BADAN POM TARGETKAN VAKSIN MERAH PUTIH DAPAT EUA BULAN JULI 2022

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Vaksin Merah Putih, vaksin Covid-19 buatan Indonesia, ditargetkan mendapatkan Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada bulan Juli 2022.
Kepala Badan POM Republik Indonesia Penny K. Lukito menyampaikan, saat ini Vaksin Merah Putih yang dikembangkan oleh Universitas Airlangga sedang dalam tahap pertama dan sudah menyelesaikan uji pra klinik kepada hewan.

“Ini sedang persiapan fasilitas produksinya karena ini kan diproduksi oleh satu fasilitas baru sebagai produksi vaksin human atau manusia yang kedua,” katanya saat pemantauan vaksin booster di Jogja Expo Center, Sabtu (15/1/2022).

Ia menambahkan, dalam masa pandemi ini, ketahanan serta kemandirian dalam membuat terobosan-terobosan baru termasuk memproduksi vaksin sendiri merupakan hal yang penting.

Sehingga, dapat mendorong bertambahnya industri farmasi yang memproduksi vaksin bagi manusia.
“Insya Allah ini adalah kebanggaan kita tentunya, suatu vaksin diteliti, di-research, dihasilkan oleh anak bangsa dalam hal ini dan nanti akan diproduksi di dalam fasilitas farmasi kita sendiri,” ujar dia.

Badan POM siap untuk mendampingi produksi obat dalam negeri dan dapat memenuhi aspek cara produksi obat yang baik, serta pengawasan dengan ketat.
Dengan pengawasan, ketat diharapkan produksi vaksin dapat terjaga kualitasnya.
“Didampingi betul-betul oleh badan POM memenuhi aspek-aspek cara produksi obat yang baik dengan sangat ketat sehingga nanti kualitas vaksin kita jaga sekali,” katanya.

Lebih lanjut, Penny menyampaikan, untuk Vaksin Merah Putih saat ini dalam waktu dekat masuk uji pra klinik dan sedang menunggu uji klinikal.
“Insya Allah di awal Februari, akan segera kita launching uji klinik fase satu,” katanya.
Setelah itu langkah selanjutnya adalah pemberian EUA diharapkan dapat diberikan pada bulan Juli mendatang.
“Harapannya adalah sekitar bulan Juli sudah bisa diberikan EUA dan bisa diproduksi secara massal di tahun 2022 ini,” kata dia.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Khofifah Puji Vaksin Merah Putih dan Motor Listrik Buatan Universitas di Jatim

Khofifah Siap Jadi Orang Pertama yang Disuntik Booster Vaksin Merah Putih

Dukung Pengembangan Vaksin Merah Putih, Menkes Budi: Saya Berdoa, Mudah-mudahan Lancar…

Vaksin Merah Putih Diproduksi Massal pada 2022, Ini Tahapannya

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.
Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.
Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.
Kita peduli, pandemi berakhir!
sumber: kompas

This entry was posted in Berita, Informasi Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *