PERNAH DIGEREBEK POLRESTA MEDAN, GALIAN C DI PANCURBATU KEMBALI BEROPERASI

Deliserdang (SIB)- Beberapa lokasi lahan di Deliserdang kini sudah sangat rusak dengan tidak mampunya pemerintah menertibkan galian C. Bukan hanya merusak tekstur bumi, PAD untuk Provinsi Sumatera Utara juga tidak bertambah akibat galian C ilegal tersebut.

Seperti galian C yang diduga ilegal di Kecamatan Pancurbatu, kini sudah beroperasi lagi dengan menggunakan 3 alat berat. Bahkan kondisi lahan yang digali itu, sudah hancur dan tidak jelas lagi bentuknya. Pantauan SIB di lokasi, Kamis (22/9) terlihat rusaknya lahan di Kecamatan Pancurbatu itu.

Beberapa warga yang di sekitar lokasi yang tidak mau disebutkan namanya kepada SIB mengatakan, lokasi galian C itu sudah pernah digerebek oleh Polresta Medan. Namun herannya, walaupun sudah ditangani, galian C kembali beroperasi pasca beberapa waktu digerebek Polresta tersebut.

Diduga ada “main mata” antara pengusaha dengan oknum-oknum aparat sehingga galian C ilegal itu kembali beroperasi. Bahkan, di lokasi saat itu, ada 3 alat berat yang diduga digunakan untuk melakukan galian.

Warga tidak mengetahui pasti apakah pengusaha sudah memiliki izin galian C atau belum. Kalaupun sudah ada izinnya, patut dipertanyakan, bagaimana Pemprovsu mengeluarkan izin kepada pengusaha yang melakukan pengerukan lahan seperti itu. Apakah sudah dilakukan uji kelayakan sehingga bisa dikeluarkan izinnya. Perlu dipertanyakan proses keluarnya izin dari pemerintah, kalau memang sudah ada. Kalau memang tidak ada izinnya, kenapa dibiarkan adanya galian C di sana, padahal lokasinya di pinggir jalan dan semua orang melihatnya, kenapa justru pemerintah tidak melihatnya, ujar warga.

Selain itu, pantauan SIB di lokasi galian C, lahan sudah rusak dan tidak jelas lagi bentuknya. Lokasi itu dulunya merupakan perbukitan, namun kini sudah hampir habis dikeruk.

Sekcam Pancurbatu Wakil Karo-karo saat dikonfirmasi SIB via selular, beberapa warktu lalu mengatakan galian C yang sudah pernah digerebek Polresta itu kini sudah memiliki izin lengkap. (R20/l)
sumber: hariansib

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *