PEMERINTAH TETAPKAN IDUL FITRI 1443 H JATUH PADA 2 MEI 2022

Foto: Menteri Agama Yaqut Chalil Qoumas. (Istimewa)

JAKARTA, Waspada.co.id – Kementerian Agama memutuskan 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada Senin, 2 Mei 2022. Keputusan ini disampaikan oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas usai menghadiri hasil sidang isbat di Kementerian Agama.

“Berdasarkan sikap posisi Hilal di seluruh Indonesia sudah di atas ufuk secara mufakat tadi, sidang isbat menetapkan bahwa satu Syawal 1443 Hijriyah jatuh pada hari Senin tanggal 2 Mei 2022 Masehi,” katanya di Jakarta, Minggu (1/5).

Dalam keterangannya, Yaqut menjabarkan, berdasarkan tim yang memantau hilal di berbagai titik di seluruh Indonesia, tinggi hilal di seluruh Indonesia di atas ufuk, yaitu berkisar 4 derajat 0,59 menit sampai 5 derajat 33,57 menit

“Informasi hitungan hisap telah dikonfirmasi tugas Kementerian Agama di daerah yang kita tempatkan di 99 tempat titik rukyat di seluruh provinsi tanah air Indonesia dari 99 titik ada yang melaporkan sebagaimana tadi dilaporkan oleh direktur Urusan Agama Islam dan pembinaan Syariah,” ungkapnya.

Dengan posisi demikian, maka secara astronomis atau hisab, hilal dipastikan telah terlihat. Hal ini selanjutnya terkonfirmasi oleh pernyataan para peruqyah yang diturunkan Kementerian Agama.

Pada tahun ini, rukyah dilaksanakan Kementerian Agama pada 88 titik di Indonesia. Berdasarkan hasil pemantauan tersebut, dalam sidang Isbat menyepakati bahwa 1 Syawal 1443 H jatuh pada Selasa 2 Mei 2022. (wol/merdeka/ril/d2)
sumber: waspada

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.