MAU LOCKDOWN SEPERTI INDIA?

Jadi, jangan enak asal ngomong lockdown Indonesia-lockdown Indonesia tanpa memperhitungkan dampak luasnya. Ada banyak hal yang harus dipikirkan, mulai dari faktor ekonomi juga sosial. Jadi bukan cuma soal virus!

Mbok ya kalau punya mulut itu dijaga, mikir dulu baru mulutnya berkerja. Jgn mulutnya aja yg dibesarin, tapi otaknya diminiin. Daripada cuma teriak lockdown tapi gak bisa kasih solusi, mending lockdown aja mulut ente yang nyinyir tiap hari.

Di India, akibat diterapkan lockdown total, maka dampak yang paling terasa adalah dialami oleh kalangan masyarakat miskin. Mereka tidak bisa mencukupi kebutuhannya, akhirnya mereka hanya bisa bergantung pada pemerintah.

Beda dengan orang kaya, meskipun diam di rumah sampai berbulan-bulan juga tetap bisa memenuhi kebutuhan hidupnya.

Coba bayangkan, demi mendapat pasokan bantuan dari pemerintah, masyarakat miskin di India rela antri berjam-jam. Akhirnya apa yang terjadi ? Ya, tentu saja aturan “social distancing” maupun “physical distancing” tidak berjalan. Kalau sudah begini, tentu akan menambah masalah yang lebih besar.

Jadi, apakah sampai di sini kita sudah paham? Mash mau lockdown seperti India?

Percayalah, pemerintah tidak akan teledor, mengambil keputusan terkait masalah virus corona ini memang tidak mudah, harus dipikirkan secara matang dan tepat. Apalagi saya perhatikan sudah banyak framing jahat di media sosial, narasinya sengaja ingin manfaatkan masalah corona untuk kepentingan politik.

Menurut saya, tidak tepat disaat kondisi seperti sekarang ini justru ada pihak yang sengaja manfaatkan virus corona untuk hal yang sifatnya politis. Harusnya semua pihak saling gotong royong melawan pandemi corona demi kepentingan bangsa. Jangan sampai kita seperti India.

by Yusuf Muhammad & fb

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *