WAKIL MENKES UNGKAP 4 STRATEGI TEKAN ANGKA KEMATIAN COVID-19

TEMPO.CO, Jakarta – Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono menyampaikan bahwa angka kematian Covid-19 dapat dikontrol dengan meningkatkan upaya pengobatan.

“Komponen yang paling penting untuk melakukan kontrol pada kasus kematian adalah treatment,” ujar Dante dalam konferensi pers, Senin 5 Juli 2021.

Menurut dia, usaha pengobatan yang dilakukan adalah antara lain dengan penyediaan obat yang cukup di daerah.

“Kemudian juga melakukan penyediaan oksigen yang cukup di rumah sakit,” katanya.

Ia menyampaikan bahwa pasokan oksigen di luar wilayah Pulau Jawa dan Bali masih cukup untuk pasien COVID-19.

Ia mengatakan penyediaan obat dan oksigen untuk penanganan COVID-19 ke beberapa rumah sakit yang membutuhkan terus diupayakan dalam rangka menekan angka kematian karena COVID-19.

Dalam kesempatan itu, Dante juga mengatakan, pemerintah akan terus berupaya meningkatkan kapasitas tempat tidur, cakupan vaksinasi hingga pemeriksaan COVID-19 di luar Jawa-Bali.

Ia menyampaikan, peningkatan kapasitas berdasarkan level of asesment atau upaya penilaian keadaan pandemi di sebuah daerah.

“Jadi ini tergantung pada level of assessment daerah setempat, kalau tinggi misal level empat maka kapasitas tempat tidur harus ditambah hingga 40 – 50 persen, terutama untuk beberapa tempat yang memerlukan,” paparnya.

Ia mengemukakan, level of assessment berdasarkan tiga hal, yakni kasus konfirmasi, jumlah pasien yang dirawat, dan jumlah angka kematian. “Apabila terdapat salah satu elemen yang meningkat pada tiga hal itu maka level assessment-nya diangkat,” ucapnya.
sumber: tempo

This entry was posted in Berita, Informasi Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *