PROYEKSI IMF: 10 NEGARA INI BAKAL MENGALAMI PERTUMBUHAN EKONOMI TERPARAH PADA TAHUN 2020

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Dana Moneter Internasional memperkirakan sepuluh negara ini akan mengalami pertumbuhan ekonomi terburuk sepanjang tahun ini dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia.

Penyebab pertumbuhan ekonomi negatif tak lain karena dampak negatif penyebaran virus corona Covid-19 yang hingga kini belum terbendung.

Inilah negara yang dengan pertumbuhan ekonomi paling parah tahun ini versi Dana Moneter Internasional (IMF).

Proyeksi IMF ini dikeluarkan pada 24 Juni 2020 sebagai update dari proyeksi awal yang mereka keluarkan pada pertengahan April 2020 yang lalu.

Pada proyeksi lembaga yang dipimpin oleh Direktur IMF Christine Lagarde ini memperkirakan ekonomi Italia akan mengalami pertumbuhan paling buruk sepanjang  tahun ini.

1. ITALIA

Lembaga keuangan ini memproyeksi Italia mengalami pertumbuhan negatif 12,8% atau lebih parah -3,7% dibandingkan dengan proyeksi awal yang dikeluarkan pada April 2020 yang masih memperkirakan negatif 9,1%.

2. SPANYOL

Peringkat kedua negara dengan pertumbuhan ekonomi negatif adalah Spanyol. IMF memperkirakan tahun ini Spanyol mengalami pertumbuhan negatif sama parah dengan Italia yakni -12,8 %. Proyeksi ini lebih parah jika dibandingkan dengan April yang masih -8%.

3. PRANCIS

Peringkat ketiga negara dengan pertumbuhan ekonomi positif adalah Prancis yakni dngan pertumbuhan minus 12,5%. Angka proyeksi pertumbuhan Prancis ini lebih parah dibandingkan dengan proyeksi IMF pada April yakni sebesar -7,2%.

4. MEKSIKO

Keempat adalah Meksiko dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi tahun ini minus 10,5% dari proyeksi awal sebesar –6.6%.

5. INGGRIS

Kelima adalah Inggris Raya atau United Kingdom dengan proyeksi pertumbuhan mengalami negatif sebesar –10.2% sepanjang tahun ini. Proyeksi ini lebih parah dibandigkan dengan perkiraan pada bulan April lalu dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi 2020 sebesar  –6.5%

6. ARGENTINA

Keenam adalah Argentina dengan proyeksi pertumbuhan sebesar –9.9%. Sebelumnya pada April 2020 IMF merilis pertumbuhan ekonom Argentina hanya negatif atau  –5.7%.

7. BRAZIL

Sementara peringkat ketujuh adalah negara dari Amerika Latin yakni Brazil. IMF memprediksi negara samba ini mengalami pertumbuhan ekonomi minus –9.1%. Proyeksi IMF jauh lebih pesimistis dibandingkan perkiraan awal yang dirilis pad April 2020 lalu yakni pertumbuhan ekonomi Brasil –5.3%.

8. KANADA

Adapun peringkat ke delapan di duduki oleh negara Kanada dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi 2020 sebesar –8.4%.  IMF semula memperkirakan pertumbuhan ekonomi negara di benua Amerika Utara ini hanya sebesar –6.2%.

9. AFRIKA SELATAN

Sedangkan negara yang ada di peringkat ke sembilan adalah Afrika Selatan alias South Africa. Dalam proyeksi IMF negara dengan perekonomian terbesar di benua Afrika ini mengalami pertumbuhan minus sebesar –8.0% Sementara dari proyeksi April lalu IMF masih memperkirakan ekonomi Afrika Selatan mengalami koreksi sebesar –5.8%.

10. AMERIKA SERIKAT

Peringkat sepuluh negara dengan pertumbuhan ekonomi negatif adalah Amerika Serikat. Negara yang saat ini di pimpin oleh Presiden Donald Trump diprediksi mengalami pertumbuhan minus sebesar –8.0% Pada April 2020 lalu saat pandemi belum meluas di Amerika Serikat, IMF memperkirakan pertumbuhan ekonomi di negara Uwak Sam ini hanya minus sebesar -5,9%.
sumber: kontan

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *