GEMPA 2,8 SR TERJADI DI KARO

Kabanjahe (SIB)- Gempa berkekuatan 2,8 Skala Richter (SR) terjadi di wilayah Kabanjahe Kabupaten Karo Selasa (25/10) dini hari.

Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Sunardi S Kom melalui Agung mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul 00:51:50 WIB dengan kekuatan 2,8 SR terletak pada koordinat 3.27 LU dan 98.35 BT, tepatnya di darat pada jarak 20 kilometer pada arah timur laut Kabupaten Karo dengan kedalaman hiposenter 10 kilometer.

Peta tingkat guncangan (model shakemap) BMKG menunjukkan daerah Kabanjahe hingga Sumbul, sekira II-III MMI, artinya gempa bumi dirasakan oleh orang banyak, tetapi tidak menimbulkan kerusakan.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini disebabkan oleh aktivitas tektonik dari patahan aktif lokal di Kabupaten Karo. Struktur patahan aktif di sumber gempa bumi memiliki orientasi arah Barat Laut- Tenggara pada jarak 11 Km arah Barat Laut dari Gunung Sinabung. Perhitungan hiposenter berada di kedalaman 10 kilometer maka gempa bumi ini disebut sebagai gempa bumi dangkal, sehingga wajar jika guncangan gempa bumi ini dirasakan di hampir seluruh wilayah Kabupaten Karo.

Hasil monitoring selama 6 jam terakhir dari BMKG Balai Wilayah I menunjukkan tidak ada kejadian gempa bumi susulan.

Masyarakat dihimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi merusak. (B03/l)
sumber: hariansib

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *