TALIBAN SERUKAN PEMIMPINNYA HINDARI PRAKTIK POLIGAMI KARENA ‘MAHAL’

Pemimpin Taliban di Afghanistan telah mengeluarkan dekrit yang menyerukan kepada para pemimpin dan komandan kelompok itu untuk tidak memiliki banyak istri, tindakan yang katanya mengundang “kritik dari musuh kita”, lapor wartawan BBC Khudai Noor Nasar.

Pria Muslim dapat diizinkan oleh agama untuk memiliki hingga empat istri sekaligus dan poligami masih legal di Afghanistan, Pakistan, dan beberapa negara yang mayoritas penduduknya Muslim.

Namun sumber-sumber dari Taliban mengatakan kepada BBC bahwa praktik tersebut meningkatkan permintaan dari para komandan atas dana untuk membayar “harga pengantin” – sebuah praktik yang berlaku di banyak suku Pashtun di Afghanistan dan Pakistan di mana uang diberikan kepada keluarga seorang wanita untuk menikahinya.

Keputusan tersebut dikeluarkan pada momen politik yang sensitif bagi Taliban dan Afghanistan, ketika kelompok militan itu membahas dengan pemerintah mengenai masa depan negara itu.

Sejumlah sumber mengatakan kepemimpinan Taliban prihatin atas tuduhan korupsi terhadap anggotanya yang berusaha mengumpulkan dana untuk menopang rumah tangga besar atau banyak.

Sebagian besar pemimpin senior Taliban memiliki lebih dari satu istri, tetapi keputusan baru tidak berlaku bagi mereka yang sudah memasuki beberapa pernikahan.

Apa isi dekrit itu?

Keputusan yang tertera dalam dua halaman itu, yang dikeluarkan atas nama pemimpin Taliban Afghanistan, Mullah Hibatullah, tidak melarang pernikahan kedua, ketiga, atau keempat, tetapi memperingatkan bahwa sejumlah besar uang yang dihabiskan untuk upacara pernikahan dapat mengundang kritik dari lawan-lawan Taliban.

“Jika semua pimpinan dan komandan menghindari poligami, mereka tidak perlu terlibat dalam praktik-praktik korupsi dan ilegal,” bunyi keputusan itu.

Keputusan tersebut memang memberikan pengecualian, mendukung pernikahan lebih dari satu bagi pria yang tidak memiliki anak, tidak memiliki anak laki-laki dari pernikahan sebelumnya, yang menikahi seorang janda, atau yang memiliki kekayaan keluarga untuk memiliki banyak istri.

Keputusan tersebut mengatakan bahwa dalam keadaan seperti itu, seorang pria yang ingin menikah dengan banyak istri harus meminta izin dari atasan langsungnya sebelum mengatur pernikahan lain.

Sumber-sumber Taliban mengatakan kepada BBC bahwa surat itu telah didistribusikan kepada orang-orang di Afghanistan dan Pakistan.

Seberapa luas poligami?

Praktik poligami telah lama tersebar luas di masyarakat Pashtun di Afghanistan dan Pakistan, di mana wanita secara tradisional tidak memilki banyak pilihan tentang dengan siapa atau kapan mereka menikah.

Ketidakhadiran seorang anak dalam pernikahan – terutama anak laki-laki – sering disebut sebagai alasan untuk mengambil istri tambahan di pedesaan, masyarakat Pashtun yang patriarkal. Yang lainnya adalah ketegangan rumah tangga, yang biasanya menjadi tanggung jawab seorang istri.

Seorang janda sering dinikahkan dengan saudara laki-laki dari almarhum suaminya – suatu tindakan yang dianggap melindungi kehormatan janda dan keluarganya, meskipun saudara laki-laki itu mungkin sudah menikah. Dan bagi mereka yang lebih kaya, poligami dapat dilihat sebagai simbol status.

Poligami dimungkinkan oleh kebiasaan “walwar” – atau harga pengantin – yang diterima oleh keluarga mempelai wanita sebagai imbalan untuk menikahkannya.

Tekanan ekonomi dan perubahan sikap sosial dalam beberapa dekade terakhir telah mulai mengurangi praktik itu, tetapi poligami tetap berjalan di dunia modern akibat “nafsu laki-laki”, kata Rita Anwari, seorang aktivis Afghanistan yang tinggal di Australia.

Islam mengizinkan laki-laki untuk mengambil banyak istri “dalam kondisi tertentu”, kata Anwari, “seperti jika istri sebelumnya sakit atau tidak dapat melahirkan anak, dan ada peringatan keseimbangan tertentu”.

“Sayangnya, pria masa kini yang berkuasa telah melupakan semua itu dalam mengejar nafsu mereka,” tambahnya, menuduh mereka menggunakan “alasan-alasan kecil” untuk mengambil istri baru.

“Benar-benar salah untuk memiliki beberapa istri ketika Anda tidak dapat merawat mereka secara setara – secara finansial, fisik, dan mental,” katanya.

Sebagian besar pemimpin senior Taliban telah mengambil banyak istri.

Pendiri gerakan, almarhum Mullah Mohammad Omar, dan penggantinya, Mullah Akhtar Mansoor, keduanya memiliki tiga istri.

Pemimpin Taliban saat ini, Mullah Hibatulah, memiliki dua.

Pejabat paling senior Taliban di Doha, Mulah Abdul Ghani Baradar, memiliki tiga istri – yang terakhir dinikahinya saat berada dalam tahanan Pakistan.

Hampir semua pemimpin gerakan yang berbasis di Doha memiliki banyak istri, termasuk mereka yang baru-baru ini dibebaskan dari tahanan Amerika Serikat di Teluk Guantanamo. Beberapa telah mengambil istri tambahan setelah mereka dibebaskan, sebagian besar dengan membayar uang pengantin jumlah besar kepada mertua baru mereka.

Ketika BBC menghubungi sumber-sumber Taliban untuk menanyakan pemimpin Taliban mana saja yang memiliki lebih dari istri, satu sumber menjawab dengan sederhana: “Yang mana yang tidak?”

Mengapa ada upaya sekarang untuk mengontrol poligami?

Selama bertahun-tahun, pejabat pemerintah di Afghanistan telah menunjukkan bahwa meski para pemimpin Taliban sering menjalani gaya hidup mewah, prajurit pangkat rendah dipaksa untuk pas-pasan.

“Kabar baiknya adalah bahwa para prajurit tinggi Taliban muak bertarung sementara [para pemimpin Taliban] menikahi istri keempat dan kelima mereka dan bersenang-senang,” kata Presiden Afghanistan Ashraf Ghani saat diskusi panel di Forum Ekonomi Dunia (WEF) di Davos tahun lalu.

Ada berbagai laporan bahwa komandan Taliban di Afghanistan telah mendapatkan istri dengan menggunakan kekerasan – sebuah ulasan pers negatif yang tidak diinginkan kelompok tersebut pada periode politik yang sensitif saat mengambil bagian dalam pembahasan dengan pemerintah.

Dan tekanan finansial dari harga pengantin dilaporkan mengkhawatirkan para pemimpin Taliban.

Sejumlah laporan menunjukkan bahwa komandan dan pejuang telah membayar harga mulai dari 2 juta hingga 8 juta orang Afghanistan ($26.000 hingga lebih dari $100.000), baik dibayar dari dana gerakan itu atau dikumpulkan melalui cara-cara yang dipertanyakan.
sumber: bbc

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *