GUNUNG SINABUNG ERUPSI, SEMBURKAN AWAN PANAS 500 METER

Jakarta, CNN Indonesia — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Sumatera Utara, menyatakan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara erupsi pukul 13.41 WIB pada Kamis (1/4). Hal itu  ditandai dengan luncuran guguran awan panas teramati dengan jarak 500 meter di atas puncak.

“Sementara kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan timur,” kata Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo Natanail Perangin-angin seperti dikutip Antara.

Natanail mengungkapkan erupsi gunung setinggi 2.960 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 88 mm dan durasi lebih kurang 43 detik.

Saat ini, Gunung Sinabung berada pada status Level III (Siaga) dengan rekomendasi warga dan petani agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang warganya sudah dipindahkan serta di lokasi dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung.

Selain itu, radius sektoralnya pada lima kilometer untuk sektor selatan-timur dan empat kilometer untuk sektor timur-utara.

Natanail juga mengingatkan jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker saat keluar rumah untuk mengurangi dampaknya terhadap kesehatan warga.(sfr)
sumber: cnn

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo, Taneh Karo Simalem. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *