SUHU ANJLOK, DIPERKIRAKAN PECAHKAN REKOR MALAM NATAL TERDINGIN

Air mancur di Charleston, South Carolina menjadi es, saat suhu udara diperkirakan mencapai 32 derajat Fahrenheit (Nol derajat Celcius), 24 Desember 2022.

Serangan udara dingin dari Arktik di sebagian besar wilayah Amerika, Sabtu (24/12) menyebabkan listrik padam di lebih dari 700.000 rumah dan bisnis. Setidaknya 16 orang tewas akibat kecelakaan mobil terkait cuaca ekstrem dan ribuan orang terlantar karena pembatalan penerbangan.

Suhu udara yang anjlok diperkirakan akan mencatat rekor dan menjadi Malam Natal terdingin. Sistem energi di seluruh negara itu keberatan beban dengan meningkatnya permintaan akan pemanas dan rusaknya jalur transmisi terkait badai.

Angka terbaru jumlah rumah dan bisnis yang terkena pemadaman listrik itu merupakan penurunan tajam dari 1,8 juta pada Sabtu pagi, menurut situs pelacakan pemadaman listrik, Poweroutage.us.

Banyak perusahaan listrik terus meminta pelanggan agar menghemat listrik dengan tidak mengoperasikan peralatan besar dan mematikan lampu bila tidak diperlukan.

Duke Energy, Sabtu sore (24/12) memberi tahu pelanggan bahwa mereka telah mengakhiri pemadaman listrik bergilir selama 15-30 menit di North dan South Carolina. Pemadaman bergilir dimulai Sabtu pagi hingga listrik tambahan tersedia.

Gangguan itu mengacaukan rutinitas harian dan rencana liburan jutaan orang Amerika dalam salah satu periode perjalanan tersibuk tahun ini.

Regu penyelamat dari satuan pemadam kebakaran kota Kansas berupaya mengangkat mobil minivan yang terpelosok ke Sungai Brush di Kansas City, Missouri, 22 Desember 2022. (Nick Wagner/The Kansas City Star via AP)

Kansas City fire department rescue workers work to recover a minivan that went into Brush Creek in Kansas City, Mo., on Dec. 22, 2022.

Lebih dari 2.700 penerbangan dibatalkan pada Sabtu. Total penundaan mencapai lebih dari 6.400, menurut layanan pelacakan penerbangan FlightAware. Hampir 6.000 penerbangan dibatalkan pada Jumat, kata FlightAware.

American Automobile Association (AAA) memperkirakan bahwa 112,7 juta orang akan menempuh jarak 80 kilometer atau lebih dari rumah antara 23 Desember dan 2 Januari. Namun badai dingin menjelang akhir pekan kemungkinan besar memaksa banyak orang diam di rumah.

Kecelakaan mobil terkait cuaca di seluruh Amerika menewaskan sedikitnya 16 orang. Ratusan lainnya terdampar di jalan yang tertutup es dan salju, menurut laporan media.

Di Erie County, di bagian utara New York, sekitar 500 pengendara terjebak dalam kendaraan mereka Jumat malam hingga Sabtu pagi. Pasukan Garda Nasional dikerahkan untuk membantu penyelamatan, kata Eksekutif Erie County Mark Poloncarz kepada media. Setidaknya satu orang ditemukan tewas di dalam mobil, katanya.[ka/es]
sumber: voa

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.