PIALA DUNIA, TIM EROPA SIAL DI ASIA, AMERIKA LATIN MANDUL DI AFRIKA

Messi mengangkan tropi piala dunia. (Twitter/FIFA World Cup)

Doha, Gatra.com- Argentina akhirnya menjadi juara Piala Dunia 2022 di Qatar. Lewat pertandingan paling seru sepanjang final Piala Dunia, Messi dan kawan-kawan mengukuhkan dominasi tim Amerika Latin di Asia. Sekaligus menjadikan Asia tempat sial bagi tim Eropa.

Tim Tango bertarung di babak final melawan Prancis di Lusail Stadium, Qatar, Minggu (18/12) malam WIB. Duel berakhir 3-3 (4-2), dimana pemenangnya ditentukan lewat adu pinalti. Empat penembak jitu Argentina sukses membobol gawang Hugo Lloris. Sedangkan penendang Prancis hanya dua yang sukses menjebol gawang Emiliano Martinez.

Piala dunia sepanjang sejarahnya banyak digelar di Eropa atau Amerika (Latin). Piala dunia baru digelar dua kali di Asia dan sekali di Afrika. Pada gelaran Piala Dunia 2002 di Jepang dan Korea Selatan, Brasil tampil sebagai juara setelah menekuk Jerman, 2-0.

Sedangkan ketika Piala Dunia digelar di Afrika Selatan, Spanyol tampil sebagai juara setelah mengalahkan Belanda di final, 1-0. Jerman menjadi juara ketiga setelah menekuk Uruguay 3-2. Eropa dominan ketika Piala Dunia digelar di Afrika.

Pada Piala Dunia 2026 akan diadakan di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. Untuk pertama kalinya turnamen ini dibagi tiga negara berbeda. Apakah Tim Amerika Latin akan digdaya lagi, atau Tim Eropa mengulang kejayaan Jerman di Brazil 2014, dimana Der Panzer menghabisi Argentina 1-0.
sumber: gatra

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.