KAPOLRI SEBUT WARGA DESA LINGGA INGIN KORBAN SINABUNG DIRELOKASI DI DESA LAIN

JAKARTA, KOMPAS.com – Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian mengatakan telah terjadi dialog pasca-kerusuhan yang terjadi di Desa Lingga, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Jumat (29/9/2016) lalu.

Dialog melibatkan Wakil Kepolisian Daerah Sumatera Utara, Komandan Kodim, Kapala Kepolisian Resor, Bupati dan Dewan Perwakilan Rakyat.

“Mereka (warga) memberikan saran agar relokasi pengungsi Gunung Sinabung, yang empat desa tadi, itu ditempatkan di tempat lain,” kata Tito saat jumpa pers di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (31/7/2016).

Tito mengatakan keinginan warga Desa Lingga akan dibicarakan lebih lanjut dengan pemerintah daerah dan pusat untuk mencari solusi relokasi empat desa pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung.

“Diharapkan ada titik temu, ada solusi,” ucap Tito.

Tito menuturkan masyarakat di Desa Lingga belum berkenan dengan pembangunan relokasi karena merasa terdesak dengan masuknya warga empat desa ke dalam satu desa.

“Karena itu satu desa, sementara yang akan dipindahkan empat desa. Sehingga mereka ada penolakan,” ucap Tito.

Tito menilai kerusuhan yang terjadi akibat belum selesainya proses komunikasi dengan berbagai pihak. Sehingga warga Desa Lingga menolak pembangunan relokasi tahap dua itu.

“Mungkin dialognya belum matang di sana. Sehingga ketika ada pengembang yang akan membangun tempat pengungsian disana, warga memasang pagar. Pagar itu menghalangi jalan,” ucap Tito.

Hari ini, Tito tiba di Ibu Kota setelah mengunjungi dua titik kerusuhan di Sumatera Utara, Desa Lingga, Kabupaten Karo dan di Tanjungbalai.

Ia mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma sekitar pukul 12 siang. Terhadap dua tempat tersebut, Tito menyebut kondisi sudah terkendali.

Seperti diketahui, kerusuhan melanda Tanjungbalai pada Jumat (29/7/2016) hingga Sabtu pagi. Sekelompok massa merusak sejumlah vihara, klenteng, dan bangunan yayasan sosial, bahkan delapan unit mobil juga dibakar. (Baca: 7 Pelaku Penjarahan dalam Kerusuhan di Tanjungbalai Ditangkap)

Sementara di Karo, kerusuhan terjadi saat program relokasi pengungsi erupsi Gunung Sinabung di Desa Lingga, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo, Jumat (29/7/2016). Satu orang tewas dalam kericuhan tersebut.
sumber: kompas

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *