieq. Saya melihat bagaimana internal KPK ini memang terbagi menjadi dua. Padahal kita tahu dari ribuan pegawai KPK yang tidak lewat hanya 75.

Namun yang 75 itulah yang menjadi penggiring opini yang paling busuk di dalam sepak terjang KPK. Kalau Novel lulus mereka akan menganggap bahwa teks itu benar adanya dan adil. Tapi kalau Novel dan 75 orang lainnya tidak lulus karena mereka akan menganggap bahwa ujian tersebut adalah upaya melemahkan KPK.

Bahkan kalau mau dilihat, ada seorang admin Twitter milik seorang ulama di Australia tempat Indonesia diinjak-injak oleh Veronica Koman, mengatakan bahwa ini adalah bentuk elite dalam membagi-bagi kekuasaan yang menghalalkan korupsi.

Benar-benar mereka terjebak semua dalam permainan yang dikerjakan oleh orang-orang nasionalis. Candaan yang luar biasa keren sekali kalau mau dikata ya. Saya melihat bagaimana orang-orang KPK yang radikal ini ketakutan karena wadah pegawai KPK ini akan dibubarkan dengan segera dengan cara melakukan nasionalisme dan upaya membangkitkan kebangsaan.

Para kadal gurun itu gerah di dalam dan semak-semak. Ini ibarat Garuda menggebuk Semak, lalu kadal gurun keluar semua. Good job bro. Upaya ini benar-benar efektif untuk membongkar habis siapa orang-orang radikal di balik KPK yang ingin membentuk negara khilafah.

KPK ini bukan lagi komisi pemberantasan korupsi di bawah para kadal gurun ini. KPK ini mungkin menjadi komite pembentukan khilafah di negara Indonesia. Upaya pengambilalihan kepemimpinan ini terlihat dari kantor pers conference KPK yang tidak ada foto presiden Joko Widodo dan wakilnya Kyai Ma’ruf Amin. Dan setelah Firli Bahuri menjabat beberapa lama baru dipasang foto Jokowi dan temannya itu. Sudah paham, yang sayang? Semoga saja NKRI tetap menjadi junjungan tertinggi dari para pimpinan KPK sampai ke pegawai-pegawainya.

Dan ternyata dengar-dengar ada upaya orang-orang KPK menangkap Ahok Loh. Tapi ternyata nama Ahok saat itu lebih besar daripada nama KPK yang dulu dianggap keren. Sekarang jangankan keren, malah KPK isinya orang-orang perampok dan radikalisme. Kena jebakan orang nasionalis yang keren itu loh.

Begitulah keren-keren!

sumber: seword

Posted in Berita | Leave a comment

KAKORLANTAS POLRI KLAIM PENYEKATAN JALAN TIDAK MENGGANGGU MOBILITAS PEKERJA

TEMPO.CO, Jakarta -Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Istiono menanggapi video unjuk rasa buruh di KM 31 Tol Jakarta-Cikampek yang memprotes penyekatan peniadaan mudik. Menurut Istiono, aksi turun ke jalan itu disebabkan kesalahpahaman.

“Ada viral video di titik Cikarang Barat. Video viral tadi adalah bagian dinamika dari pada operasi ini,” kata Istiono dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 6 Mei 2021.

Menurut Istiono, upaya-upaya yang dilakukan jajaran khususnya Polda Metro Jaya melakukan rekayasa buka tutup satu titik. “Ini adalah langkah upaya untuk memperlancar arus lalin dan tentunya ada mobilitas masyarakat atau karyawan yang berjalan sekitar sini harus kita akomodir,” kata Istiono.

Istiono mengatakan kejadian itu hanya berlangsung sebentar karena anggota yang berada di titik penyekatan langsung mengurai arus lalu lintas untuk mengakomodir para pekerja dan berharap ke depan tidak ada kejadian terulang. “Jadi kejadian pagi tadi sempat viral namun langsung kita respon apa yang jadi keinginan masyarakat,” kata Istiono.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan bahwa unjuk rasa itu terjadi karena para pekerja dari Cikampek menuju Cikarang terhalang jalur buka tutup untuk mengurai kepadatan akibat adanya penyekatan keluar Jakarta.

“Mereka tidak bisa melintas karena ada penutupan jalur sehingga kemudian berhenti dan turun dari busnya. Kemudian memvideokan dan viral,” kata Sambodo menegaskan pernyataan Kakorlantas.
sumber: tempo

Posted in Berita | Leave a comment

HARI PERTAMA LARANGAN MUDIK, PENERBANGAN DI SOETTA DROP 90%

Jakarta, CNBC Indonesia – Penerapan larangan mudik yang dimulai Kamis (6/) berdampak pada aktivitas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Jumlah penerbangan merosot sampai 90% dibandingkan sebelum adanya larangan.

President Director PT AP II Muhammad Awaluddin mengatakan ketentuan peniadaan mudik pada hari pertama, 6 Mei 2021, berjalan optimal di bandara-bandara AP II, termasuk Soetta.

“Lalu lintas penerbangan di bandara AP II, termasuk Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar di Indonesia, mengalami penurunan hingga 90% dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya. Ini menandakan perjalanan memang tidak dilakukan masyarakat, kecuali dalam keadaan mendesak,” katanya dalam pernyataan resmi, Kamis (6/5).

Ia mengatakan bandara-bandara AP II ingin turut berkontribusi dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dengan menjalankan ketentuan peniadaan mudik dengan baik. Salah satunya dengan membentuk posko.

Awaluddin mengatakan posko di 19 bandara AP II bertugas antara lain untuk menjalankan fungsi monitoring dan pemeriksaan dokumen-dokumen atau surat-surat keterangan tersebut.

Ia bilang Posko Monitoring dan Pemeriksaan ini merupakan posko gabungan seluruh stakeholder yakni Satgas Penanganan COVID-19, Otoritas Bandara, maskapai, AP II, TNI/Polri, Pemda, Karantina, Imigrasi, serta Bea dan Cukai, yang bertugas antara lain melakukan pemeriksaan dokumen persyaratan perjalanan bagi pelaku perjalanan yang dikecualikan dari larangan, mencatat kriteria orang dalam perjalanan, serta berkoordinasi penuh untuk memastikan penerapan protokol kesehatan seperti phyisical distancing dan sebagainya.

Posko-posko di bandara AP II ini juga terintegrasi dan terkoneksi dengan posko nasional di Kemenhub.

“Akses CCTV dan FIDS [Flight Information Display System] yang ada di posko di 19 bandara AP II terhubung langsung dengan posko di Kemenhub, sehingga memperkuat pengawasan oleh regulator,” ujar Muhammad Awaluddin.

Ia bilang penerbangan yang ada di bandara-bandara AP II hari ini sudah mampu mengakomodir kebutuhan bagi pelaku perjalanan dengan keperluan mendesak.

Sejumlah maskapai telah mengkonfirmasi tidak melayani penerbangan di bandara-bandara AP II pada 6 – 17 Mei 2021, sebagai upaya mendukung pemerintah terkait ketentuan peniadaan mudik guna mencegah penyebaran COVID-19.

Bagi calon penumpang yang sebelumnya sudah memiliki tiket penerbangan di tanggal itu, maskapai memberikan sejumlah opsi, seperti yang diinformasikan oleh Lion Air Group yaitu: proses pengembalian dana (refund), proses perubahan jadwal keberangkatan (reschedule and rebook), dan proses perubahan rute penerbangan (reroute).

Penerbangan untuk Keperluan Khusus

Pada 6 – 17 Mei 2021 ditetapkan sebagai periode peniadaan mudik. Pada periode tersebut, sesuai Surat Edaran Satgas Penanganan COVID-19 Nomor 13 tahun 2021, larangan perjalanan lintas kota/kabupaten/provinsi/negara dikecualikan bagi pelaku perjalanan dengan keperluan mendesak untuk kepentingan nonmudik, yaitu:

– Bekerja/perjalanan dinas,

– Kunjungan keluarga sakit

– Kunjungan duka anggota keluarga meninggal

– Ibu hamil yang didampingi 1 orang anggota keluarga, dan kepentingan persalinan yang didampingi maksimal 2 orang.

Adapun pelaku perjalanan lintas kota/kabupaten/provinsi/negara pada masa peniadaan mudik wajib memiliki surat izin perjalanan tertulis dengan ketentuan:

1. Bagi pegawai instansi pemerintah/ASN/pegawai BUMN/pegawai BUMD, prajurit TNI dan anggota Polri: melampirkan print out surat izin tertulis dari pejabat setingkat eselon II yang dilengkapi tanda tangan basah/tanda tangan elektronik pejabat setingkat eselon II;

2. Bagi pegawai swasta: melampirkan print out surat izin tertulis dari pimpinan perusahaan yang dilengkapi tanda tangan basah/tanda tangan elektronik pimpinan perusahaan;

3. Bagi pekerja sektor informal: melampirkan print out surat izin tertulis dari kepala desa/lurah yang dilengkapi tanda tangan basah/tanda tangan elektronik kepala desa/lurah;

4. Bagi masyarakat umum nonpekerja: melampirkan print out surat izin tertulis dari dari kepala desa/lurah yang dilengkapi tanda tangan basah/tanda tangan elektronik kepala desa/lurah;
sumber: cnbc.

Posted in Berita | Leave a comment

COVID-19 INDIA: VARIAN MUTAN GANDA TERKAIT DENGAN SERANGAN GELOMBANG KEDUA VIRUS CORONA YANG MENEWASKAN RATUSAN RIBU ORANG

Penasihat ilmiah utama pemerintah telah memperingatkan bahwa gelombang ketiga tidak bisa dihindari

“Varian mutan ganda” virus corona yang pertama kali ditemukan di India pada Maret lalu memiliki kaitan dengan serangan gelombang kedua yang menewaskan ratusan ribu orang dan menyebabkan sistem kesehatan kewalahan.

Sampel yang mengandung mutan – atau varian B.1.617 – telah ditemukan di beberapa negara bagian India yang memiliki jumlah kasus tinggi.

Seorang pejabat di Pusat Pengendalian Penyakit Nasional mengatakan mereka masih belum dapat sepenuhnya membuat korelasi.

Mutan ganda terjadi ketika dua mutasi bersatu dalam virus yang sama.

Sementara itu, India melaporkan rekor 412.000 kasus dalam kurun waktu 24 jam pada hari Rabu (06/05), dengan 3.980 kematian.

Sejumlah negara bagian telah melaporkan kematian tertinggi mereka dalam satu hari

Penasihat ilmiah utama pemerintah juga memperingatkan akan gelombang ketiga tidak bisa dihindari.

Dalam jumpa pers di Kementerian Kesehatan, penasihat K Vijay Raghavan mengakui bahwa para ahli tidak mengantisipasi “keganasan” lonjakan kasus tersebut.

“Fase tiga tidak bisa dihindari, mengingat tingginya tingkat virus yang beredar,” tambahnya dalam jumpa pers. “Tapi tidak jelas pada skala waktu apa fase tiga ini akan terjadi … Kita harus bersiap untuk gelombang baru.”

Lonjakan kasus saat ini telah membuat sistem kesehatan kewalahan dengan kelangkaan tempat tidur rumah sakit, oksigen, dan bahkan ruang krematorium yang terbatas.

Beberapa negara bagian berada di bawah pembatasan lockdown dan pemberlakuan jam malam lokal, tetapi pemerintah enggan memberlakukan lockdown secara nasional, karena khawatir akan berdampak pada ekonomi.

Di mana varian ‘mutan ganda’ ditemukan?

Dari sekitar 13.000 sampel yang diambil dan diurutkan, lebih dari 3.500 adalah varian yang menjadi perhatian – termasuk B.1.617 – di delapan negara bagian.

Varian B.1.617 ditemukan di beberapa negara bagian yang mengalami lonjakan tajam seperti Maharashtra, Karnataka, Benggala Barat, Gujarat dan Chhattisgarh.

Selama lebih dari sebulan, Delhi (pemerintah India) bersikeras bahwa varian tersebut tidak memiliki kaitan dengan lonjakan saat ini.

Ahli virologi Shahid Jameel mengatakan kepada wartawan BBC Vikas Pandey sebelumnya bahwa langkah India melihat dengan serius mutasi ini cukup terlambat – di mana proses pengurutan baru dilakukan ‘dengan benar’ pada pertengahan Februari 2021 lalu.

India mengurutkan lebih dari 1% dari semua sampel saat ini. “Sebagai perbandingan, Inggris mengurutkan pada 5-6% pada puncak pandemi. Tetapi Anda tidak dapat membangun kapasitas seperti itu dalam semalam,” katanya.

Meskipun pemerintah pusat sekarang mengatakan ada korelasi, ia menambahkan keterkaitan tersebut tidak “sepenuhnya stabil”.

“Korelasi epidemiologis dan klinisnya tidak sepenuhnya kuat … tanpa korelasi, kami tidak dapat membangun hubungan langsung dengan lonjakan apa pun. Namun, kami telah menyarankan negara bagian untuk memperkuat respons kesehatan masyarakat – meningkatkan pengujian, isolasi cepat, mencegah keramaian, vaksinasi,” Sujeet Singh dari Pusat Pengendalian Penyakit Nasional.

India sumbang setengah kasus dunia

Sejumlah negara bagian telah memberlakukan karantina wilayah, termasuk Punjab.

Sejumlah negara bagian melaporkan kematian tertinggi dalam satu hari pada Rabu kemarin – termasuk negara bagian utara Uttar Pradesh, Haryana dan Punjab dan Tamil Nadu dan Karnataka di selatan.

Negara bagian barat Maharashtra, yang memiliki kasus tertinggi selama pandemi, melaporkan 920 kematian.

Namun, para ahli mengatakan jumlah itu bisa jauh lebih tinggi karena kurangnya pengujian, dan kematian yang tidak dilaporkan.

Dalam laporan mingguan, Organisasi Kesehatan Dunia WHO mengatakan, India menyumbang hampir setengah kasus virus corona yang dilaporkan di seluruh dunia minggu lalu, dan seperempat kematian.

Delegasi India yang melakukan perjalanan ke pertemuan Menteri Luar Negeri G7 di London minggu ini, melakukan isolasi diri setelah dua anggotanya dinyatakan positif Covid-19.

Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar yang melakukan perjalanan dengan delegasi ke London mengatakan akan menghadiri seluruh pertemuan puncak secara virtual.

Stok vaksin yang ‘mengering’

Varian India dikhawatirkan kebal terhadap vaksin yang ada, meskipun para ilmuwan mengatakan belum ada bukti meyakinkan.

India tidak dapat memenuhi program vaksinasi yang ambisius – pada awalnya ingin memvaksinasi 300 juta orang pada bulan Juli – dan terjadi penurunan tajam karena kekurangan dosis.

Hanya 269 juta orang dari populasi 1,4 miliar telah menerima kedua suntikan, dan sekitar 128 juta hanya menerima satu dosis.

Stok vaksin di negara ini hampir mengering, dengan kelompok usia terakhir yang memenuhi syarat – orang dewasa di bawah usia 45 tahun – berjuang untuk mendaftar.

Para ahli mengatakan penguncian dan vaksinasi adalah satu-satunya jalan keluar, tetapi pemerintah perlu bertindak sekarang untuk memutus rantai.

Vaksin salah satu kunci

Semakin banyak jumlah kasus Covid yang dialami suatu negara, semakin besar kemungkinan muncul varian-varian baru. Hal itu disebabkan setiap kali penularan memberikan kesempatan kepada virus untuk berubah dan yang dikhawatirkan adalah mutasi dapat mengancam kemanjuran vaksin.

“Cara mencegah munculnya varian ganas pertama-tama adalah mencegah virus bereplikasi pada manusia… jadi jalan terbaik mengendalikan varian-varian adalah mengendalikan jumlah penyakit di dunia yang ada saat ini,” jelas Profesor Sharon Peacock, direktur konsorsium Covid-19 Genomics UK (Cog-UK).

Layanan kesehatan kewalahan melayani pasien Covid-19, bahkan satu ranjang digunakan untuk dua pasien.

Karantina wilayah dan penerapan jaga jarak bisa mengatasi hal itu, namun vaksinasi juga penting.

Program vaksinasi di India berjalan lamban. Sejauh ini kurang dari 10% penduduknya telah mendapat vaksin dosis pertama dan kurang dari 2% mendapat dosis penuh.

Itulah gambaran yang terjadi dalam program vaksinasi di India, meskipun negara itu menjadi markas dari produsen vaksin terbesar di dunia, yakni Serum Institute of India.

Faktor tersebut juga bisa menjelaskan mengapa lonjakan kasus di India juga berdampak pada negara-negara lain di dunia.

Sebagai contoh, pada Maret lalu ketika kasus mulai meningkat di sana, pihak berwenang setempat menghentikan sementara ekspor vaksin Oxford-AstraZeneca.

Larangan ekspor itu mencakup alokasi vaksin untuk skema PBB, Covax, yang ditujukan kepada negara-negara berpendapatan rendah dan menengah.

Kebijakan tersebut tentu akan berdampak pada program vaksinasi di banyak negara. Pasalnya, India akan mengalokasikan lebih banyak vaksin untuk keperluan domestik, ketimbang mengekspornya, di tengah upaya menggenjot produksi.

Dalam situasi yang genting ini, para ilmuwan mengingatkan bahwa vaksinasi adalah prioritas.

“Kita harus menggalakkan vaksinasi secepat mungkin, jika tidak virus akan mencoba dan melakukan semua cara untuk terus menyebar dari satu orang ke orang lainnya,” kata ilmuwan WHO, Dr Soumya Swaminathan.

Secara global, pandemi ini belum menunjukkan tanda-tanda berakhir, setelah virus menghancurkan negara demi negara. Dengan demikian, lapor wartawan BBC News urusan sains global, Rebecca Morelle, situasi di India merupakan pengingat suram bahwa tak seorang pun di dunia aman sampai semua orang aman.
sumber: bbc

Posted in Berita, Informasi Kesehatan | Leave a comment

SUNGGUH, SAYA MENGHARGAI GERAK CEPAT PEMERINTAH KOTA SURABAYA

Semenjak saya masih wali kota di Solo, saya sudah mengangankan tentang sampah-sampah kota yang diolah dan dimanfaatkan jadi energi listrik. Angan-angan itu berlanjut sampai saya jadi gubernur, sampai jadi Presiden.

Sekarang, Kota Surabaya mewujudkannya. Siang tadi, saya meninjau dan meresmikan fasilitas Pengolahan Sampah menjadi Energi Listrik (PSEL) yang berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo. Sungguh, saya menghargai gerak cepat pemerintah Kota Surabaya dalam merealisasikan fasilitas tersebut.

Saya meminta kota-kota lain untuk mengikuti apa yang telah dilakukan di Surabaya ini. Payung hukumnya sudah saya keluarkan, antara lain Peraturan Presiden Nomor 35 Tahun 2018 tentang Percepatan Pembangunan Instalasi Pengolah Sampah Menjadi Energi Listrik Berbasis Teknologi Ramah Lingkungan.

Selain Kota Surabaya, ada 11 kota lain yang ditunjuk dalam Perpres ini. Yakni, DKI Jakarta, Tangerang, Tangerang Selatan, Bekasi, Bandung, Semarang, Surakarta, Makassar, Denpasar, Palembang, dan Manado.

fb Presiden Joko Widodo

Posted in Berita | Leave a comment

2024, AKANKAH PARTAI UMMAT MERAIH SIMPATI PUBLIK?

Putri Diani – Partai Ummat baru saja dideklarasikan. Bernafaskan Islam, Partai Ummat disokong sejumlah nama yang telah aktif di politik, misalnya Amien Rais, MS Kaban, Hanafi Rais dan beberapa orang lainnya. Bahkan, kabar terakhir Buni Yani akan masuk dalam jajaran partai tersebut. Usut punya usut, jika pembentukan Partai Ummat juga menjadi perhatian publik sejak beberapa waktu ke belakang. Sebab, Amien Rais membentuk partai tersebut pasca konflik dengan Zulkifli Hasan di Kongres V PAN, 11 Februari 2020.

Di berbagai kesempatan, Amien Rais kerap menyampaikan bahwa Partai Ummat bakal menjadi saluran politik dalam menegakkan keadilan dan memberantas kezaliman. Tapi, kita perlu berpikir lagi, apakah benar yang dikatakan oleh Amien Rais? Kita perlu melihat sejauh mana perkataan Amien Rais tersebut. kan tetapi, tak ada yang tahu bagaimana dan seberapa lama Partai Ummat mampu menjalankan fungsinya. Respons publik terhadap partai baru itu biasa-biasa saja.

Dengan respon yang biasa-biasa, kita sudah bisa menilai jika asyarakat Indonesia sudah paham dengan eksistensi partai politik selama ini. Masyarakat, akan memberikan respons yang biasa saja atau bahkan sinis dengan kemunculan partai baru karena tidak berpengaruh kepada kehidupan mereka secara konkret.

Respons publik yang biasa saja terhadap Partai Ummat, bukan karena faktor Islam dalam identitas yang diusungnya. Setiap parpol yang muncul, apapun ideologi yang diusung, tidak pernah disambut antusias oleh publik. Tahun lalu, PSI dan Perindo dianggap biasa saja oleh masyarakat. Hingga akhirnya, banyak manuver yang dilakukan PSI hingga akhirnya PSI mulai diperhatikan oleh publik.

Respon masyarakat biasa saja dan tidak ada yang spesial karena pada dasarnya parpol di Indonesia punya cacat bawaan. Bekerja kalau mau pemilu saja. Hal tersebut disambut publik dengan hambar bahkan cenderung sinis, karena mereka orientasinya untuk kepentingan mereka

Partai politik dibentuk dengan tujuan mengikuti pemilihan umum (pemilu). Begitu pula dengan Partai Ummat. Partai yang digawangi Amien Rais itu bakal sulit mendapat suara besar. Ada beberapa alasan yang dia utarakan. Pertama, masyarakat Indonesia memposisikan Islam sebagai identitas sosial. Bukan politik. Oleh karena itu, jika Partai Ummat mengedepankan keislamannya, maka justru akan sulit mendapat suara yang besar dalam pemilu.

Islam hanya untuk identitas sosial bukan preferensi politik. Itu yang bisa menjelaskan partai Islam itu selalu kalah. Kedua, Partai Ummat harus bersaing dengan partai Islam lainnya yang sudah memiliki banyak pemilih tetap. Sebut saja Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Jika dianalisis lebih jauh, Partai Umat ini akan mengambil basis PKS dan PAN. Untuk PAN sendiri, sebelumnya Amien Rais berasal dari PAN. Sehingga, kedepan jika Partai Ummat ini direstui pada tahun politik mendatang, basis Muhammadiyah akan terpecah menjadi dua. Namun, apakah Partai Ummat akan mendapatkan suara yang unggul?

Dalam dua periode pemilu di Indonesia, partai-partai baru sulit lolos. Bahkan, pada tahun politik 2019, sejumlah partai lama malah terjun bebas. Partai Bulan Bintang sudah masuk jajaran Jokowi untuk menggeret suara. Nyatanya, partai tersebut gagal untuk menaikan suara. Partai Ummat pun diprediksi bakal sulit jika bertekad menggerus suara dari partai Islam yang sudah ada. Partai-partai lain sudah memiliki mesin politik yang kuat dan solid, sehingga tak mudah untuk merebut pemilihnya.

Masalah yang seringkali muncul dari parpol baru ini, suka mengganggu atau bernafsu merebut basis pemilih partai Islam lain. Hal lainnya yang diperhatikan mayoritas masyarakat menggunakan hak suara saat pemilu didasari sejumlah faktor. Pertama, mayoritas masyarakat akan memilih dengan tokoh yang sudah dikenalnya. Terutama, kinerja politiknya menjelang pemilu.

Kedua, faktor ketokohan pemimpin atau sosok kunci dalam partai. Adi mencontohkan, seperti Partai PDIP dengan sosok Megawati atau trah Soekarno-nya. Partai Demokrat dengan Susilo Bambang Yudhoyono, dan Gerindra dengan Prabowo Subianto. Sehingga yang dikenal bukan platform misi dan visi partai. Namun, sosok partai tersebut. Bagaimana dengan sosok Amien Rais? Kita perlu menilai jika sosok Amien Rais ini, sudah kadaluarsa untuk sejumlah perpolitikan di Indonesia.
sumber: seword

Posted in Berita | Leave a comment