AHOK HARUS “DIGESER” KE PLN, BIAR TERKENCING-KENCING ITU PARA MAFIA LISTRIK!.

T.A Nugroho – Kisuh, semrawut, pro kontra, saling serang, saling bantah dan saling ingin menang sendiri sepertinya sedang terjadi di dalam internal PLN, khususnya terkait isu kenaikan tagihan listrik yang dibebankan kepada masyarakat di tengah pandemi Covid 19 ini.

Saya menilai bahwa PLN yang sekarang seperti sedang melakukan “pembangkangan” yang nyata terhadap perintah Presiden Joko Widodo terkait penggratisan dan diskon tarif listrik untuk pelanggan 450 VA dan 900 VA di masa pandemi Covid.

Dua hari yang lalu, atau tepatnya Hari Rabu (10/6/20) saya telah menuliskan sebuah artikel tentang PLN dengan judul Tarif PLN Naik, Karena Pohon Sengon Atau Karena Mau “Nyetrum” Presiden?. Dalam artikel tersebut saya memperbandingkan tentang masalah blackout PLN yang pernah terjadi pada tahun 2019 lalu dengan masalah lonjakan tagihan yang terjadi sekarang ini, anda mungkin bisa membacanya terlebih dahulu sebelum kita lanjut membahas tentang PLN.

PLN adalah BUMN yang memonopoli listrik di Indonesia, seperti halnya Pertamina yang memonopoli tentang migas di Indonesia. Secara prinsip saya setuju PLN dan Pertamina melakukan monopoli, karena terkait masalah energi memang negara harus melakukan monopoli agar secara konsisten bisa menyediakan “barang” tersebut, karena jika sampai migas dan listrik di sabotase oleh asing, maka sebuah negara akan lumpuh. Lihat saja blackout yang terjadi pada tahun 2019 lalu, langsung membuat separuh Pulau Jawa menjadi lumpuh.

Sebagai orang awam dan hanya berpendidikan rendah, saya sebenarnya sangat bingung, kenapa perusahaan yang bahkan telah melakukan monopoli masih saja merugi setiap tahunnya? Pasti ada yang salah dalam pengelolannya! Mungkin jajaran direksinya yang tidak kompeten, atau memang karena ada KKN dalam tubuh PLN sehingga ada kebocoran-kebocoran disana-sini yang membuat PLN selalu merugi.

Dalam sebuah teori, saya mempercayai bahwa walaupun pihak auditor tidak menemukan kerugian, tetapi bukan berarti tidak ada KKN yang dilakukan. Tidak rugi saja tidak bisa diartikan tidak ada KKN, apalagi kalau merugi, seperti PLN ini. Apakah BPK RI sudah pernah melakukan audit menyeluruh terhadap keuangan PLN selama ini? Apakah PPATK, yang notabene adalah salah satu intelijen keuangan, sudah pernah memeriksa rekening-rekening para petinggi di PLN?

Kita harus belajar dari kasus tindak pidana korupsi yang menjerat mantan ketua Mahkamah Konstitusi, Akil Mochtar, kasus korupsi tersebut bisa terungkap karena ditemukan adanya transaksi-transaksi mencurigakan (suspicious transaction) di rekening pegawai MK yang tidak sesuai dengan profilnya.

Saya rasa KPK, BPK dan PPATK harus sangat konsen dalam isu PLN ini, bukan karena bermaksud mencurigai, tetapi lebih kepada melakukan upaya-upaya preventif, agar uang negara tidak bocor kemana-mana dikorupsi oleh para mafia listrik.

Melihat track record seorang Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) ketika menjabat sebagai Bupati, anggota DPR, dan ketika menjadi seorang Gubernur DKI Jakarta, dia layak mendapat gelar sebagai seorang Corruptor Enemies. Sepak terjangnya ketika memegang mandat dari rakyat dia buktikan dengan menyikat habis para mafia anggaran.

Jika Mas Menteri BUMN, Mas Erick Thohir, membaca artikel saya ini, maka saya menyarankan agar seorang Ahok bisa “digeser” dari Pertamina ke PLN. Saya yakin Ahok bisa membereskan masalah PLN dengan kekuatan manajerial yang dimiliki oleh seorang Ahok.

Karena kembali lagi, kenapa perusahaan yang bahkan sudah melakukan sebuah monopoli usaha masih saja merugi setiap tahunnya. Ini kan aneh, tidak wajar!

Jika melihatl laporan keuangan konsolidasian (Consolidated Financial Statements) PLN Untuk tahun-tahun yang berakhir pada anggal 31 Desember 2019 dan 2018, yang bisa anda download di Laporan Keuangan PLN maka akan kita dapati bahwa ada pertumbuhan asset PLN dari tahun 2018 ke tahun 2019.

Dalam laporan tersebut juga akan kita dapati data terjadinya pertumbuhan pendapatan usaha pada tahun 2019 jika dibandingkan dengan tahun 2018, akan tetapi pertumbuhan pendapatan usaha pada tahun 2019 tersebut juga diimbangi dengan pertubuhan beban usaha pada tahun 2019. Pos-pos dalam beban usaha yang mengalami petumbuhan adalah pada pos pemeliharaan, pos kepegawaian, pos penyusutan, dan pos lain-lain. Beban pemeliharaan dan beban kepegawaian meningkat cukup signifikan.

Dalam laporan tersebut terlihat bahwa pada tahun 2018 dan pada ttahun 2019 PLN terlihat “seakan” untung, tapi coba anda perhatikan lebih jeli bahwa PLN bisa untung karena adanya pembayaran subsidi listrik dari pemerintah dan karena adanya pembayaran kompensasi. Dengan kata lain, jika tak ada pembayaran subsidi listrik dari pemerintah maka secara usaha maka PLN akan merugi. Ya kan aneh, perusahaan yang memonopoli listrik, tapi kok rugi, monopoli kok rugi?

Masalah PLN yang merugi ini hanya akan bisa diatasi jika masalah fundamental dari PLN tersebut bisa diselesaikan. Masalah fundamental tersebut adalah tentang Good Corporate Government (GCG). Mau diakui atau tidak, GCG yang ada di BUMN-BUMN kita itu hanyalah sebuah formalitas belaka, hanya agar tidak dicap feodal, padahal kenyataannya ya seperti itu.

Orang-orang seperti Ahok, yang memiliki track record sebagai “Pendobrak” sekaligus sebagai Corruptor Enemies bisa dijadikan sebagai ujung tombak untuk menyelesaikan masalah yang ada di PLN, karena jika tidak dilakukan mulai dari sekarang maka PLN akan terus seperti itu, bahkan pohon sengon pun bisa menjadi ancaman serius untuk Badan Usaha Milik Negara yang penting seperti PLN ini!

Sekian.

Jayalah Indonesiaku.

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

12 Responses to AHOK HARUS “DIGESER” KE PLN, BIAR TERKENCING-KENCING ITU PARA MAFIA LISTRIK!.

  1. http://t.co/ says:

    Hi, I do believe this is an excellent site. I stumbledupon it
    😉 I am going to return yet again since i have book-marked it.
    Money and freedom is the greatest way to change, may you be
    rich and continue to help other people.

  2. obviously like your website but you need to take a look at the spelling on quite
    a few of your posts. Many of them are rife with spelling issues and I to find it very troublesome to tell the reality nevertheless I’ll definitely come again again.

  3. where asmr says:

    Wow that was strange. I just wrote an very long comment but after I clicked
    submit my comment didn’t show up. Grrrr… well I’m not writing all that over again. Anyhow, just wanted to say great blog!

  4. there asmr says:

    I got this web page from my buddy who told me on the topic of this web site and now this time I am
    visiting this web page and reading very informative content
    at this place.

  5. http://j.mp says:

    There’s definately a lot to find out about this issue.
    I really like all the points you made.

  6. Hello! This post couldn’t be written any better! Reading through this post
    reminds me of my previous room mate! He always kept chatting about this.
    I will forward this write-up to him. Fairly certain he will have a good read.

    Many thanks for sharing! quest bars http://bitly.com/3jZgEA2 quest
    bars

  7. tinyurl.com says:

    whoah this weblog is excellent i really like studying your articles.
    Stay up the good work! You know, a lot of persons are looking round for this information, you can aid them greatly.
    cheap flights http://1704milesapart.tumblr.com/ cheap flights

  8. bit.ly says:

    I savor, lead to I discovered just what I used to
    be having a look for. You have ended my four day lengthy hunt!

    God Bless you man. Have a great day. Bye scoliosis surgery https://0401mm.tumblr.com/ scoliosis surgery

  9. tinyurl.com says:

    These are genuinely impressive ideas in concerning blogging.

    You have touched some fastidious points here. Any way keep up wrinting.
    ps4 https://bit.ly/3nkdKIi ps4 games

  10. I am sure this article has touched all the
    internet users, its really really fastidious
    post on building up new weblog. quest bars https://www.iherb.com/search?kw=quest%20bars quest bars

  11. coub.com says:

    I think the admin of this site is truly working
    hard in support of his website, since here every material is quality
    based data. scoliosis surgery https://coub.com/stories/962966-scoliosis-surgery scoliosis
    surgery

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *