SARAN PRAMUGARI BUAT YANG NGINAP DI HOTEL: JANGAN PAKAI GELAS DI KAMAR!

Jakarta – Seorang pramugari membocorkan rahasia hotel agar traveler tidak sembarangan menggunakan fasilitas di kamar secara langsung. Salah satunya, tidak menggunakan gelas yang disediakan. Kenapa ya?

Pramugari itu Kat Kamalani. Dia membagikan tips dari pengalaman perjalanannya di halaman TikToknya @katkamalani.

Sebagai pramugari, Kamalani memang kerap melakukan perjalanan dan menginap di hotel. Itu bagian dari pekerjaan dia.

Kamalani menyebutkan tips menginap di hotel yang pertama adalah jangan pernah memakai gelas-gelas yang disediakan di kamar. Sebabnya, traveler tidak tahu seberapa serius gelas itu dibersihkan.

“Pertama-tama, jika saya tidak mendapati mesin pencuci piring di kamar hotel, saya tidak akan pernah menggunakan gelas yang ada di kamar,” kata Kamalani.

“Alasannya, kita tidak tahu apakah gelas-gelas itu dibersihkan dengan benar atau hanya dibilas oleh traveler yang menginap terakhir di kamar hotel itu,” dia menambahkan.

Unggahan itu direspons oleh pengguna TikTok yang mengaku pernah bekerja sebagai tenaga kebersihan di hotel. Dia membenarkan kalau gelas biasanya tidak dibersihkan secara maksimal. Bahkan, seringkali dilewatkan begitu saja.

“Sebagai mantan staf kebersihan di sebuah hotel, saya akan memberi tahu kalian bahwa mereka meminta kami untuk mencuci gelas dengan spons yang sama yang digunakan untuk membersihkan toilet, jadi ya…” kata eks pegawai hotel itu.

Ada pula yang menyebut,” Saya berpengalaman lebih dari 25 tahun bekerja di industri perhotelan dan saya setuju denganmu. Kebanyakan petugas mengabaikan gelas untuk dibersihkan.”

Selain gelas, remote TV juga salah satu benda yang perlu diwaspadai kebersihannya. Makanya, dia membawa kantong plastik bening untuk melapisi remote sebelum digunakan.

Terakhir, Kat memberikan tips untuk tamu hotel yang memesan kamar tanpa sarapan. Dia menyarankan agar tamu traveler menggunakan mesin kopi untuk memasak air panas. Lumayan kan bisa bikin mie instan atau bubur instan dari air panas itu.

Namun, seorang pengguna TikTok juga menunjukkan bahwa mesin kopi juga tidak rutin dicuci.

Selain itu, Kamalani mengingatkan agar traveler tidak langsung menduduki kursi yang ada di kamar hotel. Sebabnya, bisa jadi kursi itu menyimpan banyak bakteri dan kotoran, bahkan jika terlihat bersih.

Para ahli telah menjelaskan bahwa tidak seperti tempat tidur dan handuk yang dicuci dengan panas tinggi, kursi berlapis kain sulit dibersihkan dengan benar. Makanya, bisa jadi berbagai kuman masih menempel di kursi itu.

Dengan jumlah staf kebersihan yang terbatas namun banyak kamar yang harus dibersihkan, biasanya memang kursilah yang sering dilewatkan. Sebabnya, kursi tidak terlihat berantakan.

Dr Nidhi Ghildayal, seorang spesialis penyakit menular di University of Minnesota School of Public Health, mengatakan kepada Readers Digest mengapa hal ini terjadi.

“Seringkali, noda di kursi dioles dan digosok sampai hilang, tetapi kuman lain yang tidak terlihat oleh mata tetap ada,” kata Nidhi.

Traveler memiliki saran atau tips lain berkaca pengalaman menginap di hotel? Bagikan, yuk!(fem/ddn)
sumber: detik

 

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *