DELISERDANG KEMBANGKAN TANAMAN MANGGIS DI SIBOLANGIT

MedanBisnis – Sibolangit. Guna potensi tanaman buah-buahan unggulan daerah, Pemkab Deliserdang akan mengembangkan tanaman buah manggis sekaligus menjadi penangkar yang dipusatkan di Desa Negeri Gugung Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang.
Pengembangan tanaman manggis itu dikerjasamakan dengan Komisi Penyuluhan Perikanan, Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Sumatera Utara (KP4K Sumut) serta Asosiasi Penangkar Tanaman (Aspenta) Deliserdang.

Kerja sama pengembangan tanaman manggis itu ditandai dengan penyerahan bibit manggis kepada Kelompok Tani Semangat Baru Desa Negeri Gugung. Selain itu juga diserahkan benih padi dan jagung kepada kelompok tani lainnya.
Kemudian dilanjutkan dengan penanaman secara simbolis bibit manggis oleh Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan didampingi Ketua KP4K Prof H Abdul Rauf yang juga anggota Forum DAS (Daerah Aliran Sungai) bersama Ketua Aspenta Deliserdang N Akelaras di Desa Negeri Gugung, Rabu (14/9).

Hadir juga dalam acara itu, Asisten II Pemkab Deliserdang Hj Saadah Lubis, Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Syamsul Bahri, Kadis Kehutanan Arli dan pimpinan SKPD Deliserdang lainnya. Hadir juga Camat Sibolangit Amos Karokaro beserta muspika dan anggota DPRD Sumut Dapil Deliserdang Syahrial Tambunan.

Menurut Abdul Rauf, Kabupaten Deliserdang memiliki banyak tanaman buah unggulan yang sudah dibudidayakan sekaligus menjadi penangkar untuk dikembangkan. Seperti pisang barangan di Kecamatan STM Hulu, STM Hilir dan Kecamatan Biru-biru, mangga di Kecamatan Sunggal, aren di Desa Buluh Awar dan manggis di Desa Negeri Gugung Kecamatan Sibolangit.Rencana selanjutnya kata dia, budidaya mangga malaba akan dikembangkan di Kecamatan Hamparan Perak serta tanaman mangrove di Kecamatan Pantai Labu.

“Buah-buahan ini nantinya akan dipasarkan dan diolah menjadi makanan khas, sehingga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” kata Rauf.

Terjalinnya kerjasama ini, lanjut Rauf, berkat komitmen yang kuat dari Bupati Deliserdang untuk mengembangkan sektor pertanian menjadi lebih maju mengingat daerah Deliserdang memiliki potensi tanaman unggulan didukung geografisnya yang memadai khususnya di dataran tinggi serta kemauan besar dari para kelompok tani .

Sementara itu, Bupati H Ashari Tambunan menjelaskan, sektor pertanian merupakar sektor utama dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Karenanya, Bupati berterimakasih kepada KP4K Sumut dan Aspenta Deliserdang yang turut meningkatkan pengetahuan masyarakat di sektor petanian.
Sebelumnya, Kepala Desa Negeri Gugung Enda T Sembiring didampingi Ketua Kelompok Tani Semangat Baru Herlina Lusiana Tarigan berterimakasih kepada Pemkab Deliserdang yang telah memberi perhatian dalam peningkatan sektor pertanian dengan mengembangkan tanaman manggis.

“Di Desa Negeri Gugung selama ini memang cocok untuk tanaman manggis dan tanaman lainnya. Sebab, desa yang berada di puncak gunung ini tanahnya cukup luas dan subur,” kata Enda.

Enda juga berharap, ke depan desa mereka menjadi sentra buah-buahan yang pada gilirannya membawa kesejahteraan bagi masyarakat. (rinaldi samosir)
sumber : medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *