BAYI INI SEMBUH DARI CIVID-19 BERKAT ANTIVIRUS OSELTAMIVIR

Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia

Palembang, CNBC Indonesia РSeorang bayi berusia empat bulan warga Muara Enim, Sumatra Selatan, dinyatakan sembuh setelah sebelumnya dinyatakan positif Covid-19. Antivirus Oseltamivir disertakan dalam perawatannya.

Bayi tersebut merupakan satu dari tujuh pasien sembuh pada Senin (4/5/2020). Saat ini, totalnya ada 43 pasien sembuh positif Covid-19 di Sumsel.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumsel Covid-19 Yusri mengatakan tujuh pasien sembuh itu terdiri dari tiga warga Prabumulih, dua warga Ogan Komering Ulu, satu warga Banyuasin, dan satu orang warga Muara Enim.

“Yang warga Muara Enim itu adalah bayi usia empat bulan,” ujar dia seperti dilansir¬†cnnindonesia.com, Selasa (5/5/2020).

Yusri berujar upaya penyembuhan para pasien positif Covid-19 semakin progresif dan terus bertambah setiap harinya dengan metode penyembuhan menggunakan obat antivirus Oseltamivir. Obat itu bekerja dengan cara memperlambat pertumbuhan virus dan meningkatkan imunitas tubuh.

“Covid-19 ini adalah penyakit self limiting disease, bisa sembuh sendiri dengan seiring meningkatnya imun tubuh. Biasanya perlu waktu sekitar tiga minggu hingga virus benar-benar hilang dari tubuh,” jelas dia.

“Tapi pakai antivirus itu proses penyembuhan lebih cepat. Tim dokter di sini masih pakai Oseltamivir, belum pakai metode plasma darah untuk menyembuhkan pasien,” ujar Yusri.

Oseltamivir merupakan obat yang digunakan dalam melawan infeksi virus influenza tipe A (seperti flu burung) atau virus influenza tipe B. Obat ini masuk panduan praktek klinik (PPK) Covid-19. Salah satu jenis obatnya adalah Tamiflu.

Pasien, lanjut Yusri, dinyatakan sembuh setelah melakukan tes swab yang menyatakan mereka negatif terpapar Covid-19. Mereka kemudian masih diminta untuk melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing selama 14 hari. Tujuannya, memastikan daya tahan tubuh mereka kembali pulih dan tidak tertular kembali.(miq/roy)

This entry was posted in Berita, Informasi Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *