DIBAWA KE BI, DUIT PULUHAN JUTA DIMAKAN RAYAP DI SOLO TAK BISA DITUKAR

Dibawa ke BI, uang seplastik milik penjaga SD di Solo ini tak bisa ditukar, Selasa (13/9/2022). Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikJateng

Solo – Penjaga SD Lojiwetan Solo, Samin (53), membawa uang puluhan juta rupiah yang dimakan rayap miliknya ke Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo. Namun, ada satu plastik uang rusak miliknya yang kecil kemungkinannya untuk bisa ditukar dengan uang baru.
Kedatangannya di KPw BI Solo, Selasa (13/9/2022) sore, diterima oleh Kepala KPw BI Solo, Nugroho Joko Prastowo. Samin mendapatkan penjelasan bahwa uang yang dapat ditukar ialah yang masih tersisa lebih dari dua per tiga bagian atau 68 persen.

“Uang bisa ditukar dengan yang baru jika masih dapat menunjukkan dua per tiga bagian atau 68 persen,” kata Joko dalam pertemuan itu.

Kemudian Joko meminta Samin untuk mencoba merangkai pecahan uang yang sudah rusak itu agar bisa mencapai 68 persen. Samin sendiri sudah memilah beberapa uang yang masih berwujud lembaran, meskipun ada bagian berlubang.

“Kalau yang sudah rusak parah itu coba dirangkai, barangkali ketemu yang sesuai nomor serinya. Kalau yang rusak sedikit itu nanti lebih mudah mengeceknya,” ujar Joko.

Kemudian tim dari BI mencoba mengecek kondisi uang Samin menggunakan alat khusus. Beberapa uang yang dicek hasilnya kurang dari 68 persen.

“Nanti juga kami cek dengan alat manual dan tetap kita bantu, karena ini kan juga bukan kesengajaan,” ujarnya.

Samin kemudian diminta agar kembali datang pada Kamis lusa dengan membawa uang yang sudah disatukan. Sebab penukaran uang memang dilayani hanya pada Kamis.

“Untuk masyarakat yang ingin menukar uang bisa datang di hari Kamis dengan mendaftar terlebih dahulu lewat pintar.bi.go.id,” kata dia.

Sementara itu, Samin mengaku agak kecewa karena uangnya yang sekitar Rp 50 juta itu tidak bisa seluruhnya ditukar. Namun dia harus mengikhlaskan uang tersebut.

“Ya agak kecewa karena ternyata yang ini (satu plastik) tidak bisa ditukar. Tapi ini memang sudah risiko saya. Ke depan saya akan langsung tabung di bank,” ujar Samin kepada wartawan.
sumber: detik

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.