WALI KOTA MALANG GERAM TABLOID ANIES BASWEDAN DISEBAR DI MASJID MUHAMMAD AMINUDIN

Tabloid Anies Baswedan yang disebar di Masjid Al Amin Kota Malang saat salat Jumat. (Foto: Muhammad Aminudin/detikJatim)

Malang – Wali Kota Malang Sutiaji bereaksi keras atas beredarnya sebuah tabloid berisi kesuksean Anies Baswedan di Masjid Al Amin, Jalan Pelabuhan Tanjung Perak. Sutiaji geram karena masjid dijadikan sasaran kepentingan politis.
“Jangan membawa dan menarik-narik urusan berbau politik ke tempat ibadah. Walaupun domainnya itu domainnya ibadah masing-masing,” tegas Sutiaji, merespons peredaran tabloid tersebut, Senin (19/9/2022).

Sutiaji khawatir tabloid itu memicu persoalan atau kekacauan di tengah umat. Sebab, tabloid itu disebarkan di masjid yang merupakan tempat ibadah.

“Nanti dapat menimbulkan kekacauan umat, pro dan kontra. Jangan sampai nilai-nilai baik yang ada di sana itu hilang,” imbuhnya.

Pemkot Malang, kata Sutiaji, akan mengeluarkan edaran yang ditujukan kepada Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Malang agar kejadian serupa tak terulang kembali. Surat edaran itu diharapkan bisa mengantisipasi munculnya kontraproduktif di tengah masyarakat.

“Saya akan memberikan anjuran untuk DMI (Dewan Masjid Indonesia). Akan saya suruh buat selebaran, surat edaran ya, supaya tidak terjadi kontraproduktif. Jadi ini tempat ibadah jangan sampai dibuat untuk kampanye atau sebagainya,” ungkapnya.

Selain itu, surat edaran itu juga sebagai langkah antisipasi agar umat tak ditarik ke kepentingan politik.

“Iya lebih awal (antisipasi), jangan ditarik-tarik, karena kasihan umat nanti. Kalau di tempat umum, saya kira silakan. Kalau di masjid saya akan buat selebaran ke DMI (Dewan Masjid Indonesia),” tukasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebuah tabloid berisikan kesuksesan Anies Baswedan mendadak menyebar di Kota Malang. Tabloid itu dibagikan kepada jemaah Masjid Al Amin, Kota Malang saat salat Jumat.

Jika dilihat, tabloid bernama KBAnewspaper berisi 12 halaman. Tabloid tersebut edisi cetak 28 Februari 2022. Cover-nya memajang foto Anies dengan judul ‘MENGAPA HARUS ANIES?’. Seluruh isi kontennya mengulas soal Anies Baswedan.

Di boks redaksi tabloid tersebut, tertera nama Ramadhan Pohan sebagai Founder/CEO. Namun, tidak ada alamat jelas di mana kantor tabloid itu.
sumber: detik

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.