PEMENA !!!

Aliran kepercayaan ASLI orang Karo, yang sudah tersingkir di TANAH SENDIRI !

Betapa aliran kepercayaan kuno PEMENA atau sering diucapkan “agama pemena” telah RONTOK dan HABIS dihajar oleh agama PENDATANG di Tanah Karo khususnya dan sekitarnya !

Agama Kristen Protestan dan Katolik serta Agama Islam sudah berhasil “membunuh” agama Pemena !

PEMENA, adalah ajaran leluhur Karo yang mengutamakan DASAR DASAR HIDUP MANUSIA yakni KEKELENGEN MAN SESAMA MANUSIA yang dibuktikan dengan RAKUT SITELU (ikatan yang 3 atau RAKUT SI TELU,ke semua fihak berdasarkan marga dan tali temali perkawinan dan saling melengkapi sebagai SEMBUYAK, ANAK BERU dan KALIMBUBU) yang bergantian.

PEMENA juga mewariskan TUTUR, yakni panggilan bersilsilah seolah-olah semua manusia adalah KERABAT yang disebutkan sebagai TUTUR SI WALUH berdasarkan
MERGA, BEREBERE, BINUANG, PERKEMPUN, KAMPAH, ENTAH, ENTE dan SOLER

Juga PEMENA mengajarkan PERKADE KADEN 12+1 yang agak panjang jika dijabarkan !

Jika di zaman sekarang orang menyebutnya sebagai BUDAYA KARO ,ya SAH saja , JUGA jika disebut sebagai ADAT pun SAH juga !

PEMENA mewariskan kita selain Kekelengen adalah MEHAMAT alias SOPAN !
Sopan tidak hanya kepada MANUSIA, namun juga SOPAN kepada makhluk lain termasuk kepada makhluk ghaib !

MEHAMAT kepada sesama manusia dibuktikan dengan panggilan berdasarkan TUTUR SI WALUH dan PERKADE KADEN 12 tadi, mana yang paling TERDEKAT sebagai KELUARGA itulah yang DIBIASAKAN !

MEHAMAT kepada makhluk lain, dibuktikan oleh adanya TATA KRAMA ketika MASUK HUTAN, misalnya ERCIBAL BELO/ISAP (mempersembahkan daun sirih/rokok) sebelum masuk hutan atau melewati daerah angker, sehingga tidak ada binatang buas yang menggangu !

MEHAMAT MAN TENDI SI LA IDAH , adalah bentuk penghormatan kepada makhluk ghaib yang diyakini sebagai penunggu suatu tempat misalnya LEMBAH, SUNGAI, GUNUNG dll bahkan ghaib penunggu ladang atau sawahpun di hormati dengan memberi CICIBALEN !

Kini PEMENA sangat tidak punya tempat, walaupun sebagian ajarannya dipakai dan disebutkan sebagai ADAT.

PEMENA juga adalah seadil-adilnya DERAJAT MANUSIA sesuai KODRAT ILAHIAH yang tidak mengenal PENDETA,USTAD, KYAI , PASTOR sehingga KESETARAAN benar benar NYATA !

Sedikit tulisan ini mengingatkan kepada kita bahwa AGAMA IMPORT itu juga punya KELEMAHAN yang pada akhirnya para oknum pemilik agama pun tanpa malu-malu melakukan KEBOHONGAN dengan mengatakan dirinya BEKERJA DI LADANG TUHAN (anda yang menilai bahwa ini perkataan BENAR atau BOHONG) kemudian ada pula yang mengaku aku sebagai HAMBA ALLAH (walaupun hanya dengan sedikit kebaikan yang dia lakukan) tapi meng klaim diri sebagai HAMBA hi hi hi hi hi.

Padahal sekarang ini yang banyak muncul adalah HAMBA AGAMA….berhati IBLIS !

Jadi jika ketemu dengan saya ,tak perlu anda tanya APA AGAMA saya…..
Cukup anda tau bahwa saya adalah orang KARO…. yang tentunya masih MEHAMAT ras PERKELENG !!!
Thats ME !!

Telah Karo-Karo Purba & fb

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *