INTELIJEN ISRAEL MOSSAD SELIDIKI KEMBALI HILANGNYA LETKOL ARAD, ‘MISTERI TERBESAR’ NEGARA ITU

Hilangnya Ron Arad adalah “salah satu misteri terbesar” di Israel.

Lembaga intelijen Israel Mossad melaksanakan misi untuk melacak kembali Letkol Ron Arad, navigator pesawat yang hilang sejak 1986, yang kasusnya menjadi salah satu misteri besar di negara tersebut.

Hal itu dinyatakan Perdana Menteri Israel Naftali Bennett dalam pidato pembukaan masa sidang musim dingin Parlemen Israel.

Bennett mengatakan agen Mossad telah memulai “misi yang kompleks, luas dan berani” untuk mengumpulkan informasi terbaru mengenai nasib dan lokasi Letkol Arad.

Namun dia menyatakan di hadapan parlemen bahwa ia tidak bisa mengungkap misi itu secara lebih rinci.

“Hanya ini yang bisa saya bagikan saat ini,” tambahnya.

Siapa Letkol Arad?

Navigator Letkol Ron Arad, dinyatakan hilang sejak pesawat yang dinaikinya jatuh selama serangan bom di Lebanon pada 1986.

Pilot pesawat itu diselamatkan oleh pasukan Israel setelah mereka membayar uang tebusan. Di sisi lain, Letkol Arad, yang merupakan navigator, ditangkap oleh milisi Muslim Syiah Lebanon, Amal.

Setahun kemudian, Amal menawarkan untuk menukar Arad dengan 200 tahanan Lebanon dan 450 tahanan Palestina, di samping tiga juta dolar AS. Namun negosiasi itu dilaporkan gagal setelah Israel menolak untuk menukar sang navigator dengan tahanan Palestina.

Satu laporan tahun 2016 yang dikeluarkan Mossad dan intelijen militer Israel menyimpulkan bahwa Letkol Arad kemungkinan telah meninggal dalam tahanan pada tahun 1988.

Apakah Misi Terbaru ini Berhasil?

Naftali Bennett mengatakan agen-agen Mossad “menggelar operasi yang komples dan berani” untuk menemukan lokasi dan mengetahui nasib Ron Arad.

Sejumlah laporan berbeda pendapat mengenai apakah pelacakan tersebut berhasil atau tidak.

Channel 12 melaporkan bahwa Kepala Mossad, David Barnea, mengatakan pada pertemuan internal lembaga itu, “Operasi tersebut adalah operasi yang berani, kompleks, tetapi gagal. Kami gagal.”

Kantor perdana menteri membantah laporan tersebut dan menegaskan bahwa misi tersebut “sukses dan dilakukan dengan memenuhi target operasi yang luar biasa”.

Kantor perdana menteri juga membela keputusan Bennett untuk mengungkap informasi ini.

Langkah tersebut dinyatakan menunjukkan “usaha dan komitmen besar dalam membawa pulang prajurit kita”.

Surat kabar Haaretz juga mengutip sumber-sumber di kantor perdana menteri yang mengatakan bahwa pidato tersebut telah dikoordinasikan dengan Mossad.

Sementara Barnea telah “mengeluarkan pesan kepada anggotanya bahwa misi itu berhasil dan penting”.

Sementara itu Israel Hayom mengutip seorang pejabat keamanan senior yang mengatakan bahwa misi tersebut adalah “salah satu yang paling penting dan sukses” dalam sejarah Israel dan bahwa “informasi penting telah diperoleh”.

Keluarga Letkol Arad mengatakan mereka selali “berharap bahwa suatu hari kelak kita akan tahu nasib Ron yang sebenarnya”.
sumber: bbc

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *