PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 digelar pagi ini secara virtual. Perangkat upacara, yakni saya sebagai Inspektur Upacara di Istana Bogor, Ketua MPR Bapak Bambang Soesatyo membacakan teks Pancasila, Ketua DPR Ibu Puan Maharani membacakan teks pembukaan UUD 1945, dan Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Bapak Muhadjir Effendy memimpin pembacaan doa, menjalankan tugas secara virtual dari lokasi masing-masing.

Sebagaimana upacara ini, yang dilakukan dengan cara virtual dan baru, perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila hendaknya juga dilakukan dengan cara-cara baru yang luar biasa dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pancasila kini menghadapi tantangan globalisasi. Berbagai kemudahan untuk berinteraksi lintas negara juga bisa digunakan oleh ideologi-ideologi trans-nasional radikal untuk merambah ke seluruh pelosok Indonesia, tanpa mengenal lokasi dan waktu. Saya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif, memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju yang kita cita-citakan.
fb Presiden Joko Widodo

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *