PESERTA UN DI LANGKAT 47.646 SISWA

LANGKAT– Peserta ujian nasional (UN) di Kabupaten Langkat Sumatera Utara, dari 15-18 April mendatang, mencapai 47.646 siswa dari mulai tingkatan SD,SMP, SMA yang sudah terdaftar untuk mengikuti ujian tersebut.

“Seluruh siswa yang akan mengikuti ujian nasional sudah terdata,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Langkat, Sujarno di Stabat, hari ini.

Berdasarkan data yang ada untuk tingkat sekolah dasar (SD) sebanyak 20.464 siswa yang ada mengikuti ujian nasional nantinya, katanya. Itu berasal dari 597 sekolah negeri, 99 sekolah swasta, sehingga totalnya 696 sekolah.

Sedangkan bila dilihat dari jenis kelamin maka laki-laki sebanyak 10.458 siswa sedangkan perempuan 10.008 siswa, dengan jumlah ruang kelas untuk melaksanakan ujian nasional nantinya 1.348 ruang, dan 2.696 orang pengawas, ujarnya.

Sujarno juga menyampaikan untuk tingkat sekolah menengah pertama (SMP) yang akan mengikuti ujian nasional di bulan April ini sebanyak 15.784 siswa.

Mereka itu berasal dari 68 sekolah SMP negeri, MTs, dan SMP terbuka, dan 180 sekolah SMP, MTs swasta.

Bila dilihat dari jumlah sisa laki-laki dan perempuan, maka yang terbanyak mengikuti ujian nasiona itu nantinya perempuan sebanyak 8.154 siswa, sedangkan laki-laki 7.630 siswa.

Untuk ruang kelas yang akan dipergunakan dalam ujian nasional itu sebanyak 899 ruang, dengan jumlah pengawas 1.798 orang guru.

Sujarno yang baru menjabat Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Langkat menjelaskan bahwa untuk tingkat sekolah menengah atas (SMA,SMK,MA) yang akan mengikuti ujian nasional yang dimulai 14 April diikuti 11.398 siswa.

Merea itu berasal dari 18 sekolah SMA negeri yang akan melaksanakan ujian nasional, diikuti dua jurusan IPA,IPS dengan jumlah siswa sebanyak 2.685 orang.

Sementara untuk siswa SMA swasta ada 43 sekolah yang ikut UN, dengan peserta sebanyak 2.255 orang, baik dari jurusan IPA maupun IPS.

Sujarno menjelaskan selain itu dari sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN), sebanyak tiga sekolah yang akan melaksanakan ujian nasional, dari jurusan IPA sebanyak 194 orang, IPS sebanyak 183 orang dan jurusan agama sebanyak 493 orang.

Sedangkan untuk Madrasah Aliyah Swasta (MAS) ada 40 sekolah yang akan melaksanakan ujian ini, yang terdiri dari jurusan IPA 663 siswa, jurusan IPS sebanyak 487 siswa dan jurusan agama sebanyak 12 siswa.

Pada bahagian disampaikannya selain itu siswa SMK akan ikut dalam ujian tersebut, yang beasal dari SMK negeri sebanyak dua sekolah dengan jumlah 819 siswa.

Untuk siswa SMK swasta dilaksanakan di 44 sekolah yang tersebar di Langkat, dengan jumlah siswa yang akan mengikuti ujian nasional sebanyak 3.984 siswa.

“Ada sekitar 150 sekolah nantinya yang akan melaksanakan ujian nasional untuk siswa menengah atas,” kata Sujarno.

Mantan Kepala Bahagian Kesejahteraan Sosial Langkat itu menambahkan para siswa untuk segera melakukan berbagai persiapan dalam menghadapi ujian tersebut, tidak dipungut bayaran apapun dari para siswa untuk mengikuti ujian itu.

Seluruh pembiayaan mengikuti ujian nasional tersebut sudah ditanggung pemerintah, jadi para siswa anya mempersiapkan dirinya saja untuk mengikuti ujian nasional, semoga berhasil dan lulus. Diharapkan adanya peningkatan kelulusan siswa dalam ujian nasional kali ini, dan tidak ada siswa Langkat yang tidak lulus, kata Ketua Muhammadiyah Langkat itu menambahkan.
sumber: waspada

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *