PEMERINTAH SIAPKAN DANA PERBAIKAN JALINSUM

MEDAN, KOMPAS.com РPemerintah pusat telah mempersiapkan dana sebesar Rp 29 miliar, untuk memperbaiki kerusakan jalan lintas Sumatera (jalinsum)  di wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara.

“Jalan yang hancur dan berlubang-lubang itu, akan diperbaiki oleh Balai Besar Jalan Nasional Wilayah I,” kata Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemkab Tapanuli Tengah (Tapteng,) Iwan Sinaga, saat dihubungi dari Medan, Minggu (28/4/2013).

Jalan yang akan diperbaiki tersebut, menurut dia, sepanjang lebih kurang sembilan kilometer, dan diperoleh dari dana APBN Tahun 2013.

“Beberapa titik jalan rusak yang akan diaspal itu, berlokasi di Desa Aek Raisan I dan Desa Sitahuis. Kondisi jalan tersebut cukup parah,seperti aspalnya terkelupas,” ujarnya.

Sinaga menyebutkan, jalan di wilayah Tapteng yang akan diperbaiki itu tidak berapa jauh dari Desa Sibalanga dan Desa Parsikaman, Kabupaten Tapanuli Utara.

Bahkan, katanya, Pemkab Tapteng saat ini terus mengusulkan kepada Pemerintah Pusat untuk memperbaiki jalan-jalan nasional yang rusak di daerah tersebut. Infrastruktur yang rusak tersebut adalah jalan negara, dan perbaikannya kewenangan Kementerian Pekerjaan Umum.

“Jalan yang rusak dari wilayah Tapteng menuju Kota Tarutung itu, cukup
banyak dan mencapai puluhan kilometer,” kata Iwan.

Kementerian Pekerjaan Umum akan memperbaiki jalan Rampah ke Pariaha sepanjang 11 kilometer, dan jalan dari Sibolga menuju Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan sepanjang 40 kilometer. Selain itu, jalan dari Sibolga ke Barus juga diperbaiki sepanjang 5 kilometer.

Sebelumnya, Kepala Balai Besar Jalan Nasional Wilayah I, Wijaya Seta, mengatakan, sepanjang 750 kilometer lebih jalan nasional di Sumatera Utara rusak dengan tingkat kerusakan sedang hingga parah. “Sekitar 33 persen¬† dari 2.281 kilometer jalan nasional yang ada di Sumut,” kata Wijaya Seta di Medan, belum lama ini.

Dalam tiga bulan terakhir, kata dia, pihaknya telah memantau kondisi jalan nasional di Sumut berdasarkan arahan Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum (PU).

ari pemantauan itu, sekitar 67 persen jalan nasional di Sumut dapat disebut mantap atau dalam kondisi cukup baik dan layak digunakan.
sumber: kompas

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *