SAAT KERATON SOLO DISERBU 50 ORANG HINGGA TERJADI BENTROKAN DAN 4 ORANG TERLUKA…

KOMPAS.com – Keraton Kasunan Surakarta atau Keraton Solo, Jawa Tengah, diserbu 50 orang hingga bentrokan pun pecah, Jumat (23/12/2022) pukul 19.00 WIB.

Dalam bentrokan itu, 4 orang terluka dan dilarikan ke rumah sakit. Sementara cucu raja disebut ditodong seseorang yang diduga oknum polisi.

Salah satu korban luka adalah Putri kedua Sri Susuhunan Pakubuwana XIII, Gusti Raden Ayu (GRAy) Devi Lelyana Dewi.

Devi menceritakan, saat itu tiba-tiba 50 orang masuk merangsek ke keraton. Ia berusaha untuk menahannya namun gagal karena diserbu puluhan orang.

“Penyebabnya saya tidak tahu. Tiba-tiba sekitar 50 orang mau masuk, mengunci pintu Kamandungan,” kata Devi dilansir dari Tribunnews, Sabtu (24/12/2022).

“Tangan saya dipukul pakai bambu saat melepaskan kawat. Ini saya mau visum (untuk proses hukum),” ujar Devi.

Sementara itu, cucu Sri Susuhunan Pakubuwono XIII, BRM Suryo Mulyo mengaku dirinya ditodong senjata api jenis pistol oleh seseorang yang diduga anggota Polri saat bentrokan terjadi.

“Saya diginiin (mengisyarakan tangan seperti ditodongkan senjata api),” kata Suryo.

“Bisa diam tidak, Mas? Jangan karena saya tidak memakai seragam lantas Anda menyepelekan aparat,” ungkap Suryo menirukan ucapan orang yang menodongkan senjata kepadanya.

Konflik internal di Keraton Solo itu terjadi antara kubu Sri Susuhunan Pakubuwono (PB) XIII dengan kubu Gusti Moeng (putri PB XIII) atau Lembaga Dewan Adat (LDA).

Selama ini, Keraton Solo ditinggali Gusti Moeng atau Kanjeng Ratu Wandansari. Gusti Moeng mengaku ada upaya pengusiran dari Keraton Solo yang dilakukan oleh kubu Sasonoputro.

Gusti Moeng menyebut, pihak Sasonoputro mengerahkan 50 orang untuk menyerbu dan mengusir keluarga Gusi Moeng dari keraton.

Sementara itu, empat orang terluka dalam bentrokan tersebut dan dilarikan ke rumah sakit.

“Iya, dari Satgas 4 orang luka bocor di kepala,” kata kuasa hukum KRA Christophorus Aditiyas Suryo Admojonegoro, Agung Susilo.

Bantah penodongan

Terkait tudingan ada penodongan terhadap kerabat Keraton Solo atau cucu raja, Kapolresta Solo Kombes Pol Iwan Saktiadi membantahnya.

Iwan menegaskan tidak ada penodongan yang dilakukan anggotanya.

“Jadi untuk informasi yang berkembang bahwa penodongan oleh anggota saya nyatakan tidak ada. Dan anggota yang melakukan pengamanan di sana sudah dilakukan pemeriksaan oleh internal Polri di Polda, ” kata Iwan kepada wartawan di Pos Pelayanan (Posyan) Benteng Vastenburg Solo, Jawa Tengah, Minggu (25/12/2022).

Iwan kembali menegaskan, tidak ada penodongan anggota.

“Kalau pun ada anggota yang disiapkan untuk pengamanan di sana dibekali senjata memang sudah SOP kami Polri bahwa setiap anggota yang berdinas salah satunya dibekali dengan senjata,” sambung dia.

Menurutnya, anggota yang melakukan pengamanan di keraton sedang diperiksa. Pemeriksaan ini menyusul adanya informasi mengenai penodongan senjata tersebut.

“Dan anggota yang melekat di sana itu sedang dilakukan pemeriksaan oleh internal Polri di Polda,” ungkap dia. (Sebagian dikutip dari sumber Kompas.com/ Penulis: Kontributor Solo, Labib Zamani | Editor: Khairina)
sumber: kompas

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.