PROFIL JIM GEOVEDI ‘SI PENYIHIR’ SATELIT, HACKER INDONESIA REPUTASI KELAS DUNIA

Ilustrasi – Profil Jim Geovedi. (Instagram/@geovedi)

Suara.com – Nama Jim Geovedi turut menarik perhatian warganet ketika hacker Bjorka berhasil meretas situs pemerintah dan membocorkan beberapa informasi sensitif di Tanah Air. Siapa Jim dan bagaimana sepak terjangnya? Berikut profil Jim Geovedi yang dirangum dari berbagai sumber.

Jim Geovedi kerap disebut sebagai hacker dengan reputasi kelas dunia. Ia lahir di Bandar Lampung pada 28 Juni 1979. Dunia informatika tak menjadi fokusnya ketika remaja karena setelah lulus SMA, ia lebih tertarik dengan dunia grafis.

Profil Jim Geovedi

Menurut situs web miliknya, jim.geovedi.com, ia tertarik dengan dunia pemrograman setelah bermain dengan perangkat sederhana yang kala itu sudah terhubung dengan koneksi internet. Awalnya, ia bergabung dengan komunitas dalam sebuah forum chat di saluran IRC.

Dalam komunitas itu ia belajar secara otodidak tentang pemrograman. Pernah, dengan waktu riset dua tahun, Jim berhasil membuat sistem operasi FreeBSD dan OpenBSD yang membuat namanya meroket di komunitasnya.

Pada tahun 2006, Jim pernah diundang jadi pembicara tentang isu sistem keamanan satelit. Kala itu, atas permintaan China sendiri, mereka meminta Jim membobol situs mereka untuk evaluasi sistem keamanannya saat itu.

Jim berhasil mengubah arah satelit dan bahkan bisa menggeser satelit yang jadi targetnya. Hal ini malah menjadi bumerang bagi China karena kewalahan akan ulah Jim.

Nama Jim semakin mendunia dan kerap wara-wiri di media asing, seperti BBC dan DW. Dalam sebuah wawancara dengan media Jerman, ia mengatakan sanggup mengendalikan jaringan internet di Tanah Air. Luar Biasa.

Kini, pria yang menyebut dirinya sendiri sebagai wizard atau ‘penyihir’ itu tinggal di Jakarta bersama istrinya, Yolanda dan tiga ekor anjing yang kerap muncul dalam berbagai foto di akun Instagramnya.

Masih dari sumber yang sama, Jim kini disibukkan dengan berbagai kegiatan seperti menjadi pendiri, penasihat, dan investor di beberapa perusahaan Internet.

Melalui situs webnya, ia juga menyiratkan kesibukan lainnya sebagai mentor bagi para anak muda yang tertarik belajar ilmu informatika untuk “memimpin tim penyihir muda dan penyihir untuk membuat mantra tingkat lanjut.”

Kekinian nama Jim Geovedi diseret dalam kasus Bjorka. Ia dituduh sebagai teman Bjorka, peretas yang membocorkan data pribadi para pejabat pemerintah, memiliki lebih dari semiliar data SIM card hingga mengumbar surat rahasia presiden.

Itulah profil Jim Geovedi yang dirangkum berbagai sumber. Semoga ini bisa menjadi motivasi bagi kalian untuk terus berkembang di dunia yang positif tanpa harus merugikan orang lain karena salah menggunakan kepandaian.
sumber: suara

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.