OLIMPIADE TOKYO 2020: KASUS PERTAMA ATLET POSITIF COVID-19 DI PERKAMPUNGAN ATLET

Dua atlet menjadi yang pertama positif terpapar virus corona di perkampungan atlet Olimpiade Tokyo – lima hari menjelang pembukaannya.

Penyelenggara Olimpiade Tokyo mengatakan keduanya berasal dari tim negara dan cabang olah raga yang sama dengan fofisial yang dinyatakan positif pada Sabtu.

Anggota dari tim lainnya diisolasi di kamar mereka.

Pasangan ini adalah atlet pertama yang dites positif di perkampungan atlet, meskipun atlet selanjutnya juga dinyatakan positif pada hari Minggu di tempat lain.

Secara total, penyelenggara pada hari Minggu melaporkan ada 10 kasus baru terkait ajang Olimpiade, termasuk dari kalangan media, kontraktor, dan personel lainnya.

Tingkat kasus infeksi Covid-19 telah meningkat di Tokyo, melampaui 1.000 kasus baru selama empat hari berturut-turut.

Hasil jajak pendapat memperlihatkan banyak warga Jepang menentang penyelenggaraan Olimpiade dengan masuknya para pengunjung luar negeri yang menyertainya.

Juru bicara Olimpiade Tokyo 2020, Masa Takaya mengatakan tiga kasus “berasal dari negara dan olahraga yang sama”.

Mereka “diisolasi di kamar mereka dan panitia Olimpiade Tokyo 2020 mengantarkan makanan kepada mereka”, ungkapnya.

Dia menambahkan bahwa anggota tim lainnya – yang belum diidentifikasi – juga telah mengikuti tes.

Berbicara pada Sabtu, Ketua Olimpiade Tokyo 2020 Seiko Hashimoto mengatakan: “Rombongan atlet yang tiba di Jepang mungkin sangat khawatir. Saya memahami itu.

“Kami melakukan segalanya untuk mencegah wabah Covid.”

Dia memastikan pihaknya sudah mengantisipasi apabila penyelenggaraan pesta olah raga ini terjadi ledakan kasus positif Covid-19.

Seluruh tim atletik Australia untuk Olimpiade Tokyo telah dikarantina di kamar mereka pada Sabtu di kamp pelatihan pra-pertandingan di Cairns, menyusul kekhawatiran terpapar Covid-19.

Tes yang tidak meyakinkan telah dikembalikan oleh seorang pejabat, namun hasil tes berikutnya semuanya negatif, demikian konfirmasi Komite Olimpiade Australia (AOC) pada hari Minggu.

Sejak saat itu, para atlet telah diizinkan untuk bertanding dalam acara pemanasan atau latihan.
sumber: bbc

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *