BADAI SALJU AS: 200 JUTA WARGA AMERIKA BERTAHAN DI TENGAH ‘BADAI SALJU BESAR’, SUHU UDARA ‘ANJLOK KE MINUS 55 DERAJAT’ HINGGA AIR PANAS MENJADI SALJU

SUMBER GAMBAR,GETTY IMAGES
Keterangan gambar,
Badai diperkirakan akan membawa angin kencang dan tumpukan salju tebal, membuat kondisi perjalanan berbahaya menjelang liburan akhir dan awal tahun.

Sekitar 200 juta warga Amerika merasakan es yang menggigit dan badai musim dingin besar yang sejauh ini diperkirakan telah menyebabkan 12 orang meninggal dunia sebelum akhir pekan ini.

Lebih dari 1,5 juta orang tak mendapatkan pasok listrik dan ribuan penerbangan dibatalkan pada Jumat lalu.

Badai besar ini menyapu lebih dari 3.200km, dari Texas ke Quebec.

Bom topan, yakni keadaan di mana tekanan udara di atmosfer turun tajam, telah mengakibatkan kondisi salju tebal di area Great Lakes dan perbatasan AS-Kanada.

Di Kanada, Ontario dan Quebec merasakan badai yang bermula dari Arktik, yang juga mengakibatkan pemadaman listrik bagi ratusan ribu rumah.

Air panas langsung berubah menjadi salju di Montana yang beku.

Temperatur yang turun tajam juga bisa menyebabkan radang dingin (frostbite) pada kulit hanya dalam waktu lima hingga 10 menit saja, kata para ahli.

Badai musim dingin Arktik yang kuat telah menempatkan lebih dari 135 juta orang di bawah peringatan cuaca akhir pekan, menjelang hari-hari tersibuk dalam setahun – Natal dan Tahun Baru.

Peringatan itu membentang dari pantai ke pantai dan mencapai wilayah selatan, sejauh perbatasan AS-Meksiko dan Florida, Negara Bagian Sunshine.

Udara dingin bisa membawa Natal tahun ini menjadi yang paling dingin dalam beberapa dekade terakhir, prediksi ramalan cuaca.

Layanan Cuaca Nasional (NWS) AS mengatakan, suhu diperkirakan mencapai -45C (-50F) dan bahkan menyentuh lebih dari -55C (-70F) pada akhir pekan ini di beberapa wilayah.

Lembaga itu memperingatkan wilayah-wilayah metro utama, seperti kota Des Moines dan Iowa, akan ancaman radang dingin yang menimbulkan bahaya besar bagi manusia.

Radang dingin (frostbite) terjadi karena aliran darah berkurang, seringkali ke bagian tubuh ekstremitas seperti hidung dan pipi atau jari tangan dan kaki.

Kurangnya darah hangat itu dapat menyebabkan pembekuan dan pecahnya jaringan, dan dalam beberapa kasus, amputasi.

Ahli meteorologi mengatakan badai musim dingin bisa menjadi “bom topan” pada hari Jumat.

Bom topan adalah istilah yang diberikan untuk badai eksplosif yang meningkat dengan cepat, dengan tekanan udara sentralnya turun setidaknya 24 milibar dalam 24 jam.

“Ini tidak seperti hari bersalju ketika Anda masih kecil, ini adalah hal yang serius,” kata Presiden Joe Biden dalam pengarahan di Gedung Putih, Kamis lalu.

Massa udara Arktik diproyeksikan membawa hembusan angin kencang dan suhu -9,4C (15F) ke El Paso, Texas, tempat banyak para migran tidak berdokumen tinggal dan tidur di jalan-jalan kota.

Gubernur negara bagian New York, Kathy Hochul, mengumumkan keadaan darurat untuk mengantisipasi badai tersebut.

Ancaman banjir dan sumbatan es “akan mendatangkan banyak malapetaka di komunitas kami”, katanya. Sumbatan es terjadi ketika bongkahan es berukuran besar menghalangi aliran sungai dan dapat menyebabkan banjir.

Gubernur di Kentucky, Carolina Utara, Virginia Barat, Georgia, dan juga Oklahoma juga telah mengumumkan keadaan darurat, sementara Wisconsin menyatakan “darurat energi”.

Kondisi dingin dan badai salju yang ekstrem menyebabkan kekacauan – dan bisa mematikan

Gubernur Ohio, Mike DeWine, menyebut cuaca ini sebagai “situasi yang unik dan berbahaya”, terutama karena banyak orang bepergian bersama orang yang dicintai selama Natal.

Florida diproyeksikan akan mengalami Natal terdingin dalam 30 tahun.

Layanan Cuaca Nasional AS menggambarkannya sebagai musim dingin “sekali dalam satu generasi”, mengatakan pada hari Kamis bahwa “angin menggigil yang mengancam jiwa” akan menyerang pantai timur pada hari Jumat.

Layanan Cuaca Nasional memperingatkan aka nada lebih dari 100 catatan suhu dingin harian yang memecahkan rekor selama beberapa hari ke depan.

• Di Colorado, suhu turun ke rekor terendah -9F dari 42F pada hari Kamis

• Kota Cheyenne, Wyoming, mencatat rekor penurunan suhu terbesar dalam satu jam, setelah naik dari 43F ke 3F dalam waktu 30 menit. Di tempat lain di negara bagian barat, suhu turun hingga -35F

• Hampir belasan rekor suhu rendah juga terjadi di negara tetangga Montana

• Kondisi badai salju telah melanda Dakota Utara dan Dakota Selatan

• Di Chicago, peringatan badai musim dingin berlaku hingga Sabtu, membawa serta beberapa inci salju dan angin dengan kecepatan 50mph (80 km/jam).

• Di Kanada, sebagian besar Ontario dan sebagian Quebec juga bersiap menghadapi badai musim dingin besar yang diperkirakan akan berlangsung hingga akhir pekan Natal.

Lebih dari 5.300 penerbangan di AS telah dibatalkan pada Kamis dan Jumat, menurut situs pelacakan penerbangan FlightAware.

Untuk mengantisipasi gangguan perjalanan, maskapai besar termasuk United, Delta dan American telah menawarkan pembebasan biaya bagi para pelancong yang ingin menjadwal ulang penerbangan mereka.

Jalan di sepanjang perbatasan Colorado-Wyoming ditutup pada hari Rabu karena jarak pandang hampir nol.
sumber: bbc

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.