TAHUN 1922 SAMPAI 2022: DARI INSULIN UNTUK OBAT DIABETES HINGGA MUMI FIRAUN, PERISTIWA 100 TAHUN LALU YANG MENGUBAH SEJARAH DUNIA

Cara kita menjalani hidup dan bagaimana masyarakat telah beradaptasi dalam seabad terakhir telah berubah dalam banyak hal.

Penemuan-penemuan baru telah dibuat, berbagai karya tercipta, dan begitu banyak bangunan dirancang dan dikembangkan.

Mari kita melihat kembali sejarah atas beberapa hal yang terjadi 100 tahun yang lalu, tepatnya pada 1922. Jadi, ikutlah bersama kami, melangkah mundur sejenak ke masa lalu.

Radio mengudara di Inggris

Anak-anak mendengarkan siaran dari perangkat radio di tahun-tahun awal penemuannya.

Gagasan mengirim dan menerima sinyal secara nirkabel dalam bentuk radio pertama kali dikembangkan pada tahun 1890-an oleh penemu asal Italia, Guglielmo Marconi. Namun baru pada tahun 1922 British Broadcasting Company memulai layanan berita harian pertamanya di London.

Marconi dan sekelompok pembuat radio berada di balik bentuk penyiaran baru ini, di mana segmen berita, musik, dan pembicaraan memenuhi gelombang udara hanya beberapa jam setiap hari.

Dan cukup itu saja. Tidak ada stasiun lain. Tidak ada TV. Begitulah cara masyarakat menerima berita dan hiburan di rumah mereka pada tahun 1922. Jika mereka cukup beruntung untuk memiliki satu set radio!

Siaran televisi eksperimental belum terjadi sampai tahun 1929.

Mumi Firaun, Tutankhamun ditemukan di Mesir

Howard Carter memeriksa penemuan mumi Raja Mesir Tutankhamun di Mesir pada 1922 dan temuan itu berhasil mencengangkan dunia.

Pada November 1922, arkeolog Inggris Howard Carter dan timnya membuat penemuan yang mencengangkan.

Digali setelah lebih dari 3.000 tahun, ruang pemakaman raja muda ‘Tut’ ditemukan di Lembah Para Raja, Mesir.

Setelah menggali makam itu selama beberapa tahun, ribuan benda tak ternilai dan luar biasa ditemukan, termasuk yang paling menakjubkan – mumi Firaun, Tutankhamun yang meninggal di usia 18 tahun yang diawetkan dengan sempurna, terbungkus dalam peti mati yang terbuat dari emas murni.

Penemuan ini langsung menangkap imajinasi publik pada saat itu, ketika surat kabar dan layanan radio menerbitkan setiap penemuan baru, dengan lebih banyak artefak yang ditemukan selama beberapa tahun setelahnya.

Turnamen Wimbledon berganti tempat, hanya pria yang ikut bertanding di awal

Kejuaraan Tenis Wimbledon pertama berlangsung pada tahun 1877. Tidak ada perempuan yang diizinkan bermain, hanya pria – dengan raket yang terbuat dari kayu.

Baru pada tahun 1884 All England Club mengizinkan perempuan untuk bermain, dan selama beberapa dekade berikutnya tenis menjadi semakin populer.

Dibangun di atas empat hektar padang rumput di Wimbledon, barat daya London, situs aslinya itu ternyata tidak cukup besar untuk menjadi tuan rumah acara tersebut, dan turnamen tenis yang telah terkenal itu harus pindah rumah.

Dilengkapi dengan 12 lapangan rumput dan sebuah lapangan tengah baru yang mengkilap, yang dibuka oleh Raja George V pada tanggal 22 Juni 1922, tempat baru tersebut menjadi tuan rumah Kejuaraan Wimbledon hingga kini.

Negara Irlandia merdeka didirikan

Pemimpin kelompok nasionalis Irlandia yang belakangan menjadi Presiden Republik Irlandia, Eamon de Valera, saat berpidato di Dublin pada 1922.

Perang Kemerdekaan Irlandia, konflik tiga tahun antara Republik Irlandia dan Pasukan Inggris, berakhir dan sebuah perjanjian ditandatangani pada tahun 1921 dalam upaya untuk mengakhiri permusuhan.

Pada Desember 1922 sebagian besar Irlandia menjadi sebuah negara dengan pemerintahan sendiri, yang disebut Negara Irlandia Merdeka, bebas dari pemerintahan Inggris, sementara beberapa wilayah paling utara tetap menjadi bagian dari Britania Raya, yang dikenal sebagai Irlandia Utara.

Diputuskan bahwa Dublin menjadi ibu kota Negara Irlandia dan akan diatur secara terpisah dari Irlandia Utara. Baru pada tahun 1937 konstitusi baru berganti nama menjadi bangsa Éire atau Irlandia.

Pada tahun 1949 Irlandia akhirnya menjadi Republik dan meninggalkan Persemakmuran Inggris sepenuhnya, mengakhiri 700 tahun pemerintahan kolonial Inggris.

Insulin digunakan untuk mengobati diabetes

Insulin saat pertama kali diberikan kepada manusia.

Salah satu penemuan terbesar abad ke-20 adalah insulin, bahan kimia dalam tubuh yang dibuat oleh organ yang disebut pankreas, yang mengontrol kadar gula dalam darah Anda.

Diabetes adalah suatu kondisi yang menyebabkan kadar gula darah seseorang menjadi terlalu tinggi atau rendah. Ada dua jenis – tipe 1 dan tipe 2.

Mempelajari cara mengontrol kadar insulin adalah kunci dalam merawat penderita diabetes.

Jadi temuan insulin ditemukan pada tahun 1921 adalah salah satu terobosan obat terbesar.

Mesin baru yang membantu penderita diabetes.

Setelah beberapa tes laboratorium menyusul penemuan tersebut, dan tes yang berhasil pada seekor anjing juga, para ilmuwan pertama kali menggunakan insulin untuk mengobati diabetes pada manusia pada 11 Januari 1922.

Pasiennya adalah Leonard Thompson, seorang anak laki-laki berusia 14 tahun yang nyawanya terancam karena diabetes tipe 1.

Sukses besar, Leonard diselamatkan dan produksi massal insulin dimulai pada tahun yang sama, terus merawat dan menyelamatkan jutaan penderita diabetes.
sumber: bbc

This entry was posted in Berita, Informasi Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *