KAMI ORANG KARO, KAKI GUNUNG SINABUNG RUMAH KAMI

Apa sebenarnya defenisi bencana?

Letusan Gunung Sinabung tempo hari bagi banyak orang merupakan suatu yang patut dikuatirkan. Mengingat letusan gunung merapi membawa potensi bencana alam yang memiliki tingkat desktrusi yang tinggi. Letusan gunung berapi kerap di ikuti tiga aktivitas alam yang memiliki acaman serius bagi manusia ; Semburan lava, awan panas, dan banjir lahar dingin yang merusak dalam skala besar.

Dan Sinabung meletus beberapa hari yang lalu. Bagi banyak orang itu adalah bencana yang melanda orang – orang Karo yang bermukim dibawah kaki gunung. Itu lah yang mereka pikir soal kami orang Karo kaki gunung Sinabung. Sebahagian merangkai kata – kata mengharu biru, seolah menggambarkan rasa duka yang mendalam, menyambung empati.

Sebahagian lagi seolah menumpahkan dendam, menuduhkan serapah yang kami orang Karo tidak tahu kemana arahnya, tapi singgah keberanda rumah kami.

Sinabung meletus bukan karena kami orang Karo, dengan segala persepsi buruk yang mereka tanam dan pupuk dalam hati mereka. Sinabung meletus bukan karena kami orang Karo, bermaksiat seperti drama yang mereka cipta dalam otak mereka. Sinabung meletus bukan karena Tuhan menjawab doa mereka untuk membayar lunas rasa dendam mereka.

“SINABUNG MELETUS KARENA IA SINABUNG, SEBUAH GUNUNG BERAPI YANG DITAKDIRKAN UNTUK MELETUS SECARA BERKSLA”.

Sinabung meletus menandakan bahwa bumi tempatnya berdiri adalah tanah yang makmur, tempat dimana energi dan aktivitas bumi masih menyembur.

Sinabung meletus adalah pesan, bahwa nikmat Tuhan belum habis dalam kandungnya.

Sinabung meletus untuk menambah didik nya pada kami orang Karo, bahwa alam mencintai manusia dengan pengajaran nya untuk tetap siap, waspada, dan siaga, bahwa hidup dengan alam harus adaptif, bahwa manusia Karo tertempa gigih, ulet, dan berani.

Sinabung meletus, dihadapan kami yang menatap Sinabung dengan wajah menghormati, tanpa perlu seorang Juru Kunci, dan Sekelompok orang yang tersiksa dengki….

Kami Orang Karo, dan Kaki Gunung Sinabung Rumah Kami…

Mejuah – juah
Kalak Karo Sirulo…

Kutarayat ; 2 Maret 2021

#ArgumentumInAbsourdum

fb Dusan Popov

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo, Taneh Karo Simalem. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *