KOTA SINGKAWANG

Kota Singkawang merupakan salah satu kota terkemuka di Pulau Kalimantan. Terletak sekitar 145 km sebelah Utara dari Kota Pontianak, ibu kota provinsi Kalimantan Barat, dan dikelilingi oleh pegunungan Pasi, Poteng, dan Sakok.

Nama Singkawang berasal dari bahasa Hakka, San khew jong yang mengacu pada sebuah kota di bukit dekat laut dan estuari. Singkawang juga dikenal dengan banyak sebutan, mulai dari Kota Amoi, Kota Seribu Kuil, Hong Kong van Borneo, hingga Negeri Tidayu (akronim : Tionghoa, Dayak, Melayu).

Kota itu menjadi salah satu pusat penyelenggaraan perayaan Imlek terbesar di Indonesia, selain Semarang dan Jakarta. Hal ini karena Singkawang menjadi tempat tinggal etnis Tionghoa terbesar di Indonesia.

Kota Singkawang memiliki kerukunan antar-umat beragama yang sangat tinggi. Penduduknya mayoritas dari 3 suku bangsa yaitu Suku Sambas (juga dikenal Melayu Singkawang), Tionghoa (Hakka & Tio Cu), dan Dayak Salako. Suku Jawa dan Madura juga menyumbang jumlah penduduk sekitar 15% di Singkawang.

Kota Singkawang semula merupakan ibukota dari wilayah Kabupaten Sambas (UU Nomor 27 Tahun 1959) dengan status Kecamatan Singkawang dan pada tahun 1981 kota ini menjadi Kota Administratif Singkawang. Melalui UU Nomor 10 Tahun 1999, Kabupaten Sambas dimekarkan menjadi 2 yaitu Sambas dan Bengkayang (wilayah Kec. Singkawang masuk dalam wilayah administratif Kab. Bengkayang).

Pada tanggal 17 Oktober 2001, Kota Singkawang resmi terbentuk dan dimekarkan dari Kab. Bengkayang. Sejatinya wilayah Kab. Sambas dimekarkan menjadi 3 wilayah yaitu Kab. Sambas, Kab. Bengkayang, dan Kota Singkawang.

Secara geografis, Kota Singkawang yang memiliki luas 50.400 ha dan mempunyai kedudukan yang strategis, baik dari segi ekonomi maupun sosial budaya. Dari segi potensi pertanian, perhubungan, industri dan perdagangan serta pariwisata Kota Singkawang mempunyai prospek yang baik bagi pemenuhan kebutuhan pasar dalam dan luar negeri.

Keberagaman Budaya di Singkawang menjadi daya tarik bagi wisatawan dari luar Singkawang, mulai dari Naik Dango, Pawai Tatung, Jepin Singkawang, hingga Tari Tidayu Khas Singkawang. Selain itu, beragam destinasi wisata menambah keindahan Singkawang dari berbagai sudut, mulai dari Pantai Pasir Panjang, Gunung Poteng, Desa Adat Bagak Sahwa, Sinka Island, Sinka Zoo, hingga Pasar Hongkong.

#misterpangalayo #kotasingkawang #pastikesingkawang #tidayu
Singkawang Hebat, Pasti ke Singkawang

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *