TEMBUS 4,1 JUTA KASUS COVID, HARI INI BERTAMBAH 10.337

JAKARTA, Waspada.co.id – Kasus Covid-19 di Indonesia masih terus bertambah dan belum menunjukan tanda pandemi kala segera berakhir. Kementerian Kesehatan mencatat pada Rabu (1/9) ada tambahan 10.337 pasien baru. Dengan begitu total kasus Covid-19 di Indonesia mencapai 4.100.138 orang.

Kabar baiknya, jumlah pasien sembuh bertambah 16.394 orang dan melebihi angka kasus baru. Dengan begitu jumlah pasien yang telah sembuh dari virus ini di Indonesia mencapai 3.776.891 orang.

Angka kesembuhan yang tinggi ini juga berkontribusi pada turunnya kasus aktif atau pasien yang membutuhkan perawatan menjadi 189.571 orang. Sebelumnya kasus aktif di Indonesia mencapai lebih dari 500 ribu orang pada masa puncaknya.

Sayangnya, kasus kematian juga masih terus bertambah. Kasus kematian hari ini bertambah 653 orang, sehingga totalnya 133.676 orang.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia sudah melewati masa-masa amukan dari kasus Covid-19. Di mana sejak akhir Juni kasus Covid di dalam negeri melonjak tajam akibat masuknya varian delta.

Lonjakan ini membuat pemerintah harus kembali memperketat mobilitas melalui kebijakan PPKM Mikro, Darurat hingga berjenjang yang masih berlangsung hingga saat ini. Terakhir PPKM Level 4 diperpanjang hingga 6 September 2021.

Jokowi menjelaskan, sejak dilakukan pengetatan mobilitas kasus positif Covid-19 terus menurun hingga 86,9%. Selain itu angka kesembuhan juga terus meningkat melebihi angka penambahan kasus positif setiap harinya.

“Penurunan bed okupansi red (BOR) nasional saat ini 27%,” kata dia.

Meski perkembangannya menunjukkan kinerja positif, namun Jokowi meminta agar masyarakat dan seluruh pembuat kebijakan tidak lemah. Protokol kesehatan (prokes) yang ketat harus tetap dijaga seperti memakai masker, menjaga jarak hingga mencuci tangan.

Selain itu, vaksinasi juga terus harus tetap dilakukan. Lalu bagi masyarakat yang sudah di vaksin juga diingatkan untuk tetap menjaga prokes. (cnbcindonesia/ags/data3)
sumber: waspada

This entry was posted in Berita, Informasi Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *