BANYAK PEMAIN TIMNAS BERDARAH CAMPURAN, INI WILAYAH ASAL IMIGRAN PRANCIS

Anggota tim nasional sepak bola Prancis berisi banyak pemain keturunan negara lain. Kesuksesan tim “Ayam Jantan” di Piala Dunia 2018 dan di 2022 ini kembali menjadi sorotan karena peran para imigran dalam membuat sepak bola Prancis menjadi bersinar.

Salah satu bintang sepak bola Prancis berdarah campuran yang namanya bersinar di Piala Dunia 2022 adalah Kylian Mbappe. Penyerang kiri Prancis peraih sepatu emas di Piala Dunia Qatar itu memiliki orang tua imigran, di mana ayahnya berasal dari Kamerun dan ibunya dari Algeria.

Lalu, ada pula Zinedine Zidane, yang pernah membawa Prancis sebagai juara Piala Dunia 1998. Zidane diketahui merupakan keturunan Algeria.

Menurut data Institut National de la Statistique et des Etudes Economiques (Insee), Prancis memiliki sekitar 7 juta penduduk imigran pada 2021 atau setara 10,3% dari total penduduk Prancis yang mencapai 65,6 juta jiwa. Tercatat, mayoritas imigran Prancis pada tahun lalu berasal dari wilayah Afrika.

“Pada tahun 2021, 47,5% imigran yang tinggal di Prancis lahir di Afrika,” kata Insee di situs resminya.

Selanjutnya, sebanyak 33,1% imigran Prancis berasal dari Eropa. Diikuti dari Asia dan Amerika & Oseania masing-masing sebanyak 13,6% dan 5,8%.

Negara kelahiran imigran terbanyak adalah Aljazair (12,7%), Maroko (12%), Portugal (8,6%), Tunisia (4,5%), Italia (4,1%), Turki (3,6%) dan Spanyol (3,5%). %).

“Setengah dari imigran berasal dari salah satu dari tujuh negara ini (49%),” ujar Insee.
sumber: databoks.katadata

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.