BUKAN PENGGANTI MASKER, BEGINI CARA TEPAT PENGGUNAAN FACE SHIELD

Merdeka.com – Meski kini aktivitas sudah berangsur normal, bukan berarti virus Covid-19 bisa disepelekan. Pasalnya, jika lengah sedikit dalam menerapkan protokol kesehatan, tak menutup kemungkinan bisa dengan mudah terjangkit virus Covid-19.

Hal ini tentu perlu diwaspadai. Apalagi kasus Covid-19 di Indonesia belum benar-benar hilang. Dari data Kementerian Kesehatan yang disampaikan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 pada Selasa (23/11), terdapat tambahan kasus baru sebanyak 394. Angka tersebut lebih tinggi dibanding data pada Senin (22/11).

Oleh karena itu, penting untuk mewaspadai kehadiran Covid-19 di sekitar kita. Anjuran untuk mengenakan masker sebagai bentuk proteksi diri pun nggak boleh ditinggalkan. Nggak hanya fokus pada masker, berbagai alat perlindungan diri seperti hand sanitizer dan face shield pun kini juga jadi barang andalan saat beraktivitas dan bertemu orang.

Tapi sayangnya, banyak yang merasa sudah cukup aman saat hanya mengenakan face shield. Hal tersebut memang tidak salah. Pasalnya, face shield juga merupakan salah satu alat pelindung diri yang bisa mengurangi risiko penularan Covid-19. Meski begitu, mengandalkan face shield saja sebagai alat pelindung tidak dianjurkan.

Dilansir dari akun resmi Satgas Covid-19, CDC (Centers for Disease Control) tidak merekomendasikan penggunaan face shield sebagai pengganti masker. Fungsi face shield sendiri bisa digunakan untuk perlindungan tambahan pemakaian masker. Itu artinya, pemakaian face shield tetap harus bersamaan dengan penggunaan masker yang benar.

Seperti diketahui, virus Covid-19 dapat menular melalui droplet yang sangat kecil. Droplet tersebut bisa mengenai hidung, mata, atau mulut melalui celah face shield di bawah dan samping wajah. Oleh karena itu, penggunaan face shield tetap harus bersamaan dengan penggunaan masker.

Selain tetap menggunakan masker yang aman dan sesuai ketentuan WHO, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak juga harus terus dilakukan di mana pun dan kapan pun. Dengan tingginya mobilitas masyarakat kini, virus Covid-19 masih mengintai di sekitar kita. Jangan lupa untuk terus memperketat protokol kesehatan terutama saat libur natal dan tahun baru 2021 mendatang.(mdk/snw)
sumber: merdeka

This entry was posted in Berita, Informasi Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *