DAFTAR PEMILIH PILBUP LANGKAT 917.789 JIWA

LANGKAT – Data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) untuk pemilihan bupati dan Wakil Bupati Langkat priode 2014-2019 sebanyak 917.789 jiwa.

“Kita sudah serahkan DP4 kepada Komisi Pemilihan Umum Langkat, dalam bentuk compact disc (CD),” kata Bupati Langkat Haji Ngogesa Sitepu di Stabat, hari ini.

Penyerahan DP4 itu, langsung diterima ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah Langkat, Margono Zumintoro, katanya.

DP4 ini merupakan tahapan yang sangat penting dan strategis, dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah Bupati dan Wakil Bupati Langkat, yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2013 mendatang.

“Bahan ini akan diproses lebih lanjut oleh KPU, melalui tahapan pemutakhiran data pemilih, pengumuman data pemilih sementara (DPS) sampai menkadi daftar pemilih tetap (DPT), ungkapnya.

Oleh karena itu pemerintah melalui Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil telah berupaya secara sungguh-sungguh mempersiapkan data kependudukan dalam bentuk DP4 yang jauh lebih akurat.

Ini juga merupakan perwujudan akuntabilitas dan aktualitas dari kewajiban dan tanggung jawab moral pemerintah untuk berperan dalam memperbaiki kualitas penyelenggaraan pemilu dari waktu kewaktu, secara konsisten. Hal ini juga  merupakan bagian dari proses penguatan dan pendalaman demokrasi, kata Ngogesa.

Ngogesa juga mengaharapkan dukungan insan pers untuk tetap memelihara dan menjaga suasana kondusif melalui pemberitaan yang positif, memberikan kesejukan dan kedewasaan bagi masyarakat dalam menggunakan hak politiknya yang dilindungi oleh undang-undang.

Secara terpisah Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Ruswin melaporkan bahwa penyerahan DP4 dari pemerintah kepada KPU merupakan tahapan dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah bupati dan wakil bupati tahun 2013.

Disampaikannya DP4 merupakan pemilihan dari data base kependudukan, hasil pelayanan harian pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil akibat terjadinya lahir, mati, pindah dan datang (LAMPIN) yang tercatat dalam data base kependudukan dengan menggunakan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

Sebelumnya penyerahan DP4 diawali dengan penandatanganan naskah berita acara yang disaksikan oleh Ketua Panwaslu Langkat Rismandianto Karo-karo, Kapolres Langkat AKBP Eric Bhismo, Dandim 0203 Langkat Letkol Inf Tri Saktiyono, Asisten Administrasi Pemerintahan Abdul Karim, para Camat, dan penyelenggara pemilukada PPK dan KPPS.
sumber: waspada

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *