PEMERINTAH SIAPKAN TRANSISI PANDEMI COVID-19 KE ENDEMI, APA ARTINYA?

KOMPAS.com – Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, pemerintah tengah menyiapkan skenario transisi pandemi ke endemi.

Pernyataan tersebut Luhut sampaikan pada konferensi pers evaluasi PPKM (Senin, 21/2/2022), merespons beberapa negara yang sudah mulai pelonggaran pandemi menuju endemi, seperti Inggris, Denmark, Singapura.

“Usulan konsep, kriteria, dan indikator pandemi ke endemi dari waktu ke waktu, masih akan terus disempurnakan dengan para pakar dan ahli di bidangnya,” katanya dikutip dari Kompas.com.

Transisi dari pandemi ke endemi, imbuh Luhut, harus memenuhi target tingkat vaksinasi lengkap dan booster, terutama bagi masyarakat lanjut usia (lansia).

Lalu, apa itu endemi? Bagaimana roadmap hidup bersama Covid-19?

Apa itu endemi?

Dikutip dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat CDC, endemi adalah penyakit yang menjangkit suatu daerah atau populasi masyarakat tertentu.

Kemunculan suatu penyakit dapat dikatakan sebagai endemi, jika terjadi secara konsisten dan memang biasa terjadi di dalam suatu populasi atau area geografis tertentu.

Artinya, penyakit endemi akan selalu ada di wilayah tertentu dan hidup berdampingan bersama masyarakat.

Contoh penyakit endemi di Indonesia adalah demam berdarah dengue (DBD) dan malaria.

Pandemi menuju endemi

Sementara itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memasukkan suatu penyakit ke dalam kategori pandemi saat penyakit tersebut menyebar cepat dan menyerang penduduk dunia, seperti Covid-19.

Jika penyakit tersebut akhirnya dapat dikendalikan dalam suatu wilayah, tetapi masih menyebar di wilayah lain, maka status pandemi berubah menjadi epidemi.

Epidemi adalah penyakit yang menjangkit secara cepat dan luas hanya di wilayah tertentu.

Kemudian, saat epidemi akhirnya menjadi endemi, artinya penyakit tersebut benar-benar sudah dapat dikendalikan dan akan selalu berdampingan dengan masyarakat.

Level endemi inilah, dikatakan oleh CDC, adalah level penyakit tingkat dasar yang paling diharapkan dari suatu wabah penyakit.

Roadmap hidup bersama Covid-19

Sebelumnya, diberitakan oleh Kompas.com (11/9/2021), Presiden Joko Widodo pernah mengarahkan seluruh pihak untuk mulai menyiapkan transisi pandemi ke endemi, lantaran Covid-19 belum diketahui kapan akan hilang.

Atas arahan tersebut, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada 9 Agustus 2021, menyampaikan roadmap atau peta jalan untuk hidup berdampingan dengan Covid-19.

Kondisi virus corona yang lama hilang tentu menuntut adanya pengaturan protokol kesehatan yang bukan hanya menekan penularan infeksi, tetapi juga memungkinkan masyarakat beraktivitas seperti biasa.

“Untuk itu kami akan segera melakukan pilot project yang mengatur penerapan dari protokol-protokol kesehatan di enam aktivitas utama,” ujar Budi.

6 aktivitas utama roadmap

Sementara itu, enam aktivitas utama yang disebutkan Budi mencakup sejumlah sektor, di antaranya:

Perdagangan, baik modern maupun tradisional, seperti mal atau departemen store, atau juga perdagangan tradisional seperti pasar basah atau toko-toko kelontong

Kantor dan kawasan industri

Transportasi, baik darat, laut, dan udara

Pariwisata

Keagamaan

Pendidikan

“Arahan beliau (Presiden) agar dipastikan bahwa protokol kesehatan yang nantinya akan mendampingi kehidupan kita ke depan itu benar-benar bisa praktis, bisa juga digital atau berbasis IT, dan juga bisa mengamankan kehidupan kita sehari-hari,” ujar Budi.
sumber: kompas

This entry was posted in Berita, Informasi Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *