KENAPA OMNIBUS LAW DITOLAK ??

Kenapa banyak investasi tidak berkembang di Indonesia ?

Salah satunya adalah masalah PUNGLI.

Untuk bikin pabrik di sebuah daerah misalnya, butuh waktu sampai ratusan hari dengan biaya mahal karena di setiap meja harus ada uang sebagai pelicin. Belum lagi uang untuk ormas dan LSM di daerah.

Sedangkan di Vietnam misalnya, cukup waktu beberapa hari dgn biaya minimal, karena semua urusan perijinan ada di pusat dengan model online dan transparan. Itulah kenapa banyak investasi pindah kesana..

Omnibus Law sering disebut sebagai UU sapu jagat. Dengan Omnibus Law, ratusan peraturan daerah masalah perijinan diberangus dan dimasukkan dalam satu wadah. Akibatnya, kas pemerintah daerah – terutama oknum2 yg bermain – jadi kering kerontang.

Itulah kenapa ada beberapa kepala daerah yang marah dan membiarkan bahkan memfasilitasi demo. Periuk nasi mereka terancam hilang.

Jokowi memang berani memunculkan Omnibus Law ini dengan segala resikonya.

Tujuan dia jelas, supaya investasi berkembang dan rakyat bisa mendapat pekerjaan. Kalau sebuah pabrik dibangun di daerah, bukan hanya menyerap karyawan, tapi ekosistem usaha disekitarnya juga terbangun seperti warung makan. Ekonomi akan terangkat dan tidak ada lagi daerah miskin kelak..

Yang ngamuk dan demo itu sebenarnya tidak paham tujuan besar ini. Mereka ditakut2i oleh kepentingan politik demi perut sebagian kecil golongan. Padahal Omnibus Law ini justru dibuat untuk mensejahterakan rakyat..

Inilah bagian dari perang REVOLUSI MENTAL.

Mengubah kebiasaan buruk itu tidak mudah dan menyakitkan. Tapi harus berubah, kalau kita ingin menjadi negara besar kedepan..

Angkat cangkir kopinya, kawan..

Denny Siregar & fb

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *