KEPUTUSAN PPKM LEVEL 3 DAN 4 DIPERPANJANG ATAU TIDAK DI TANGAN JOKOWI

Merdeka.com – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pemerintah telah membahas soal nasib perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 dan 4 di sejumlah wilayah. Adapun PPKM level 3-4 akan berakhir pada Senin hari ini.

“Ya kita sudah bahas (PPKM diperpanjang atau tidak),” katanya dalam konferensi pers usai rapat bersama Presiden Jokowi, Senin (2/8).

Dia tak menjelaskan apakah pemerintah memutuskan PPKM level 3 dan 4 kembali diperpanjang atau tidak. Budi menyebut keputusan tersebut nantinya akan diumumkan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi atau Menteri Koordinator yang ditunjuk.

“Cuma kami ini ingin menyampaikan bahwa nanti akan ada sesi khusus bisa oleh Bapak Presiden bisa juga bapak presiden menugaskan ke Pak Menko untuk menyampaikan keputusan beliau,” jelasnya.

Sementara itu, Epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman menyarankan pemerintah tak memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 dan 4, apabila tak mampu memberikan dukungan finansial kepada masyarakat rawan. Adapun kebijakan PPKM level 3 dan 4 akan berakhir pada Senin hari ini.

VIDEO PILIHAN

Pemerintah Siapkan Subsidi Gaji Rp1 Juta Untuk 8 Juta Pekerja, Ini Syaratnya – merdeka

“Ya sebetulnya kalau mau diteruskan pertama yang harus dipertimbangkan itu adalah dan ini yang tau pemerintah ya, ada tidak resources-nya secara finansial untuk mendukung masyarakat rawan, insentif sosial ekonomi,” jelas Dicky kepada Liputan6.com, Senin (2/8).

“Ini penting untuk keberhasilan. Kalau tidak ada, ya jangan dipaksakan karena memang sifatnya PPKM strategi penguatan, bukan strategi utama,” sambungnya.

Menurut dia, pemerintah dapat melakukan strategi penguatan lain apabila anggaran yang dimiliki saat ini tak cukup untuk mendukung kebutuhan masyarakat di masa PPKM. Misalnya, dengan mengejar 3T (testing, tracing, dan treatment), protokol kesehatan, dan vaksinasi Covid-19.

Reporter: Lisza Egeham
Sumber: Liputan6.com / merdeka (mdk/fik)

This entry was posted in Berita, Informasi Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *