PEMKO MEDAN GANDENG BKPRMI ADAKAN VAKSINASI COVID-19, MASYARAKAT DIMINTA TETAP PATUHI PROKES

Medanbisnisdaily.com-Medan. Pemerintah Kota (Pemko) Medan menggandeng Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) untuk melaksanakan program vaksinasi COVID-19, Minggu (22/8/2021). Di tengah gencarnya pemerintah mengadakan vaksinasi COVID-19, masyarakat diminta tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) secara disiplin untuk mencegah penyebaran virus corona.

Vaksinasi COVID-19 yang dilakukan di Masjid Al Ikhlas, Jalan Karya Tani, Kecamatan Medan Johor, terwujud setelah sebelumnya para pengurus BKPRMI bertemu dengan Wali Kota Medan, Bobby Nasution. Dalam pertemuan tersebut, BKPRMI mengungkapkan keinginan untuk bekerjasama dengan Pemko Medan mengadakan vaksinasi COVID-19 secara massal bagi remaja masjid.

Keinginan tersebut kemudian disetujui Bobby. “Permintaannya langsung kami penuhi dan kami memberikan apresiasi karena hal itu merupakan bentuk dukungan dari salah satu visi misi kita yakni menyehatkan masyarakat,” ujar Bobby saat hadir dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19 yang diadakan BKPRMI tersebut.

Selain diadakan di Masjid Al Ikhlas, Jalan Karya Tani, Kecamatan Medan Johor, vaksinasi COVID-19 ini juga dilakukan serentak pada masjid di empat kecamatan lainnya, dengan target 200 remaja disetiap masjid mendapatkan suntikan vaksin.

Bobby mengatakan bahwa pemerintah melakukan percepatan vaksinasi COVID-19 ini dengan tujuan untuk membangun kekebalan kelompok (herd immunity) serta untuk menekan penyebaran virus Corona di tengah masyarakat. Oleh karena itu, Bobby berharap peranan BKPRMI untuk mengajak masyarakat mengikuti vaksinasi COVID-19 ini.

Bobby Nasution juga mengatakan bahwa ada sekitar 1.115 masjid di Kota Medan. Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, keberadaan masjid sebagai pusat peradaban umat juga dapat digunakan sebagai tempat pelaksanaan vaksinasi bagi remaja masjid. Oleh karenanya vaksinasi yang digelar BKPRMI ini perlu diapresiasi.

Dalam kesempatan itu, Bobby Nasution yang didampingi Kabid Kesmas Dinas Kesehatan, Mardohar Tambunan; Kabag Prokopim, Arahman Pane; dan Camat Medan Johor, Zul Fahri Ahmadi juga mengatakan bahwa mulai hari ini vaksin tahap kedua sudah dapat dilakukan di setiap puskemas yang ada di Kota Medan.

“Artinya untuk vaksinasi ini kita lakukan per wilayah. Namun yang harus dapat dipahami masyarakat bahwa bukan Pemko Medan menunda atau tidak mau melakukan vaksinasi tahap kedua, akan tetapi karena dosis yang tersedia terbatas dan belum cukup untuk kota Medan. Jika dosisnya banyak, dengan segera kami akan melakukan vaksinasi agar masyarakat sehat dan tercapai herd immunity. Oleh sebab itu saya minta masyarakat agar bersabar untuk mendapatkan vaksin,” ujarnya.

Ketua Umum DPD BKPRMI Kota Medan, Erwinsyah Hasibuan, menjelaskan bahwa pelaksanaan vaksinasi COVID-19 ini terwujud setelah pertemuan silaturahmi dengan Wali Kota Medan, Bobby Nasution. “Dari pertemuan tersebut, kami sepakat agar bagaimana mengikhtiarkan masyarakat khususnya remaja masjid dari penyebaran Virus COVID-19, yakni dengan menggelar vaksinasi massal bagi remaja masjid. Vaksinasi ini dilakukan di 5 masjid yang ada di 5 kecamatan dengan target 1.000 remaja masjid di vaksin,” tuturnya.

Erwinsyah mengatakan bahwa semula mereka pesimis jika target remaja masjid yang mengikuti vaksinasi ini dapat mencapai target. “Namun dengan keyakinan dan ikhtiar, kami dapat meyakinkan remaja masjid bahwa vaksin ini aman dan baik untuk tubuh agar terhindar dari penyebaran Virus Covid-19. Sehingga saat pelaksanaannya, antusias remaja masjid sangat tinggi,” jelasnya.
sumber: medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Kesehatan, Taneh Karo Simalem. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *