INDONESIA AIR TAWARKAN HARGA TIKET SEKELAS BUS

MedanBisnis – Medan. Maskapai penerbangan baru, PT Indonesia Air Transport Tbk hadir di Medan. Kehadiran Indonesia Air ini menjadi maskapai tambahan yang melayani rute Medan-Palembang-Bandung dengan membidik pasar medium cost carrier. Harga tiket mulai dari Rp 345.000 atau sama dengan harga bus.
“Kita hadir dengan menggunakan Airbus A-320 dengan kapasitas 170 seat (tempat duduk). Dengan jumlah seat sebanyak itu, penumpang sudah nyaman karena tempat duduk lebih luas dibandingkan pesawat sekelasnya, yang biasanya melayani penumpang sebanyak 180 seat,” kata Marketing Representative PT Indonesia Air Transport Tbk Perwakilan Medan Yayuk Sri Wahyuni di kantor Indonesia Air Cabang Medan kawasan Bandara Polonia Medan, Selasa (16/4).

Yayuk mengatakan, 170 seat yang tersedia itu seluruhnya kelas ekonomi namun full service. Dengan hadirnya Indonesia Air ini, pihaknya membuka rute untuk melayani penerbangan Medan-Palembang, Palembang-Bandung, Bandung-Padang, Padang-Bandung, Bandung-Palembang, Palembang-Medan, Bandung-Pekanbaru dan Pekanbaru-Bandung.

“Selama ini, untuk penerbangan Medan-Palembang harus transit ke Batam atau Jakarta dahulu. Namun, kita mencoba membuka penerbangan langsung ke Palembang dari Medan. Karena memang kita melihat potensi pasar yang sangat besar untuk penerbangan ke Palembang ini,” ujarnya sembari mencontohkan penerbangan milik BUMN yang juga membuka penerbangan langsung Medan-Palembang.

Dengan penerbangan langsung ini, ungkapnya, pihaknya memberikan tarif mulai dari harga Rp 345.000. Harga ini diyakini dapat merebut pasar medium untuk rute Medan-Palembang dan Palembang-Medan, karena pihaknya tidak berada pada pasar low cost carrier (LCC).

“Kalau bisa membandingkan, harga yang kita tawarkan sama dengan harga bus dari Medan-Palembang yang menempuh perjalanan hampir 24 jam. Bahkan, harga bus ke Palembang saja, saat ini sudah Rp 370.000. Lebih tinggi dari harga kita, saya sudah survei ke lapangan untuk harga ini.

Memang dibandingkan bus, kita lebih murah dengan pelayanan lebih ekslusif full service,” jelasnya.
Sesuai tagline Indonesia Air, jelasnya, “Pesona Penerbangan Indonesia” maka pihaknya menargetkan occupancy rate (tingkat isian) dapat mencapai 70%. Sebab, untuk occupancy rate Palembang-Bandung saat ini saja sudah mencapai 85% hingga 90%.

“Kita meyakini pasar di Medan terbuka besar untuk rute ini. Selain pelayanan yang eklusif, kita juga menawarkan beragam makanan khas daerah di dalam pesawat selama perjalanan yang dapat diperoleh secara gratis oleh penumpang,” tegasnya. (sulaiman achmad)
sumber: medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *