JAKARTA TAK TERMASUK DAERAH TINGKAT TINGGI PENULARAN COVID

Jakarta, CNN Indonesia — Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan bahwa DKI Jakarta sudah tidak termasuk wilayah dengan tingkat penularan atau positivity rate virus corona (Covid-19) yang tinggi. Jakarta masuk kategori sedang bersama delapan provinsi lainnya.
“Yang sedang ada 8 provinsi termasuk DKI Jakarta, yang lain relatif tinggi,” kata Budi dalam konferensi pers, Senin (30/8) malam.

Budi mengatakan positivity rate Jakarta berada di kisaran 10,49 persen. Angka itu sama dengan Provinsi Papua Barat.

Daerah lain yang masuk kategori positivity rate sedang yaitu Maluku 11,29 persen, Banten(11,51 persen, Sulawesi Tenggara 12,63 persen, Kalimantan Timur 13,92 persen, Maluku Utara 14,11 persen dan Kepulauan Riau 14.17 persen.

Meski tidak terlalu tinggi, positivity rate itu masih berada di atas angka yang ditetapkan WHO, yakni 5 persen. Oleh karena itu, Budi meminta masyarakat untuk tetap waspada terhadap penularan Covid-19.

“Penularan sebenarnya masih tinggi, angka yang paling bagus dipegang adalah positivity rate. Jadi kasus konfirmasi sedikit, tapi gara-gara testing-nya sedikit positivity rate-nya masih tinggi, jadi angka ini sulit dimanipulasi,” kata dia.

Budi menjelaskan, apabila angka positivity rate Indonesia sudah berada di angka 5 persen, maka kondisi pandemi sudah mendekati normal. Sebaliknya apabila angka positivity rate lebih dari 5 persen, maka pemerintah akan terus melakukan testing dan tracing untuk terus menekan angka tersebut.

Budi mengatakan bahwa angka positivity rate secara nasional selama tujuh hari terakhir rata-rata berada pada angka 12,8 persen.

“Per hari ini aja 8 persen. Tetapi karena kasus konfirmasi dan testing tiap Sabtu, Minggu dan Senin lebih rendah karena hari libur. Kita harus lihatnya rata-rata 7 hari,” kata Budi.(thr/rzr/bmw)
sumber: cnnindonesia.com

This entry was posted in Berita, Informasi Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *