DINAS PETERNAKAN DAN PERIKANAN HUMBAHAS BERHASIL TAMBAH POPULASI SAPI DAN KERBAU 101 EKOR MELALUI INSEMINASI BUATAN

Foto Dok/Bastian – INSEMINASI BUATAN : Dinas Peternakan dan Perikanan Humbahas, saat melaksanakan inseminasi buatan terhadap ternak kerbau baru-baru ini di salah satu kecamatan di Humbahas.

Humbahas (harianSIB.com) – Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) melalui Dinas Peternakan dan Perikanan berhasil menambah populasi ternak sapi dan kerbau sebanyak 101 ekor melalui inseminasi buatan (kawin suntik).

Kadis Peternakan dan Perikanan Humbahas Parman Lumban Gaol melalui Kabid Peternakan, Bastian Sihombing kepada wartawan, Sabtu (11/3/2023) menjelaskan, inseminasi buatan itu merupakan salah satu program unggulan mereka dalam meningkatkan mutu genetik ternak sebagai upaya peningkatan populasi dan produksi ternak dengan metode penyerentakan birahi (sinkronisasi birahi).

“Kelahiran ternak sapi dan kerbau hasil inseminasi buatan dari tahun 2022 sampai dengan Maret 2023 mencapai 101 ekor yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Humbang Hasundutan,” kata Bastian.

Lebih lanjut dijelaskan, peningkatan populasi dan produksi ternak sapi dan kerbau hasil inseminasi buatan itu bakal terus bertambah dan diperkirakan di periode September – Oktober 2023 mendatang akan lahir sapi dan kerbau sebanyak 70 ekor.

“Dinas Peternakan dan Perikanan juga akan terus melaksanakan kegiatan inseminasi buatan terhadap ternak milik masyarakat secara gratis secara berkelanjutan,” katanya.

Ditambahkan, sampai dengan saat ini jumlah akseptor yang sudah terlayani sudah mencapai 159 ekor, dengan harapan kegiatan itu akan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat peternak dan menjadikan daerah itu jadi salah satu sentra pengembangan ternak sapi dan kerbau di Provinsi Sumatera Utara.

“Pada tahun 2023 Dinas Peternakan dan Perikanan Humbang Hasundutan akan melaksanakan kegiatan inseminasi buatan di setiap kecamatan. Sehingga diimbau kepada masyarakat untuk melakukan inseminasi terhadap ternak sapi dan kerbau yang dimiliki untuk meningkatkan mutu genetik ternak yang dipelihara saat ini dengan melakukan koordinasi langsung dengan petugas Dinas Peternakan dan Perikanan Humbang Hasundutan,” pungkasnya. (BR7)
sumber: hariansib

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.