ANAK-ANAK PEREMPUAN DITAMPILKAN TELANJANG DALAM ‘RITUAL MINTA HUJAN’ DI INDIA, POLISI DIMINTA BERTINDAK

Enam bocah perempuan di India bagian tengah dilucuti pakaian mereka lalu diarak sambil telanjang dalam suatu ritual kampung setempat untuk memanggil hujan.

Insiden itu terjadi di sebuah desa di kawasan Budelkhand, negara bagian Madhya Pradesh, yang tengah mengalami kekeringan.

Rekaman sejumlah video yang viral di media sosial menunjukkan anak-anak perempuan itu berjalan telanjang, sambil memanggul sebatang kayu dan seekor kodok yang terikat.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, ritual itu akan menyenangkan hati dewa hujan sehingga hujan akan turun.

Komisi Nasional Perlindungan Hak-hak Anak India telah meminta laporan dari Pemerintah Distrik Damoh, di mana desa itu berlokasi, terkait peristiwa tersebut.

Kepolisian Madhya Pradesh mengaku belum menerima pengaduan resmi terkait ritual itu.

Namun mereka juga menyatakan telah membuka investigasi.

“Tindakan akan diambil bila kami menemukan anak-anak itu dipaksa jalan sambil telanjang,” kata pejabat Kepolisian Damoh, DR Teniwar, kepada kantor berita Press Trust of India (PTI).

Rekaman video menunjukkan anak-anak perempuan itu, paling muda berumur lima tahun, berjalan bersama-sama dalam suatu prosesi, lalu diikuti sekelompok perempuan dewasa sambil melantunkan puji-pujian.

Prosesi itu berhenti di setiap rumah warga dan anak-anak yang telanjang itu lantas mengumpulkan persembahan bahan pangan, yang kemudian disumbangkan ke dapur umum di kuil setempat.

“Kami yakin bahwa ini akan mendatangkan hujan,” kata seorang perempuan yang mengikuti prosesi seperti dikutip PTI.

Pejabat Distrik Damoh, S Krishna Chaitanya, mengatakan bahwa prosesi itu sudah mendapat persetujuan orang tua anak-anak yang bersangkutan, bahkan mereka turut serta.

“Dalam situasi demikian, pihak berwenang hanya bisa memberi pengertian kepada para warga desa setempat atas takhayul yang sia-sia itu dan praktik tersebut tidak mendatangkan hasil yang diinginkan,” ujarnya.

Beragam ritual minta hujan di India

Sejumlah rohaniwan Hindu menjalankan ritual ‘Parjanya Japa’ di Kuil Huligamma Devi, 300 km dari Bangalore, India, untuk memohon dewa hujan agar mendatangkan hujan pada 6 Juni 2019.

Pertanian di India masih banyak yang mengandalkan hujan musiman. Di banyak daerah, ada berbagai ritual menyembah dewa hujan, yang cara dan tradisinya beragam.

Ada masyarakat yang mengadakan yagnas (ritual api Hindu) dan yang lainnya mengawinkan kodok atau keledai, atau sekadar melantukan puji-pujian untuk menyenangkan dewa hujan.

Kalangan yang sinis mengatakan ritual itu hanya mengalihkan perhatian orang-orang biasa dari kesulitan.

Tetapi para ahli budaya mengatakan praktik itu adalah tanda keputusasaan bagi mereka yang meyakini tidak ada tempat lain untuk meminta bantuan.
sumber: bbc

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *