RPTRA DI MERUYA SELATAN DIMANFAATKAN UNTUK BERIKAN PELATIHAN KEPADA WARGA

JAKARTA, KOMPAS.com-Berbagai kegiatan dilakukan di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di Meruya Selatan, Jakarta Barat. Di samping memanfaatkan RPTRA sebagai tempat bermain untuk anak-anak, RPTRA ini juga digunakan untuk membangun usaha rumahan yang memiliki nilai keekonomian cukup tinggi.

Ida Sarwono, ketua PKK di Kelurahan Meruya Selatan mengatakan, hampir setiap kegiatan PKK dilakukan di RPTRA ini. Selain lokasi yang dekat dengan perumahan warga, RPTRA juga memiliki ruang yang cukup untuk menampung puluhan ibu-ibu yang datang.

Di RPTRA ini berbagai jenis kegiatan sebagai cikal bakal usaha warga dilakukan. Kegiatan itu seperti pelatihan kerajinan tangan hingga memasak.

“Ibu-ibu jadi punya kegiatan untuk nambah penghasilan,” ujar Ida kepada Kompas.com di lokasi, Kamis (1/12/2016).

Kompas.com/David Oliver Purba RPTRA Meruya Selatan, Jakarta Barat, Kamis (1/12/2016)

Ida mencontohkan, sejumlah tas hasil kerajinan warga telah diikutsertakan dalam sejumlah bazar yang diadakan Pemkot Jakarta Barat. Harga tas tersebut mencapai Rp 200.000 per buah.

Kerajinan kebanyakan terbuat dari bahan bekas seperti bungkus makanan, tisu, ataupun barang-barang yang tak lagi terpakai. Ada juga pelatihan memasak yang akhirnya dimanfaatkan warga untuk membuka catering.

“Sebelum ada RPTRA agak sulit dapat tempat. Karena di sini kan tidak ada lagi lapangan kosong ya, semua sudah penuh,” ujar Ida.

RPTRA Meruya Selatan diresmikan pada Maret 2016. Luasnya mencapai 1.700 meter persegi. Untuk pembangunan RPTRA di Jakarta Barat tahun 2017, Pemprov DKI telah menyiapkan dana sebesar Rp 50 miliar.
sumber: kompas

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *