ANIES: SERING SEKALI KITA DENGAR “YANG PENTING KERJA, KATA-KATA TAK PENTING”

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Gedung Teknis, Jalan Abdul Muis, Kamis (1/2/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memuji RSIA Budi Kemuliaan yang merupakan rumah sakit swasta berusia 116 tahun. Anies bercerita sejarah berdirinya rumah sakit ini terinspirasi dari buku RA Kartini yang berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang.

“Inspirasi itu menjadi dasar pegiat ini membuat perkumpulan (Budi Kemuliaan) ini. Judul buku itu Habis Gelap Terbitlah Terang yang dibuat RA Kartini,” ujar Anies di RSIA Budi Kemuliaan, Jakarta Pusat, Jumat (2/2/2018).

“Yang menarik, tolong garis bawahi, RA Kartini tidak pernah menjadi bidan. RA Kartini tidak pernah mendidik bidan, RA Kartini menuliskan pikiran dengan kata-kata,” kata Anies.

Menurut Anies, ini merupakan bukti kekuatan kata-kata. Kata-kata RA Kartini yang terangkum dalam buku itu mengilhami perkumpulan Budi Kemuliaan untuk membuat rumah sakit.

Anies menyinggung banyak yang meremehkan kekuatan kata-kata pada akhir-akhir ini. Banyak yang hanya mementingkan kerja.

“Hari ini sering sekali kita menganggap yang penting kerja, kata-kata tidak penting. Saudara sekalian, RA Kartini adalah bukti paling otentik bahwa Budi Kemuliaan hadir karena kekuatan kata-kata. Jangan pernah remehkan kekuatan kata-kata,” kata Anies.

Anies menyampaikan itu saat meresmikan program Si Dukun 3 in 1 atau Sistem Integrasi Layanan Kependudukan 3 in 1. Mereka yang hadir dalam peresmian itu bertepuk tangan mendengar kata-kata Anies.

Anies meminta jangan juga meremehkan orang-orang yang bekerja karena terinspirasi dengan kata-kata. Sebab, bukan tidak mungkin kata-kata itu berubah menjadi kenyataan.

Di Pemprov DKI sendiri, kata Anies, dia sudah mengajarkan untuk bekerja dengan gagasan, narasi, dan kerja.

“Bahaya sekali kalau kita hanya melakukan kerja tanpa narasi, tanpa gagasan. Tempat ini adalah contoh konkret bagaimana gagasan menjadi kata-kata lalu diterjemahkan dalam karya dan efeknya 116 tahun,” ujar Anies.
sumber: kompas

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.