TELKOM-PEMKO MEDAN BANGUN PUSKESMAS ONLINE

Medan-andalas Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Kesehatan bekerja sama dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) akan membangun sistem kesehatan online. Dengan sistem ini seluruh Puskesmas diharapkan dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat secara online. Tujuannya supaya peran Puskesmas lebih baik lagi.

Hal tersebut terungkap ketika Wakil Wali Kota Medan Dzulmi Eldin menerima audiensi manajemen PT Telkom Wilayah Sumut-Aceh dipimpin Wildan Sabirin, Manager Bussiness Service Regional I Sumatera Divisi Business Service, di Balai Kota Medan, Jumat (12/4).

Kepada Dzulmi Eldin didampingi Kepala Dinas Kesehatan drg Usma Polita dan Kepala Dinas Kominfo Darusalam Pohan, Wildan menjelaskan pihaknya ingin membangun kesehatan online bersama Dinas Kesehatan Kota Medan. Sasaran kesehatan online ini adalah Puskesmas-Puskesmas.

“Melalui layanan kesehatan online ini, Puskesmas-Puskesmas yang ada nantinya bisa melayani masyarakat secara online. Seluruh server dan instalasi dibangun oleh PT Telkom. Nanti rujukan langsung online ke RSUD dr Pirngadi Medan dan rencananya layanan Puskesmas online ini dimulai 25 April mendatang,” kata Wildan.

Selain itu, lanjut Wildan, pihaknya juga akan mendukung Pemko Medan meraih kembali penghargaan PeGI (Pemeringkatan e-Government Indonesia) dari Menteri Kominfo RI. Karenanya, PT Telkom akan membangun titik-titik publik dengan Indonesia WiFi.

“Dengan fasilitas ini (WiFi, red) masyarakat nantinya dapat duduk di titik-titik publik sambil menikmati akses internet dengan biaya yang sangat murah yakni Rp3.500 per hari,” ujarnya.

Kemudian, PT Telkom juga akan membangun akses internet di sekolah-sekolah dengan biaya Rp1.000 per hari.

“Yang membangun server dan instalasinya adalah PT Telkom sehingga tidak membebani Pemko Medan. Cuma masyarakat atau siswa yang mengakses akan dikenakan biaya Rp1.000 per hari atau sebulan Rp20.000,” ungkapnya.

Dengan langkah yang dilakukan ini, Wildan berharap Pemko Medan dapat menerima kembali penghargaan PeGI dengan pemeringkatan yang lebih baik lagi dibandingkan tahun lalu. Apalagi kini banyak Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemko Medan yang menggunakan layanan ICT.

Dalam pertemuan itu Wildan juga minta dukungan penuh dari Pemko Medan agar diberi izin untuk penggalian untuk memasang jaringan secepatnya. Sebab, beberapa jaringan milik mereka hilang sehingga perlu dilakukan perbaikan untuk mendukung kelancaran operasional.

“Masyarakat saat ini membutuhkan layanan yang lebih prima. Untuk itulah kami minta dukungan penuh pak wakil wali kota dalam melakukan penggalian guna memperbaiki jaringan,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Dzulmi Eldin mengatakan pihaknya sangat mendukung penuh kerja sama untuk membangun sistem Puskesmas online tersebut.

Sebab, memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat merupakan salah satu program prioritas kepemimpinannya bersama Wali Kota Medan Rahudman Harahap.

“Sejak dilantik menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan, saya bersama Pak Rahudman telah bertekad untuk meningkatkan derajat kesehatan warga Kota Medan. Dari warga yang sehat tentunya akan lahir generasi-generasi yang sehat sebagai penerus pembangunan di Kota Medan ini,” kata Dzulmi Eldin.

Untuk itu, dia minta kepada Dinas Kesehatan termasuk seluruh instansi terkait agar mendukung kerja sama pelayanan Puskesmas secara online tersebut sehingga dapat secepatnya terealisaasi dan manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

Terkait permintaan izin penggalian, Dzulmi Eldin berjanji segera menyampaikannya kepada wali kota. Dia menjelaskan, larangan penggalian yang dikeluarkan wali kota karena selama ini penggalian yang dilakukan tidak diselesaikan dengan baik.

“Selama ini penggalian jaringan Telkom dan lainnya sering dilakukan asal-asalan sehingga menimbulkan kerusakan terhadap jalan maupun tempat yang digali. Saya akan sampaikan permintaan ini kepada wali kota,” tandasnya.(BEN)
sumber : harianandalas

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *