CUACA EKSTRIM DI TANAH KARO, SUHU 16-17 DERAJAT CELSIUS

Tanah Karo (SIB) -Sepekan ini, kondisi cuaca sangat ekstrim di Kabupaten Karo, yang suhunya berada di level 16-17 derajat celcius. Hal itu berdasarkan pengamatan di kantor Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kabupaten Karo.

Pantauan di seputaran Kota Kabanjahe, Berastagi dan Simpang Empat, Tanah Karo, Kamis (5/1), hujan masih terus mengguyur disertai angin kencang dan kabut tebal yang menutupi jarak pandang. Sejak pagi hari, warga yang hendak melakukan aktivitas di luar rumah harus mengenakan jaket tebal guna dapat bertahan dari terpaan cuaca sangat dingin yang disertai desiran angin kencang.

Dampak sepekan cuaca sangat ekstrim, tingkat kesehatan masyarakat khususnya petani di Tanah Karo masih stabil yang dikutip dari keterangan Plt Kepala Dinas Kesehatan Karo, dr Yohanes Sitepu, ketika dikonfirmasi wartawan, Kamis (5/1).

Namun, Yohanes Sitepu menghimbau agar masyarakat sedikit mengurangi aktivitas kerjanya, guna menghindar jatuh sakit akibat dampak suhu udara yang sangat ekstrim.

“Dampak cuaca ekstrim, masyarakat yang sakit belum ada sampai sekarang dan stok obat kita masih cukup. Kalaupun ada, hanya masalah gangguan ISPA, amandel dan pilek-pilek,” katanya.

Mengantisipasi ini, katanya, masyarakat jaga dirilah, preventif, mengurangi aktivitas keluar rumah, jangan kena hujan dan memakan sayur dan buah. “Dalam waktu dekat ini (tahun 2017-red), beberapa Puskesmas akan dibuka layanan 24 jam yang sebelumnya hanya beroperasi 12 jam. Sementara ini, Kota Berastagi telah kita buka layanan Puskesmas 24 jam,” tukas Yohanes Sitepu. (B01/h)
sumber: hariansib

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *